Koperasi Bintang Muda Gerakkan Community Logging

Lotim. SK_ Pengusahaan kayu rakyat berbasis komunitas atau Comlog (Community Logging) terus di gerakkan oleh Koperasi Bintang Muda/ KBM Lombok Timur yang didampingi oleh Telapak dan Gema Alam NTB.


Dikatakan Rasyid Ridho sekertaris KBM mengatakan, gerakan tersebut terus didorong mengingat perubahan yang sangat mendasar pada pengusahaan hutan di Indonesia.  Salah satu kasus yang sampai saat ini terus diminimalisir terjadinya illegal logging.  Sehingga mengharuskan Community Logging agar hutan menjadi berkelanjutan, lestari dan terjaga dengan konsep berbasis masyarakat.

Para pengurus koperasi secara bersama sama turun ke lahan angggota untuk pendataan potensi. “kegiatan selama lima hari ini kami menkalkulasikan kayu rakyat berjumlah 500 batang dari lahan seluas enam heaktar” ujar Rasyid saat ditemui dikediamanya 09/10/2015.


Sementara ditempat terpisah, Mansyur ketua KBM menjelaskan tujuan gerakan tersebut ditandai dengan upaya KBM Lotim melakukan inventarisasi potensi berupa kayu dilahan anggota pada hutan rakyat.  “disamping itu, tujuan KBM membantu pemerintah pada persoalan emisi efek rumah kaca, pelstarian lingkungan, serta meningkatkan ekonomi masyarakat di kabupaten Lombok timur” katanya saat dikonfirm via telepohon 9/10/2015. |006|007|

Related Posts:

1 Response to "Koperasi Bintang Muda Gerakkan Community Logging"

  1. penebangan kayu secara ilegal memang sudah seharusnya dibrantas

    BalasHapus

Featured Post

DPC SPMI Lotim Minta Nama BIL Diganti?

Lombok Timur, SK - Dewan Pimpinan Cabang, Serikat Pekerja Migrant Indonesia (DPC-SPMI) Kabupaten Lombok Timur, Abdurrahman, meminta kepada...