Ambon Bedug Fungsinya Cukup Banyak


Ketangga. SK_ Tanaman di halaman depan rumah tidak sekadar cantik secara fisik, tapi juga tumbuh dan memiliki fungsi yang cukup banyak. Namun yang terpenting membantu bumi dengan kasus pemansan gelobal. Hal ini telah dilakukan oleh masyarakat Dusun Montong Gedeng, Desa Ketangga, Kecamatan Suela, Kabupaten Lombok Timur NTB.

Warga tersebut antusias menanam ubi jalar berbatang besar. Tanaman dengan bahasa lokal Ambon bedug ini tidak dijadikan sebagai tanaman komuditas pertanian namun jenis ubi jalar yang satu ini khusus ditanam pada halaman rumah mereka.

Tumbuhan yang berbatang besar tersebut selain berfungsi sebagai penenduh juga dapat dikonsumsi. Pucuk tanaman ini dapat diolah untuk segala jenis lauk pauk. Biasanya warga mengolhanya dengan hidangan pelcing ala pucuk ambon. Olahan ini menjadi paforit warga  karena lebih khas dari pelcing kangkung.

Tanaman ambon beduq berbeda dengan pohon peneduh lainya. Seperti jambu air, mangga, sabo, rambutan dinikmati sekali dalam setahun. Namun berbeda dengan ubi raksasa ini, pucuknya dapat distek setiap harinya untuk diolah sebagai lauk.

Selain itu umbi ambon beduq juga dapat dinikmati, Umbiannya hampir sama dengan ubi jalar lainya namun ini lebih besar. Satu umbi bisa mencapai 2 s/d 3 kg, jika dihidangkan dapat terpenuhi pada sepuluh orang tamu.


Nah bagi anda yang belum menanam jenis tanaman ini silahkan dating saja ke kediaman kami di Dusun Montong Gdeng Desa ketangga, Suela, Lombok Timur NTB. Contak 081917643081.

Related Posts:

0 Response to "Ambon Bedug Fungsinya Cukup Banyak"

Posting Komentar

Featured Post

DPC SPMI Lotim Minta Nama BIL Diganti?

Lombok Timur, SK - Dewan Pimpinan Cabang, Serikat Pekerja Migrant Indonesia (DPC-SPMI) Kabupaten Lombok Timur, Abdurrahman, meminta kepada...