Makam Buak Bakang Makamnya Para Wali

Mekar Sari. SK_ Di bagian dataran tinggi Dusun Belumbang Desa Mekar Sari, Kecamatan Suela, kabupaten Lombok Timur NTB.  Tepat di area hutan terdapat bangunan cagar budaya berupa situs makam para wali. Makam tersebut dinamakan makam Buak bakang. Konon makam tersebut petilasan para wali dan orang-orang alim penyebar agama islam. Versi lain juga menyebutkan makam tersebut pemakaman seorang alim ulama bernama Syeh Data.


Hal tersebut disampaikan Ujip sekertaris BPD mekar sari mengatakan. “menurut cerita turun temurun dari nenek moyang, makam tersebut petilasan para wali menghilang dilokasi ini”. Ujarnya.

Dalam komplek makam ini terdapat sekitar 11 unit makam dengan luas satu heaktar. Adapun bangunan cagar budaya ini belum sepenuhnya dilindungi pemerintah, terlihat bangunan yang dibatasi dengan pagar pembatas yang diinisiasi masyarakat setempat.

Dikatakan ujip Makam Buak bakang juga sering dikunjungi para peziarah. Meski kondisi jalan yang cukup parah para peziarah harus melewati jalan berbukit dan licin. Sementara diareal makam belum tertat rapih sehingga kedepan perlu perhatian dari banyak pihak.


“diharapkan kedepan ada inisiatif pemerintah dan masyarakat untuk merenovasi dan merapihkan kondisi areal makam, agar cagar budaya ini dapat terjaga dan lestari”. Harap Ujip saat dikonfirm 5/9/2015. (eos)

Related Posts:

1 Response to "Makam Buak Bakang Makamnya Para Wali"

Featured Post

DPC SPMI Lotim Minta Nama BIL Diganti?

Lombok Timur, SK - Dewan Pimpinan Cabang, Serikat Pekerja Migrant Indonesia (DPC-SPMI) Kabupaten Lombok Timur, Abdurrahman, meminta kepada...