Seruang Kuliner Khas Masyarakat Sasak


Lombok timur. SK_ Beragam khasanah tradisi pada masyarakat sasak. Begitu juga dengan kuliner khasnya, namun sayang belum banyak diketahui oleh public secar global. Nah kali ini kita akan membahas kuliner khas Lombok satu ini. Namanya makanan Seruang, ini kita bisa temukan di Desa Ketangga, Kecamatan suela, Kabupaten Lombok timur NTB.

Seruang merupakan makanan khas dari Lombok. Makanan ini juga digolongkan sebagai jamu karena memiliki khasiat memperbaiki pencernaan dan lambung. Seruang sangat
popular bagi masyarakat suku sasak sejak dulu sampai sekarang, karena memiliki rasa yang manis pedas dan segar.

Bahan utama makanan seruang adalah beras ketan hitam dan gula merah. Kemudian dikombinasikan dengan bumbu penyegar diantaranya ketumbar, garam, merica, jahe,  dan  sebia tandan banyak mengandung vitamin B yang dapat merangsang lambung memberikan rasa lapar. Selain itu bagi anda yang kurang dalam berumah tangga, seruang  berhasiat membantu meningkatkan semangat dalam berhubungan sex suami isteri.
Pengolahan makanan seruang dimulai dengan penggilingan bumbu sembari memasak beras ketan hitam dengan gula aren. Kemudian menuangkan bumbu halus pada wadah yang terisi air secukupnya. Makanan seruang tersebut belum ada di pasaran, hanya dikonsumsi dan dibuat untuk pribadi saja.


Makanan ini terbuat dari  beras ketan hitam dan gula aren serta khas bumbu penyegar, dengan menghasilkan manfaat yang besar, diantaranya sebagai sarana  mencegah masuk angin, meningkatkan nafsu makan, meningkatkan energy hubungan suami isteri, membantu menghilangkan capek-capek, memperlancar siklus menstruasi, mengeluarkan dahak dan ekspektoran, mengurangi rasa pusing, mual dan kembung. (Eos)

Related Posts:

0 Response to "Seruang Kuliner Khas Masyarakat Sasak"

Posting Komentar

Featured Post

Rumah Labuan Pandan Terbakar, Dua Unit Motor dan Barang Berharga Tak Terselamatkan

Lombok Timur, SK - Kebakaran yang terjadi di Dusun Labuhan Pandan Tengak, Desa Labuhan Pandan, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, sekira pu...