Sapit Bangun Inovasi Untuk Masyarakatnya



Sapit. SK_ Kepala Desa Sapit terus lakukan inovasi demi membangun masyarakatnya. Hal ini dapat menjadi acuan pada tahun 2015 lalu dirinya uji coba budidaya tanaman buah. Sehingga kedepan Desa Sapit Kecamatan Suela Kabupaten Lombok Timur menjadi sentral wisata agro buah.


Kepala Desa Sapit, H. Suherjan SH, ia mengatakan “Desa Sapit akan menjadi wisata sentral agro buah, karena selama ini para petani sebagian telah budidaya buah Alpukat, Duren dan lain-lain tinggal kita kembangkan saja” jelasnya saat ditemui di ruang kerjanya 1/3/2016. 

Selain wisatawan dapat menikmati pesona alam desa, para pengunjung juga dapat menikmati buah ala warga setempat, sekaligus sebagai buah tangan. “kalu ada pengunjung yang menikmati pemandangan alam desa, ia juga bisa menikmati serta menjadi oleh-oleh keluarga” ungkap Suherjan.

Guna mewujudkan pengembangan dan pemberdayaan pada warga. Pemerintah Desa Sapit menargetkan pada 2016 sebagai desa wisata agro, yaitu Agrowisata buah. Kepala desa Sapit berencana mengembangkan tanaman buah jambu kristal, satu kepala keluarga akan dijatahkan satu pohon jambu.

 “Kami berencana pada tahun 2016 akan terus mengembangkan tanaman jambu Kristal, satu rumah satu pohon seperti yang sudah kami lakukan” paparnya pada awak media.

Pengelolaan tanaman Buah jambu kristal rencananya oleh masyarakat secara langsung. Selama ini kami berpikir bagaiman masyarakat mandiri dalam ekonomi. Selain ditanam pada pekarangan rumah juga warga menanamnya di perkebunan dan persawahan. 

Ia berharap kepada warga, untuk memanfaatkan lahan kosong yang ada di depan rumah. Terlebih pada lahan pertanian maupun perkebunan. Pasalnya tanaman pohon jambu Kristal tersebut tidak membutuhkan tempat yang luas.

“Jenis Buah Jambu Kristal ini tidak membutuhkan tempat luas. Selain itu dalam tempo tanam satu tahun lebih tanaman ini mulai berbuah” jelasnya.

Related Posts:

0 Response to "Sapit Bangun Inovasi Untuk Masyarakatnya"

Posting Komentar

Featured Post

DPC SPMI Lotim Minta Nama BIL Diganti?

Lombok Timur, SK - Dewan Pimpinan Cabang, Serikat Pekerja Migrant Indonesia (DPC-SPMI) Kabupaten Lombok Timur, Abdurrahman, meminta kepada...