Saka Bahari NTB, Pelatihan Keterampilan

Sambelia, SK - Dalam rangka menyambut HUT RI ke 74, Saka bahari NTB, menggelar lomba keterampilan dengan melibatkan ratusan peserta setingkat SMA dan perguruan tinggi berlangsung di Pos angkatan laut (POSAL) Selak Alas, Desa Padak Goar, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, NTB.

Lomba keterampilan saka bahari mulai dilaksanakan dari tanggal 8-10 Agustus 2019. Kegiatan ini sesuai jadwal akan digelar selama dua hari namun, berhubung perayaan hari raya idul adha selang satu hari lagi sehingga, panitia memutuskan kegiatannya berlangsung hanya sehari.

Sekolah yang bergabung dalam saka bahari ini melibatkan Enam belas sekolah se-NTB. Satu dari perguruan tinggi yakni STKIP Hamzar Lombok Timur. Enam belas sekolah itu meliputi gabungan dari SMA yang berada di Kecamatan Lembar sebanyak 35 peserta. Kemudian dari pondok pesantren Haramain, Lombok Barat dan juga Mataram.

Peserta yang paling banyak mengikuti kegiatan  saka bahari Tahun 2019 ini adalah dari Lombok Timur, meliputi beberapa Kecamatan. Diantaranya, Kecamatan  Sambelia, Pringgabaya, Wanasaba, Suela, Labuhan Haji, Masbagik dan Aikmel. Masing-masing sekolah mengutus 20 hingga 35 orang peserta diambil dari siswa-siswi kelas X dan XI.

Merunut pada jumlah sekolah yang terlibat dalam saka bahari kali ini, maka jumlah peserta yang ikut sebanyak 350 hingga 370 peserta. Ditambah dengan pembina sehingga keseluruhan berjumlah 400 orang. Demikian keterangan yang disampaikan ketua pengurus saka bahari NTB, Harmain juhri, pada Jurnalis Speakerkampung.net, pada (10/8/2019).

"Peserta yang bergabung dan aktif sepanjang tahun pada kegiatan saka bahari ini mencapai 370 orang ditambah panitia, 30 orang sehingga berjumlah 400 orang," terang Harmain.

Iven ini digelar selain dalam rangka menyambut hari kemerdekaan, juga untuk mempersiapkan hari pelayaran nusantara yang ke 9 (sembilan) tahun 2019. Mereka akan berlayar menggunakan kapal perang TNI-AL. Peserta akan diajak mengelilingi dan singgah di beberapa pulau di Indonesia. Di pulau persinggahan itu nanti, mereka akan melakukan bakti sosial.

Peserta yang dinyatakan lulus seleksi mewakili provinsinya masing-masing sebanyak 25 orang. Mereka nantinya akan berkumpul di Tanjung Periok, pelabuhan terbesar, tersibuk dan terpadat di Indonesia. Peserta akan diikuti perwakilan dari 33 provinsi di seluruh Indonesia.

Mata lomba yang diberikan panitia seleksi yang sangat menantang adalah lomba keterampilan membuat tenda apung dilaut menggunakan ban dan bambu serta tali. Selain itu, lomba bangunan pasir, lomba memasak cara pengolahan ikan laut dengan sajian khas, miniatur pionering, kreasi memanfaatkan jangkang kerang, lomba ketangkasan dan lainnya.

Selain lomba keterampilan, panitia juga melatih karakteristik peserta dengan menggelar program bela negara, keakraban mengenali karakter masing-masing peserta. Dana kegiatan saka bahari ini menurut Harmain bersumber dari saka bahari sendiri, sekolah, swadaya, simpatian serta dari donatur yang tidak mengikat.

Pembina saka bahari Kecamatan Lembar, Lombok Barat, Maryanti mengatakan, sangat senang mengikuti kegiatan saka bahari ini. Biasanya tahun-tahun sebelumnya, saka bahari hanya memberikan materi pelatihan saja. Tapi kali ini katanya, diadakan beragam lomba untuk menggali kreasi peserta.

"Saya senang sekali, selama kami aktif di saka bahari, baru kali ini diadakan lomba dan Alhamdulillah utusan gabungan SMA Lembar dapat juara satu," katanya penuh bahagia.

"Tidak sia-sia kami datang jauh-jauh dari Lombok Barat mengikuti lomba saka bahari di Sambelia ini, rasa lelah kami hilang seketika," tambah Maryanti sembari menebar senyum.

Dengan diadakan lomba saka bahari NTB kali ini, panitia berharap kepada semua peserta agar kedepan mereka menyadari bahwa laut Indnesia yang luas dan kaya dengan biotanya, bisa dijaga kelestariannya. Ekosistem yang ada di dalamnya, dijaga dengan baik, tidak membiarkan orang-orang yang tidak bertanggug jawab merusakanya hanya untuk kepentingan  pribadi atau kelompoknya.

Di laut tersimpan harapan, di laut tersimpan kekayaan, di laut tersimpan kejayaan. Jalesvepa Jayamahe. (Ggar)

Related Posts:

0 Response to "Saka Bahari NTB, Pelatihan Keterampilan"

Posting Komentar

Featured Post

Bupati Lombok Timur Buka Acara Berindu Sembalun

Sembalun. SK_ Bupati Lombok Timur, H. Sukiman Azmi buka secara langsung acara Festival Berindu Sembalun Lombok timur yang di adakan oleh t...