Pemerintah Diminta Serius Tangani Sampah

Sembalun. SK_Problem sampah tidak ada habis-habisnya karena memang tidak pernah serius di urusi. Setelah ada himbauan disalah satu Desa untuk tidak membuang sampah di parit tengah kampung ternyata sungai tepatnya di dekat jembatan jalur panorama walk bagi para wisatawan menjadi TPA baru. tidak hanya mengganggu pandangan mata, tetapi secara kesehatan dan kelestarian lingkungan jelas ini merupakan masalah.

saya pribadi sangat mgngaprisiasi gerakan karang taruna Desa Timba Gading yang setiap hari jum'at melakukan aksi bersih-beesih dan mengankut samapah kluar dari desa timba gading. namun saya sendiri tidak tau sampah itu dibawa kemana dan di apakan. tetapi paling tidak mereka sudah melakukan langkah yang tepat dengan mengeluarkan sampah yang ada di lingkungan mereka sehingga terlihat bersih. tinggal saat ini menunggu komitment para pemangku kebijakan mulai dari Camat dan para kepala Desa untuk lebih serius memikirkan sampah ini mau di bawa kemana dan diapakan selanjutnya.

jika dibiarkan terus dan tidak ada pembicaraan lanjutan terkait pennganan sampah maka kuatir masyarakat akan terus membuang sampahnya di sungai tersebut karena menganggap itulah solusi terbaik. apakah mereka salah ? ya mereka salah karena membuang sampah bukan pada tempatnya. tetapi saya tidak mau menyalahkan mereka sebelam ada aturan yang mengikat dan solusi dari para pemangku kebijakan. saya lebih baik mengarahkan kesalahan itu kepada mereka yang menganggap permasalahan sampah adalah permasalahan yang tidak serius.

kita membutuhkan komitmen para pemimpin yang ada untuk menuntaskan permasalahan ini. bukanya tidak pernah mencoba dan berusaha untuk menuntaskan permasalahan sampah di kecamatan Sembalun. pada tahun 2016 fasilitas 3R yang konon nilainya 500juta di bngun di Sembalun Bumbung. bukan sampah yang tuntas, eh malah kendaraan pengangkut sampahnya dijadikan kendaran mengankut pupuk kesawah. di samping itu, barang yang mahal itu hnya di jadikan bangunan mati alias hanya mengejar keuntungan dari pembangunan proyek saja. miris jika sudah begini mental para pemimpin kita hanya sebatas pelaksana proyek.

kemudian muncul rencana baru untuk TPA, setau saya rencana ini sudah lama banget. kalau tidak salah tahun 2013 sudah di hembuskan. namun kembali ini hanya sebatas rencana yang tidak pernah serius ditindak lanjuti oleh pihak kecamatan dan para kepala Desa yang ada di kecamatan sembalun. harapan kita semoga ahir tahun ini semuanya rampung agar kedepan tidak ada lagi permasalahan terkait sampah. sementara itu, kawan-kawan penggiat lingkungan terus berkerja dengan mengampanyekan mengurangi penggunaan plastik dan menerapkan sistem ecobreeks serta menjadikan  sampah organik sebagai pupuk kompos.

pada tahun 2020 salah satu program prioritas pemerintah NTB adalah zeroo waste. ini tentunya sebuah kabar baik bagi para pencinta alam, penggiat lingkungan dan bagi kita masyarakat NTB tentunya.  Desa dan Kabupaten kota juga kita harapkan harus menyelaraskan rencana programnya dengan pemerintah provinsi NTB agar permasalahan sampah tuntas dalam waktu singkat. tetapi satu hal yang tidak kalah penting pemerintah harus melakukan pendampingan program ketika menggelontorkan anggaran untuk program sampah. jangan sampai hanya bagi-bagi duit ke Desa yang ujung-ujungnya sama nasipnya dengan program 3R.

#alamhijau
#lingkunganbersih

Penulis : Royal Sembahulun

Related Posts:

0 Response to "Pemerintah Diminta Serius Tangani Sampah"

Posting Komentar

Featured Post

Bupati Lombok Timur Buka Acara Berindu Sembalun

Sembalun. SK_ Bupati Lombok Timur, H. Sukiman Azmi buka secara langsung acara Festival Berindu Sembalun Lombok timur yang di adakan oleh t...