WARGA MERUSAK HUTAN.?! INI CARA MENANGKALNYA..!

Lombok Timur. SK_ Rabu 10/8/2016, Perusakan hutan utamanya di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) saat ini terus menjadi sorotan multi pihak.


Taka hanya pembalakan liar, masyarakat sudah mulai mengklaim hutan sebagai tanah miliknya. Seperti yang terjadi di Desa Bebidas Kecamatan Wanasaba, warga mulai masuk dan menguasai lahan kawasan TNGR.

Dari persoalan inilah kemudia program Kemakmuran Hijau Milenium Calenge Acount (MCAI) yang dilaksanakan oleh konsorsium ADBMI & Friend dengan menggandeng ADBMI Foundation, Koperasi Bumi Raya dan Lembaga Media Komunitas Speaker Kampung untuk melaksanakan program itu.

Pada program tersebut menyasar warga miskin kawasan hutan TNGR melalui pendekatan mantan Buruh Migrant dan Keluarga BMI.

Pendekatan ini salah satu tolak ukur warga miskin, sebab pada dasarnya mereka yang harus bermigran karena tidak memiliki lapangan pekerjaan, tidak memiliki lahan dan pekerjaan di desanya.

Dalam pandangan inilah masyarakat miskin, karena minimnya lapangan kerja dan kemandirian serta sumberdaya manusia yang masih kurang alasan pelakunya adalah mereka yang miskin.

Maka dari itu ADBMI and Friend akan melaksanakan program peningkatan ekonomi dengan konsep pengelolaan sumber daya alam.


Warga akan dilatih hingga mandirib dalam memanfaatkan dan mengelola sumberbdaya alam yang ada sehingga tidak merusak alam.

Related Posts:

0 Response to "WARGA MERUSAK HUTAN.?! INI CARA MENANGKALNYA..!"

Posting Komentar

Featured Post

Tingginya Angka Kematian Ibu dan Anak, Kecamatan Aikmel Gelar Loka Karya Pelembagaan ACSIA

Lombok Timur.SK_Pemerintah Kecamatan Aikmel gelar Lokakarya Pelembagaan Aksi Cepat Sayang Ibu dan Anak (ACSIA) di Kecamatan dan Desa di Ka...