Musrenbang Mestinya Ditiadakan



Ketangga. SK_Muyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) baik ditingkat desa maupun ditingkat camat, dan kabupaten mestinya ditiadakan. Pasalnya semua bentuk rencana yang disampaikan terpangkas dan tidak dapat direalisasikan.

Terkutip ungkapan Arihinul Qirom ketua karang taruna Desa Ketangga, mengatakan "Kondisi ini sering kita alami dalam kegiatan musrenbang, baik ditingkat desa maupun kecamatan. Pengawalan hasil musrenbang ditingkat desa dapat dikawal, namun kerap terpangkas ditingkat kabupaten". Ujarnya, saat kegiatan musrenbangdes di Aula Kantor Desa Ketangga, Kecamatan Suela, Lombok Timur 26/1/2015.

Selain itu tambahnya membeberkan "Dalam perencanaan pembangunan yang bentuk usulanya pemberdayaan sampai saat ini tidak dapat direalisasikan oleh pemangku kepentingan" Jelas Arihinul Qirom yang juga aktivis sosial.

Kondisi ini menjadi tanya besar sebuah kegiatan desa yang memiliki landasan dasar dalam setiap perencanaan dilakukan dengan konsep partisipatif, namun hanya sebagai formalitas yang tidak memiliki nilai keikutsertaan masyarakat.

Related Posts:

0 Response to "Musrenbang Mestinya Ditiadakan"

Posting Komentar

Featured Post

Rumah Labuan Pandan Terbakar, Dua Unit Motor dan Barang Berharga Tak Terselamatkan

Lombok Timur, SK - Kebakaran yang terjadi di Dusun Labuhan Pandan Tengak, Desa Labuhan Pandan, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, sekira pu...