Langsung ke konten utama

KKN UGR Gelar Seminar Pengembangan Potensi Pariwisata dan UMKM Sambelia

Sambelia, SK- Mahasiswa Universitas Gunung Rinjani (UGR) menggelar seminar pengembangan potensi desa berbasis lokal untuk mengedukasi masyarakat cara mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan promosi pariwisata pada, Senin (29/7/2019) di Kantor Desa Sambelia, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, NTB.

Ketua penyelenggara sekaligus ketua kelompok KKN UGR, Desa Sambelia, Yudha Melia Sandi, saat membuka acara mengatakan, seminar ini digelar bertujuan untuk membina kelompok usaha tani Desa Sambelia, bagaimana mengembangkan UMKM yang ada dengan memanfaatkan produk pertanian lokal agar memiliki nilai ekonomi.

Bukan itu saja, Yuda bersama teman-temannya berinovasi turut mempromosikan potensi pariwisata yang ada di Sambelia untuk dikembangkan supaya lebih produktif sehingga bisa menciptakan lapangan kerja bagi pemuda atau masyarakat sekitar.

Untuk membuktikan kesungguhannya, Yudha bersama mahasiswa lainnya menghadirkan Supiandi, SE pendiri Berugak Lombok sebagai pemateri yang kesehariannya eksis dalam usaha pengembangan UMKM di Lombok. Seminar itu dihadiri oleh puluhan mahasiswa dan masyarakat Sambelia. Pemuda calon Doktor jebolan UGM ini sangat reaktif menjawab pertanyaan yang diajukan penanya, berikut solusi pemecahan masalahnya.

Dalam paparannya Supiandi menjelaskan, menurut data BPS terbaru, dari 162 juta penduduk Indonesia, sekitar 143 juta rakyat sudah terkoneksi dengan internet dalam mengembangkan usahanya.

"Penduduk Indonesia di era ini dalam mengembangkan bisnisnya ataupun berbelanja sudah banyak beralih ke digital, sebut saja belanja secara online," terangnya.

Namun berbelanja secara online tidak ada yang bisa menjamin keasliannya. Tidak sedikit pula masyarakat tertipu dengan media sosial. Peluang digital itu katanya banyak yang positif dan negatifnya, tergantung mereka yang mengendalikannya.

Ketua Badan Pengembangan Promosi Daerah (BPPD) Lombok Timur, Ahmad Roji, yang hadir sebagai pemateri pada seminar tersebut berjanji akan terus mendorong potensi pariwisata berkelanjutan di setiap wilayah. Misalnya membangun foto sport pada tempat yang bisa menarik pengunjung atau wisatawan.

Agar semua itu bisa terwujud maka pemdes diharap agar mensupport obyek wisata demi kemandirian pemuda. "Hanya industri pariwisata yang bisa mengganti industri lain di Lombok," katanya.

Dia meminta kepada pemerintah desa agar bisa merasionalisasikan potensi wisata lokal sebagai investasi kecil. Untuk meningkatkan potensi wisata lanjutnya, harus melibatkan kalangan akademisi.

Pada era kreatif seperti sekarang ini kita tidak bisa menyalahkan lingkungan. Kita harus bisa menata lingkungan dengan sebaik-baiknya, menyediakan destinasi seperti kolam renang, (berugak) tempat beristirahat melepas lelah bagi para wisatawan.

"Jangan memutus objek wisata itu tanpa perhitungan yang matang agar tidak menimbulkan kerugian bagi pengelola lebih-lebih bagi lingkungan," pesannya. (Ggar)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kacang Komak Sayuran Populer Warga Lombok

Suela. SK _ Kacang komak merupakan jenis sayur popular masyarakat pedesaan. Kacang-kacangan ini dibudidayakan oleh petani pada musim penghujan hingga dapat dipanen sampai dengan musim kemarau tiba.

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur

Berikut nama desa dan dusun dari 15 desa di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. 1). DESA BAGEK PAPAN    KODE POS : 83654 Dusun Tongtong Suit Dusun Bampak Dusun Bagik Papan 2). DESA TANAK GADANG   KODE POS : 83654 Dusun Temanjor Dusun Temanjor Timur Dusun Tegaron 3). DESA APITAIK    KODE POS : 83654 Dusun Bagek Kedok Daya Dusun Bagek Kedok Lauk Dusun Gubuk Montong Dusun Gubuk Pande Dusun Gubuk Lekok Dusun Gubuk Pernek Dusun Dasan Bagek lauk Dusun Dasan Bagek Daya 4). DESA TEKO    KODE POS : 83654 Dusun Teko Daya Dusun Teko Lauk Dusun Pedangeran Dusun Bagek Anjar 5). DESA KERUMUT    KODE POS : 83654 Dusun Benteng Dusun Kerumut Dusun Toron Dusun Dasan Lendang Dusun Gubuk Daya 6). DESA ANGGARAKSA    KODE POS : 83654 Dusun Mudung Barat Dusun Mudung Timur Dusun Aik Dalem Dusun Sangkar Sukun 7). DESA POHGADING    KODE POS : 83654 Dusun Gubuk Daya Dusun Gubuk Timuk Dusun Gubuk Tengak Dusun Gubuk Lauk Dusun Bubur Gadung Dusun Ded

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur

Daftar nama desa dan dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur 1). DESA AIKMEL    KODE POS : 83653 Dusun Cepak Daya Dusun Batu Belek Dusun Kampung Remaja Dusun Kampung Karya Dasan Beruk Dusun Kampung Karya Barat Cepak Lauk 2). DESA AIKMEL BARAT    KODE POS : 83653 Dusun Banjarsari Dusun Pungkang Daya Dusun Pungkang Lauk Dusun Pungkang Daya Baru Dusun Banjarsari Lauk 3). DESA AIKMEL TIMUR    KODE POS : 83653 Dasan Bagek Timur Dasan Bagek Barat Dusun Cepak Timur 4). DESA AIKMEL UTARA    KODE POS : 83653 Dasan Lian Lauk Dasan Lian Daya Dusun Aik Asak Dusun Karang Petak Dasan Lian Daya Barat 5). DESA AIK PERAPA    KODE POS : 83653 Dusun Aik Perapa Dusun Sempur Daya Dusun Sempur Lauk Dusun Otak Ree 6). DESA TOYA    KODE POS : 83653 Dusun Toya Lauk Dusun Toya Daya Dusun Peneda Dusun Aik Lomak Dusun Daarul Ikhsan Dusun Al-Muttaqin Dusun Pertemuan Dusun Montor Lekong Dusun Kekuang 7). DESA KEMBANG KERANG    KODE POS : 83653