Momentum Lebaran Untuk Merajut Tali Persaudaraan

Spaker Kampung - Lebaran sudah Usai, tentu menyisakan kenangan indah pada masanya. Gema takbir, tahmid, tahlil sudah tidak terdengar lagi. Masjid sudah mulai sepi tidak seperti pada bulan puasa, Jamaah membeludak mengisi deretan syaf dari depan hingga ujung belakang meski terkadang pada akhir Ramadhan semakin lengang.

Usai kita melaksanakan kewajiban sholat Ied secara berjamaah di Masjid, Musalla, ataupun tanah lapang, seluruh jama'ah bersalam - salaman sembari mengucapkan kalimah toyyibah dan ucapan minal aidin walfaizin mohon maaf lahir dan bathin.

Tidak sedikit warga setelah turun dari masjid, mereka berbondong-bondong mengunjungi pusara keluarganya yang telah meninggal dunia. Mereka bermunajad kepada Allah semoga keluarganya ditempatkan di sisi orang-orang beriman serta diampuni segala dosanya.

 Lebaran Sudah Usai

Kini kita kembali merajut mimpi, kembali  beraktifitas seperti biasanya. Menuntut rezeki untuk memenuhi kebutuhan keluarga sesuai dengan profesi kita masing-masing. Ada yang jadi ASN, Karyawan, buruh tambang, buruh pabrik, tukang, pedagang, petani, nelayan, Salesman serta profesi lainnya.

Mereka yang mudik alias balik kampung akan mengisi waktu liburnya bersama keluarganya setelah bertahun - tahun tidak pernah bersua. Tentu kebersamaan itu akan dimanfaatkan sebaik-baiknya siapa tau pada ramadhan yang akan datang mereka tidak bisa berkumpul lagi karena kehendak sang pencipta.

Tidak sedikit juga mereka menumpahkan air matanya, bersujud di kaki orang tuanya untuk memohon ampun atas salah dan dosa yang pernah diperbuat. Ada juga mereka yang tidak bisa bersalaman bahkan memeluk orang tuanya karena orang tua yang ingin dipeluk sudah tiada lagi.

Oleh karena itu, selagi orang tua kita masih hidup, masih diberikan kesehatan meskipun kadang-kadang sakit, manfaatkan momen indah seperti itu untuk kita memohon ampun padanya. Karena ridho Allah adalah ridhonya orang tua.

AN; Keluarga Besar H. Muhammad Sanusi, Mudung, Desa Anggaraksa, Kecamatan Pringgabaya, LOTIM.

               MENGUCAPKAN
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440H/2019M
MOHON MAAF & BATHIN

Taqabbalallahu Minna Wamingkum Taqabbaliya Karim (FIKRI)

Related Posts:

0 Response to "Momentum Lebaran Untuk Merajut Tali Persaudaraan"

Posting Komentar

Featured Post

Pati Rata Pringgabaya Lahir Untuk Membangun Desa

Peringgabaya SK_Pemuda Pemudi Dasan Lendang, Dusun Dasan Lendang,  Desa Pringgabaya, Kecamatan, Pringgabaya, Lombok Timur-NTB, berinisiasi...