Sejarah Berdirinya Desa Suela

Suela. SK_ Pada dasarnya semua desa yang ada di setiap Nusantara ini umumnya memiliki sejarah atau riwayat yang berbeda-beda. Adapun Desa Suela Kecamatan Suela Kabupaten Lombok Timur NTB diuraikan dengan latar belakang sejarah terjadinya Desa Suela. Oleh karena itu dalam kesempatan ini kami mencoba menguraikan sedikit tentang sejarah adanya Desa Suela.


Sekitar abad ke 11 waktu berdirinya Kerajaan Jenggala, tersohorlah cerita Datu Keling dan Datu Daha, di sebuah kampung yang bernama Dasan Monek yang terletak di Wilayah Dusun Bilakembar Sekarang. Sebagai bukti telah adanya Dasan Monek tersebut adanya lokasi pekuburan tua yang cukup luas terletak berdampingan dengan pemukiman Dasan Monek. 

Selain itu terdapat bukti adanya peninggalan permainan local dan tradisi lainnya  yang sekarang mulai hilang tergerus zaman. Berayu-ayu dan betandakan, Main becepokan yang pelakunya anak muda, Main selodoran yang pelakunya anak-anak, Main Bejaksaan, Main perisean. Permainan tersebut tidak diketahui penciptanya, yang jelas permainan ini sangat digemari dan membudaya dikalangan masyarakat Desa Suela.

Kemudian pada abad ke -14 Dasan Monek Merupakan suatu kerajaan kecil, seperti pada zaman itu banyak bertebaran kerajaan-kerajaan kecil di seluruh pulau lombok, hal ini terbukti adanya makam-makam peninggalan terdahulu. Kerajaan – kerajaan itu di antarnya Kerajaan Bayan, Kerajaan Seruni, Kerajaan Pejanggik di Lombok Tengah, Kerajaan Limbungan di Lombok Timur dan Kerajaan Pelompong di Lombok Timur, tepatnya di Desa Sembalun Sekarang.


Kerajaan Pelompong mempunyai wilayah yang cukup luas termasuk kerajaan kecil Dasan Monek. Dasan Monek berbatasan dangan Desa Ketangga tepatnya dengan Dusun Tejong yang merupakan wilayah Kerajaan Monek. Pulau Lombok di kuasai oleh Kerajaan Bali (Anak Agung) selama kurang lebih 300 tahun yaitu pada abad ke-17 sampai dengan abad ke- 19 M. Pada masa pemerintahan Anak Agung banyak orang bali yang dipindahkan ke pulau Lombok diantaranya ke Desa Suela yang sampai saat ini dikenal bekasnya di Gubuk Taman Sari dan di sebelah utara Gubuk Taman Sari terdapat Pesenggerahan tempatnya orang-orang Belanda atau orang Jepang beristirahat yang sekarang tempat ini dijadikan Kantor Camat Kecamatan Suela. (Hapiz)

Related Posts:

1 Response to "Sejarah Berdirinya Desa Suela"

Featured Post

DPC SPMI Lotim Minta Nama BIL Diganti?

Lombok Timur, SK - Dewan Pimpinan Cabang, Serikat Pekerja Migrant Indonesia (DPC-SPMI) Kabupaten Lombok Timur, Abdurrahman, meminta kepada...