Gempar UGR KKN Dini di Tiga Kecamatan

Lombok timur.SK_Pengenalan lingkungan gerakan Mahasiswa  Pencinta Alam Rinjani Universitas Gunung Rinjani  (GEMPAR UGR Lotim) yang merupakan pra syarat untuk menuju Pendidikan dan latihan dasar  mulai dikemas dengan konsep baru yang dilaksanakan pada tanggal 9-10 November 2019.

Layaknya KKN yang dilaksanakan oleh Semster akhir menjelang Skripsi,  mereka di bagi menjadi tiga kelompok dimana satu kelompok terdiri dari 12 anggota  dan ditempatkan di tiga desa yang berada di tiga kecamatan yang berbeda.

Desa Otak Rarangan Kecamatan Wanasaba, Desa Anjani Kecamatan Suralaga dan Desa Masbagik Utara baru Kecamatan Masbagik, terpilih menjadi objek pengenalan lingkungan tahun ini.

Dalam proses pengenalan lingkungan calon anggota mengunjungi Kepala Desa, BPD Desa, Ketua Remaja Masjid,  mengadakan Ngobrol Pintar Dengan Pemuda, observasi lingkungan sekitar, dan pembagian santunanan untuk Masyarakat Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial yang berada di desa setempat.

Bukan hanya itu calon anggota juga bertugas untuk mengisi kuesioner yang sudah disiapkan panitia sebagai bahan laporan. Diantara hal yang harus mereka isi ialah, profil desa, keadaan sosial politik dan budaya Desa, progres perkembangan Organisasi Pemuda, jumlah organisasi yang berkembang didesa, dan program desa yang terkait dengan pemberdayaan masyarakat dan pemuda.

Adapun tujuan diadakannya pengenalan lingkungan DIKLATSAR yang Ke XVIII dengan konsep KKN 1x24 jam ialah untuk memasyarakatkan organisasi dan mengorganisasikan masyarakat dan untuk melatih kepekaan sosial calon anggota dalam bidang sosial dan lingkungan.

Sehingga apa yang mereka dapatkan ketika Pengenalan Lingkungan nantinya menjadi bekal untuk memulai suatu gerakan yang dimulai dari Desa mereka masing masing juga untuk mengkrucutkan cita cita GEMPAR untuk membantu indonesia mencerdaskan anak bangsa.

Related Posts:

1 Response to "Gempar UGR KKN Dini di Tiga Kecamatan"

Featured Post

FKIP UGR : Ikuti Seminar Program Kreatifitas Mahasiswa

Kamis, 14 November 2019 Mahasiswa Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Gunung Rinjani ( FKIP UGR) yang terdiri dari dua progr...