Langsung ke konten utama

Diduka Menyedot Pasir Besi, Base camp PT AMG Dibakar Massa

Pringga Baya. SK_Kehadiran Kapal milik PT AMG di Pantai Ketapang Desa Pringgabaya sebulan terakhir ini sedang menjadi perbincangan warga. Berkali-kali warga minta penjelasan apa kegiatan kapal milik PT AMG selama ini.

Warga tengah menaruh curiga bahwa Kapal ini ada aktifitas terselubung berupa menyedot pasir besi dari dasar laut. Kecurigaan ini cukup beralasan karena sering kali para nelayan yang kebetulan melintas di sekitar kapal tersebut melihat keadaan yang aneh. Salah satu diantaranya adalah keadaan air laut di sekitar kapal keruh dan telah terjadinya perubahan kedalaman laut. Itu hal yang dirasakan oleh para nelayan di pantai Embang-embangan Desa Pringgabaya Utara.


Puncak kecurigaan warga terjadi ketika pada malam Kamis tanggal 29 Januari 2014 Kapal Milik PT AMG berlayar kearah selatan, sementara di Pantai Tanjung Menangis bagian selatan telah menunggu Kapal Tongkang sehingga diduga kapal Tongkang ini sedang menunggu Kapal pengeruk guna memindahkan pasir hasil sedotannya selama ini.


Timbulnya berbagai gelagat yang mencurigakan inilah yang menyebabkan warga berupaya untuk memastikan apa sesungguhnya aktifitas Kapal milik PT AMG selama ini, sebab keterangan yang diberikan oleh PT AMG terindikasi berbeda dengan pantauan warga selama ini.

Sekitar pukul 16.00 sore, kamis 30/1/2014, berangkatlah dua Sampan milik para nelayan setempat guna menemui secara langsung kapal tersebut. Sementara di pinggir pantai Ketapang telah berkumpul ratusan warga guna mengetahui keadaan yang sesunguhya.

Camat Pringgabaya Samsul Rizal yang ditunggu-tunggu warga malah tidak kunjung datang ke lokasi, sebab menurut keterangan warga, bahwa camat Pringgabaya memberikan waktu 3 hari sejak hari Selasa pekan ini, Kapal PT AMG agar meninggalkan pantai Ketapang. Namun faktanya hingga hari ini kamis 30 Januari 2014 Kapal tersebut masih tetap berlabuh di pantai Ketapang.

Menurut warga sudah cukup alasan bagi warga untuk mengusir paksa kapal tersebut. Kondisi ini diperuncing dengan adanya informasi dari Tim yang mendatangi kapal tersebut bahwa ternyata di dalam kapal ditemukan puluhan Ton Pasir Besi. Sejak itu serentak warga bergerak menuju lokasi Base Camp PT AMG.

Dengan berdasarkan pada informasi Tim yang mendatangi Kapal Milim PT.AMG, warga berkesimpulan ternyata benar dugaan warga bahwa Kapal tersebut selama ini melakukan penyedotan psir Besi dari dasar laut.

Entah dari mana dan siapa yang memulai tiba-tiba api membumbung Tinggi dari Base Camp tepat di gudang penyimpanan mesin-mesin dan berbagai Trapo milik perusahaan. Mesin-mesin penyedot pasir yang ada di pinggir pantaipun tidak luput dari amukan massa.

Aparat yang berjaga-jaga dilokasi aksi tidak mampu berbuat apa-apa. Base Camp PT AMG luluh lantah seketika. Seiring dengan gelapnya malam wargapun berangsur-angsur pulang meninggalkan lokasi PT.AMG.

Adapun Kapal Milik AMG sempat digiring hingga ke pinggir pantai oleh warga, dan setelah mengambil barang bukti berupa pasir besi hasil sedotan dari dasar laut, Kapal dan ABK dilepas namun tidak boleh meninggalkan pantai Ketapang hingga ada keputusan selanjutnya.
Kini apa yang penulis sampaikan ke Publik selama ini menjadi kenyataan.

Ketika pihak perusahaan atau siapapun pihak terkait termasuk Pemerintah Daerah Lombok Timur tidak mengajak warga berembuk dan menyampaikan keadaan secara terbuka maka itu sama halnya dengan bagai api dalam sekam dan suatu saat akan membakar banyak pihak. Kenyataanya hari ini terjadi apa yang semua pihak khawatirkan.Jika demikian maka berbicara penambangan tidaklah semudah membalik telapak tangan. Apa lagi Menambang dipulau kecil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kacang Komak Sayuran Populer Warga Lombok

Suela. SK _ Kacang komak merupakan jenis sayur popular masyarakat pedesaan. Kacang-kacangan ini dibudidayakan oleh petani pada musim penghujan hingga dapat dipanen sampai dengan musim kemarau tiba.

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur

Berikut nama desa dan dusun dari 15 desa di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. 1). DESA BAGEK PAPAN    KODE POS : 83654 Dusun Tongtong Suit Dusun Bampak Dusun Bagik Papan 2). DESA TANAK GADANG   KODE POS : 83654 Dusun Temanjor Dusun Temanjor Timur Dusun Tegaron 3). DESA APITAIK    KODE POS : 83654 Dusun Bagek Kedok Daya Dusun Bagek Kedok Lauk Dusun Gubuk Montong Dusun Gubuk Pande Dusun Gubuk Lekok Dusun Gubuk Pernek Dusun Dasan Bagek lauk Dusun Dasan Bagek Daya 4). DESA TEKO    KODE POS : 83654 Dusun Teko Daya Dusun Teko Lauk Dusun Pedangeran Dusun Bagek Anjar 5). DESA KERUMUT    KODE POS : 83654 Dusun Benteng Dusun Kerumut Dusun Toron Dusun Dasan Lendang Dusun Gubuk Daya 6). DESA ANGGARAKSA    KODE POS : 83654 Dusun Mudung Barat Dusun Mudung Timur Dusun Aik Dalem Dusun Sangkar Sukun 7). DESA POHGADING    KODE POS : 83654 Dusun Gubuk Daya Dusun Gubuk Timuk Dusun Gubuk Tengak Dusun Gubuk Lauk Dusun Bubur Gadung Dusun Ded

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur

Daftar nama desa dan dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur 1). DESA AIKMEL    KODE POS : 83653 Dusun Cepak Daya Dusun Batu Belek Dusun Kampung Remaja Dusun Kampung Karya Dasan Beruk Dusun Kampung Karya Barat Cepak Lauk 2). DESA AIKMEL BARAT    KODE POS : 83653 Dusun Banjarsari Dusun Pungkang Daya Dusun Pungkang Lauk Dusun Pungkang Daya Baru Dusun Banjarsari Lauk 3). DESA AIKMEL TIMUR    KODE POS : 83653 Dasan Bagek Timur Dasan Bagek Barat Dusun Cepak Timur 4). DESA AIKMEL UTARA    KODE POS : 83653 Dasan Lian Lauk Dasan Lian Daya Dusun Aik Asak Dusun Karang Petak Dasan Lian Daya Barat 5). DESA AIK PERAPA    KODE POS : 83653 Dusun Aik Perapa Dusun Sempur Daya Dusun Sempur Lauk Dusun Otak Ree 6). DESA TOYA    KODE POS : 83653 Dusun Toya Lauk Dusun Toya Daya Dusun Peneda Dusun Aik Lomak Dusun Daarul Ikhsan Dusun Al-Muttaqin Dusun Pertemuan Dusun Montor Lekong Dusun Kekuang 7). DESA KEMBANG KERANG    KODE POS : 83653