Langsung ke konten utama

Anda Keturunan Raja Atau Prajurit?

Lombok Timur. SK_Sadar atau tidak bahawa seorang penguasa, baik penguasa kedatuan, penguasa kerajaaan, dan penguasa lainya pada zaman dahulu menjadi cerminan generasi hari ini. Khususnya para penguasa dan rakyatnya.

Dalam pandangan penulis, dilihat dari cara berbahasa, raja tempo dulu menggunakan  bahasa kasar. Berbeda dengan sikap dan prilaku ataupun tutur bahasa yang disampaikan oleh seorang perajurit lebih mengedepankan kelembutan.

Jika kemudian ini dikomparasikan dengan sikap dan prilku sekarang, maka mereka yang berbahasa lembut dapat dikategorikan mereka adalah berketurunan kaum perajurit, dan sebaliknya mereka yang bahasa kasar adalah seorang berketurunan Raja. 

Tiang, enggih, meran dawek, dan lainya merupakan bahasa dikategorikan lembut. Dan ucapan anta, Loq, Aok, dan selanjutnya adalah bahasa Kasar. Nah dapat kiat simpulkan
siapa yang berkturunan raja dan siapa kturunan parjurit.? Dalam kebiasaan masyarakat susku sasak, ada segelintir oknum mengklaim diri bangsawan dengan menunjukkan bahasa lembutnya.

Dan mereka seteah mendengar celotehan bahasa lembut kategori keturunan Prajurit, maka merekapun merubah perilku lembutnya menjadi kasar agar dikategorikan berketurunan Raja.

Mempertanyakan siapa yang keturunan raja dan prajurit memang tak perlu dipertanyakan. namun penting untuk dirunut kebelakang bahwa semua manusia/ mahluk Allah, baik keturunan bangsawan, anak amaq kangkung, anak priyai, Loq, lalu, baiq dan lainya adalah sama di mata Allah, namun yang membedakan iman dan takwa.

Selain itu, mempertanyakan keturunan siapa dan kasta apa tidaklah amat penting. Yang terpenting adalah melihat apa yang telah diperbuat pada agama, nusa dan bangsanya.

Komentar

bisa jadi iya,trs klo sjarah dlm pemanggilan Amaq,bpk atau mamiq??
Unknown mengatakan…
Mungkin panggilan amaq itu.mungkin tergolong tinggi.ato istilah dlm kerajan dulu.tolong di terahin
Madani mengatakan…
Sebenarnya bahasa alus lombok itu bukan dilihat dari kosa katannya...
Bahasa yang di katakan alus saat ini bukan lah bahasa lombok/sasak melainkan adopsi dari baret aik...
Bahasa alus sasak/lombok sebenarnya ada pada penyampaian di lombok ada 2 bahasa yang terlihat mencolok perbedaannya yakni ada bahasa yang akhiran A dan akhiran E ... Dalam titur lombok Akhiran E adalah bahasa yang alus namun bukan beraryi bahasa perajurit perlu di garis bawahi bahwa org lombok berkomunikasi mengunakan penjabaran seperti ini... Contoh dalam menyahut atau menjawab panggilan seseorang " andi mbe anta ? Jawabnya Ee inak mene aku... Bukan aaa da ngumbe? Org tua tua dulu mengajarkan generasinya menyahut mengunakan kata E bukan A... Inilah sebenarnya perbwdaan bahasa alus itu...
Madani mengatakan…
Orang sasak dan lombok sebenarnya tidak pernah di ajarkan berbahasa alus kecuali mereka mereka yang intim dengan penguasa pada masa kekuasaan bali (bangsa luar)

Madani mengatakan…
Perlu di ketahui juga bangsa ama bukanlah jajar karang bangsa ama ini adalah bangsa tertua peradaban pulau ini... Siapa sebenarnya raden siapa sebenarnya lalu apakah anda adalah pendatang...? Jawab dengan jujur dalam hati saja? Sy pribadi menjawab bangsa ama adalah bangsa tertua penghuni sunda nusantara ini... Karena iatilah inilah uang masih di pakai sumatera lombok sumbawa bima hingga NTT...
Unknown mengatakan…
Itu potonya siapa, ada yang tau

Postingan populer dari blog ini

Kacang Komak Sayuran Populer Warga Lombok

Suela. SK _ Kacang komak merupakan jenis sayur popular masyarakat pedesaan. Kacang-kacangan ini dibudidayakan oleh petani pada musim penghujan hingga dapat dipanen sampai dengan musim kemarau tiba.

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur

Berikut nama desa dan dusun dari 15 desa di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. 1). DESA BAGEK PAPAN    KODE POS : 83654 Dusun Tongtong Suit Dusun Bampak Dusun Bagik Papan 2). DESA TANAK GADANG   KODE POS : 83654 Dusun Temanjor Dusun Temanjor Timur Dusun Tegaron 3). DESA APITAIK    KODE POS : 83654 Dusun Bagek Kedok Daya Dusun Bagek Kedok Lauk Dusun Gubuk Montong Dusun Gubuk Pande Dusun Gubuk Lekok Dusun Gubuk Pernek Dusun Dasan Bagek lauk Dusun Dasan Bagek Daya 4). DESA TEKO    KODE POS : 83654 Dusun Teko Daya Dusun Teko Lauk Dusun Pedangeran Dusun Bagek Anjar 5). DESA KERUMUT    KODE POS : 83654 Dusun Benteng Dusun Kerumut Dusun Toron Dusun Dasan Lendang Dusun Gubuk Daya 6). DESA ANGGARAKSA    KODE POS : 83654 Dusun Mudung Barat Dusun Mudung Timur Dusun Aik Dalem Dusun Sangkar Sukun 7). DESA POHGADING    KODE POS : 83654 Dusun Gubuk Daya Dusun Gubuk Timuk Dusun Gubuk Tengak Dusun Gubuk Lauk Dusun Bubur Gadung Dusun Ded

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur

Daftar nama desa dan dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur 1). DESA AIKMEL    KODE POS : 83653 Dusun Cepak Daya Dusun Batu Belek Dusun Kampung Remaja Dusun Kampung Karya Dasan Beruk Dusun Kampung Karya Barat Cepak Lauk 2). DESA AIKMEL BARAT    KODE POS : 83653 Dusun Banjarsari Dusun Pungkang Daya Dusun Pungkang Lauk Dusun Pungkang Daya Baru Dusun Banjarsari Lauk 3). DESA AIKMEL TIMUR    KODE POS : 83653 Dasan Bagek Timur Dasan Bagek Barat Dusun Cepak Timur 4). DESA AIKMEL UTARA    KODE POS : 83653 Dasan Lian Lauk Dasan Lian Daya Dusun Aik Asak Dusun Karang Petak Dasan Lian Daya Barat 5). DESA AIK PERAPA    KODE POS : 83653 Dusun Aik Perapa Dusun Sempur Daya Dusun Sempur Lauk Dusun Otak Ree 6). DESA TOYA    KODE POS : 83653 Dusun Toya Lauk Dusun Toya Daya Dusun Peneda Dusun Aik Lomak Dusun Daarul Ikhsan Dusun Al-Muttaqin Dusun Pertemuan Dusun Montor Lekong Dusun Kekuang 7). DESA KEMBANG KERANG    KODE POS : 83653