MusDes Penentu Arah Kebijakan Pembangunan Desa Kedepan

Wanasaba, SK- Dalam rangka menyusun rencana pembangunan desa Tahun Anggaran 2019-2020. Badan Permusyawaratan Desa (BPD) menggelar Musyawarah Desa (MusDes) untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) berlangsung di aula kantor Desa Beririjarak, Kecamatan Wanasaba, Kabupaten Lombok Timur, NTB, pada (24/7/2019).

MusDes tersebut diikuti lebih dari Empat puluh orang peserta terdiri dari unsur pemerintah kecamatan, pendamping desa, BPD, LKMD, perwakilan kelompok usaha masyarakat, perwakilan perempuan, pemuda, toga, toma serta unsur masyarakat lainnya.

Kepala Desa Beririjarak, Lalu Fauzi, dalam sambutannya mengatakan, Beririjarak memiliki banyak permaslahan yang perlu diselsaikan, mulai dari pembangunan Infrastrukrur, upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat, dan bentuk pembinaan lainnya. Namun katanya, semua itu tidak bisa diselesaikan dalam jangka waktu satu tahun.

"Maka melalui MusDes ini kita ingin menyepakati bentuk program skala prioritas yang betul-betul menjadi kebutuhan masyarakat sehingga dapat dilaksanakan pada Tahun Anggaran mendatang," ungkapnya.

Sementara ketua BPD Beririjarak, Marjan, mengajak kepada semua elemen masyarakat untuk bisa mengikuti musyawarah dengan sebaik-baiknya. "MusDes yang dilaksanakan pada hari ini adalah menyepakati kerangka perencanaan pembangunan desa Tahun 2020," katanya.

Camat Wanasaba yang diwakili Kasi PMD pada kesempatan yang sama mengatakan, kegiatan MusDes ini merupakan kegiatan tahunan desa. Oleh karena itu, dia meminta partisivasi aktif masyarakat mengusulkan program yang baik guna mendukung kegiatan pembangunan desa.

"Bapak danIbu peserta musyawarah, kami harap peran aktifnya mengikuti kegiatan ini, jangan takut untuk bersuara," katanya

MusDes ini berjalan alot, dilakukan dengan mengajak peserta berdiskusi yang di pandu oleh pendamping desa.

Tim penyusun RKPDes TA 2019-2020 ini tersiri dari unsur pemdes, PKK, LKMD, serta pemuda. Kemudian tim verifikasinya adalah Kepala wilayah (kawi) yang dulunya di sebut kadus. Dalam diskusi itu juga disepakati beberapa usulan yang akan menjadi program prioritas pemdes kedepan.

Penulis: Saelal Arimi
Editor   : Anggar

Related Posts:

0 Response to "MusDes Penentu Arah Kebijakan Pembangunan Desa Kedepan"

Posting Komentar

Featured Post

Pati Rata Pringgabaya Lahir Untuk Membangun Desa

Peringgabaya SK_Pemuda Pemudi Dasan Lendang, Dusun Dasan Lendang,  Desa Pringgabaya, Kecamatan, Pringgabaya, Lombok Timur-NTB, berinisiasi...