Disinilah Makam Para Penyebar Islam Nusantara


Ketangga. SK_ Setelah melakukan penelusuran bersama tokoh masyrakat dan para pemangku adat. Alhasil tim pemetaan cagar budaya Desa Ketangga menemukan pembuktian berupa makam. Makam tersebut dinamakan makam Tuan Lebe. Dinamakan Tuan Lebe disana terdapat jasad yang dikuburkanya seorang wali.


“makam Tuan lebe sejak dulu dilestarikan oleh masyarakat, namaun belum ada kejelasan nama tokoh yang mendiami makam ini” jelas Muhammad jaelani saat dikonfirm 13/9/2015.


Bebrapa pendapat menyebutkan makam Tuan Lebe adalah makam seorang wali yang memiliki ilmu tinggi. Seperti adanya versi menyebutkan makam Syieh Abdul Qodir jaelani dan syekh Ahmad al-kazasih. Ada juga menyebutkan makamnya Imam Algozali, sementara versi lain menyebutkan makam Gajah mada Lombok berada di kawasan makam Tuan Lebe. Versi lain menyebutkan bahwa makam Tuan Lebe adalah makam seorang tokoh kerajaan Selaparang yang bernama Mas Penghulu Lebe.

“beberap versi yang menyebutkan makam ini adalah dihuni oleh seorang imam tersohor Imam AlGozali, syieh abdul Qodir, Syeh Ahmad Alkozasi, Gajah mada, Mas penghulu lebe” tutur Jaelani.
 Dikatakan Muhammad jaelani Ketua BPD Desa Ketangga menyebutkan pembuktian diperkuat oleh masyarakat Desa Ketangga  dalam nama sebuah kampung Surya Lebe yang arti nya sinar keilmuan yang lebih / banyak yg menyebar di seluruh Nusantara.

“masyarakat Desa Ketangga mengabadikan nama gubuk dengan sebutan Surya lebe, dan itu salah satu memperkuat adanya makam yang sering dikunjungi masyarakat local maupun warga luar” ujar jaelani. (Eos)


Related Posts:

0 Response to "Disinilah Makam Para Penyebar Islam Nusantara"

Posting Komentar

Featured Post

DPC SPMI Lotim Minta Nama BIL Diganti?

Lombok Timur, SK - Dewan Pimpinan Cabang, Serikat Pekerja Migrant Indonesia (DPC-SPMI) Kabupaten Lombok Timur, Abdurrahman, meminta kepada...