Sambal Tolet Kuliner Pavorit Warga Lombok

Suela. SK_ Sambal tolet salah satu jenis bumbu sekaligus kuliner khas sasak. Dari arti bahasa sasak Lombok, sambal tolet disebut karena cara makannya dengan cara dicolek.


Dari penampakannya, mungkin terlihat biasa saja. Sambal yang terbuat dari cabai rawit mentah yang diulek bersama garam, terasi, dan penyedap rasa. Tapi sekali mencoba, dijamin ketagihan!


Karena, sambal ini ditambahkan jeruk limo yang masih mentah. Sehingga, aromanya terasa khas dan menambah selera dan ini sungguh berbeda dari sambal-sambal lainnya.


"Sambal ini khas dan tidak ada di daerah lain, dan ini kami anggap kuliner asli sasak" jelas Inaq Hariadi warga Desa Ketangga Kecamatan Suela Lombok timur dikediamamnya ahad 7/2/2016.


Sambal tolet atau juga disebut dengan sambal colet tersebut sangat populer pada kalangan masyarakat suku sasak.


Pada sejarahnya, sambal tolet sejak dulu menjadi kuliner paporit masyarakat suku sasak di Lombok. Selain bahan baku yang mudah di dapat juga cara pembuatanya cukup instan.


Begitu juga dengan penyajiannya. Kita bisa menyiapkan nasi ditambah dengan lalapan jenis sayur lainnya dan ikan untuk disantap. Dan kuliner ini di jamin keluar keringat saking pedasnya

Related Posts:

0 Response to "Sambal Tolet Kuliner Pavorit Warga Lombok"

Posting Komentar

Featured Post

DPC SPMI Lotim Minta Nama BIL Diganti?

Lombok Timur, SK - Dewan Pimpinan Cabang, Serikat Pekerja Migrant Indonesia (DPC-SPMI) Kabupaten Lombok Timur, Abdurrahman, meminta kepada...