Aikmel Tangani Sampah dengan Sistem Ecobrick

Aikmel SK_ Sabtu, 24/8/2019 pemerintah Desa Aikmel Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur telah menggalakkan penanganan sampah yang ada di desanya. Dengan menyiapkan lahan Tempat Pembuangan Akhir atau TPA seluas 10 are, berlokasi di sebelah selatan desa Aikmel.

Pemdes Aikmel melalui Unit Usaha BUMDes yakni pengelolaan sampah membagikan masyarakat karung. Kemudian masyarakat mengisinya sampah keluarga.

Karung yang terisi sampah dijemput oleh petugas dalam waktu dua kali dalam seminggu setiap dusun.
 

Dengan di terapakannya cara seperti ini, mudah-mudahan bisa mengurangi volume sampah yang ada di wilayah desa Aikmel.

Tapi kali ini Desa Aikmel melalui LPLP Cemara Rompes bekerja sama dalam penanggulangan dan penataan sampah yang ada di wilayah Desa Aikmel dengan mencoba menerapkan inovasi Ecobrick.

 Koordinator LPLP Cemara Rompes Zainudin Amin dalam sambutannya mengatakan bahwa pentingnya menerapkan inovasi baru untuk mengurangi volume sampah yang ada di wilayah Desa Aikmel.

Lembaga ini memberikan penyuluhan serta edukasi kepada masyarakat dan manfaat dari penerapan hasil inovasi ecobrick.

Dengan harapan, masyarakat mampu memanfaatkan limbah botol minuman  plastik sebagai wadah penyimpanan sampah plastik.

Selain itu, narasumber yang lain juga mengatakan kepada koordinator LPLP Cemara Rompes yaitu Zainudin Amin untuk membentuk sebuah komunitas atau penggiat lingkungan di setiap dusun yang ada di wilayah desa Aikmel dan melakukan koordinasi dengan kepala dinas pendidikan kabupaten Lombok Timur Tengah untuk menyampaikan kepada seluruh kepala sekolah yang berada di lingkup pemerintah kabupaten Lombok Timur.

Untuk menerapkan sistem ecobrick di masing-masing sekolah dan mengadakan event -event tahunan dengan mengangkat tema tentang pengelolaan sampah.


Mudah-mudahan  dengan menerapkan cara seperti ini masyarakat desa Aikmel bisa hidup nyaman tanpa sampah.

Related Posts:

0 Response to "Aikmel Tangani Sampah dengan Sistem Ecobrick"

Posting Komentar

Featured Post

Bupati Lombok Timur Buka Acara Berindu Sembalun

Sembalun. SK_ Bupati Lombok Timur, H. Sukiman Azmi buka secara langsung acara Festival Berindu Sembalun Lombok timur yang di adakan oleh t...