Langsung ke konten utama

Gema Sholawatan 2020 di Lokasi Terdampak Gempa Lombok Timur

Lombok Timur, SK - Sambut pergantian tahun, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan sambelia, kabupaten Lombok Timur mengisinya dengan mengadakan acara sholawatan dan tabligh akbar di halaman kantor camat sambelia, Kabupaten Lombok Timur, NTB.

Acara ini sekaligus diawali dengan pembacaan surat yasin bersama jama'ah dihadiri oleh seluruh santri/santriwati utusan TPQ dari masing-masing desa, se-Kecamatan sambelia, Selasa, (31/12/2019)

Bersama tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh perempuan, ibu-ibu PKK, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kecamatan Sambelia, serta seluruh elemen masyarakat lainnya turut hadir pada acara tersebut. Begitu pula kehadiran musik Burdah dari Ikatan Pemuda Nahdlatul Watan (IPNW) Sambelia, semakin menambah meriahnya sambutan malam tahun baru 2020.

Yang mengisi ceramah/tausiyah pada acara Tabligh Akbar malam pergantian tahun adalah  Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Sambelia, Ustadz Muhammad Zaini, S.ag. Zaini mengajak masyarakat untuk berhijrah dari tahun 2019 ke tahun 2020, dengan meningkatkan amal ibadah, tidak meninggalkan sholat lima waktu, lebih-lebih sholat subuh secara berjamaah di masjid.

"Mari kita jaga silaturahmi kita dengan masyarakat. Awasi anak kita ketika bermain gadget karena itu bisa mengganggu ibadah anak," jelasnya.

"Allah tidak akan merubah nasib manusia selama kita sendiri tidak mau merubah nasib kita," tambah Ustadz Zaini yang baru beberapa hari ini diangkat menjadi kepala KUA di Sambelia.


Di malam acara mengawal pergantian tahun ini, camat Sambelia, Drs. Zaitul Akmal, mengajak Santri/santriwati dan juga masyarakat umum untuk berdo'a memohon kepada Allah agar terhindar dari segala bencana.

Pada tahun 2020 ini dia mengajak masyarakat untuk berbenah, evaluasi diri agar apa yang belum tercapai pada tahun 2019 bisa terealisasi pada tahun berikutnya.

"Saya minta maaf jika pada tahun 2019 masih banyak kekurangan dalam memberikan pelayanan pada masyarakat. Mari kita sambut tahun baru dengan perubahan yang jauh lebih baik," harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Danramil Sambelia, Kapten Inf. Syafi'i mengungkapkan rasa bahagianya karena pada acara pertukaran tahun ini, pemerintah Kecamatan Sambelia menyambutnya dengan melaksanakan kegiatan sholawat dan tabligh akbar.

Syafi'i juga berkesempatan mencoba kemampuannya melantunkan ayat suci Al-Qur'an dengan suaranya memantik perhatian jama'ah. Semua Jamaah terpukau mendengar suara merdunya.

Sementara Kapolsek Sambelia, Iptu. Ahmad Yani tidak henti-hentinya menghimbau kepada kelompok pemuda agar tidak menggunakan knalpot racing di kendaraannya. Jika ditemukan ada kendaraan menggunakan knalpot racing, jajarannya langsung mengamankannya ke polsek.

"Mereka yang menggunakan knalpot racing, malam ini sepi, sepi. Seringkali kita ingatkan untuk tidak melakukannya supaya hari-hari yang akan kita laksanakan tidak terganggu oleh hal-hal negatif seperti ini," tegasnya.

Bukan saja knalpot racing, sasaran giat lainnya  juga para penjual minuman keras (miras) jenis tuak dan brem di beberapa tempat. Rumah-rumah warga penjual miras terus disisir, tidak tanggung-tanggung Kapolsek bersama anggotanya terus menggerebek dan menyita miras dari rumah warga.

Tujuannya adalah untuk melakukan pembinaan langsung kepada warga. Karena akibat miras ini banyak ditemukan terjadinya bentrokan antar pemuda terutama ketika ada tontonan hiburan musik (cilokaq) di rumah warga. Jika hal ini terus dibiarkan, maka lambat laun bisa menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat. (Ggar)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kacang Komak Sayuran Populer Warga Lombok

Suela. SK _ Kacang komak merupakan jenis sayur popular masyarakat pedesaan. Kacang-kacangan ini dibudidayakan oleh petani pada musim penghujan hingga dapat dipanen sampai dengan musim kemarau tiba.

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur

Berikut nama desa dan dusun dari 15 desa di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. 1). DESA BAGEK PAPAN    KODE POS : 83654 Dusun Tongtong Suit Dusun Bampak Dusun Bagik Papan 2). DESA TANAK GADANG   KODE POS : 83654 Dusun Temanjor Dusun Temanjor Timur Dusun Tegaron 3). DESA APITAIK    KODE POS : 83654 Dusun Bagek Kedok Daya Dusun Bagek Kedok Lauk Dusun Gubuk Montong Dusun Gubuk Pande Dusun Gubuk Lekok Dusun Gubuk Pernek Dusun Dasan Bagek lauk Dusun Dasan Bagek Daya 4). DESA TEKO    KODE POS : 83654 Dusun Teko Daya Dusun Teko Lauk Dusun Pedangeran Dusun Bagek Anjar 5). DESA KERUMUT    KODE POS : 83654 Dusun Benteng Dusun Kerumut Dusun Toron Dusun Dasan Lendang Dusun Gubuk Daya 6). DESA ANGGARAKSA    KODE POS : 83654 Dusun Mudung Barat Dusun Mudung Timur Dusun Aik Dalem Dusun Sangkar Sukun 7). DESA POHGADING    KODE POS : 83654 Dusun Gubuk Daya Dusun Gubuk Timuk Dusun Gubuk Tengak Dusun Gubuk Lauk Dusun Bubur Gadung Dusun Ded

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur

Daftar nama desa dan dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur 1). DESA AIKMEL    KODE POS : 83653 Dusun Cepak Daya Dusun Batu Belek Dusun Kampung Remaja Dusun Kampung Karya Dasan Beruk Dusun Kampung Karya Barat Cepak Lauk 2). DESA AIKMEL BARAT    KODE POS : 83653 Dusun Banjarsari Dusun Pungkang Daya Dusun Pungkang Lauk Dusun Pungkang Daya Baru Dusun Banjarsari Lauk 3). DESA AIKMEL TIMUR    KODE POS : 83653 Dasan Bagek Timur Dasan Bagek Barat Dusun Cepak Timur 4). DESA AIKMEL UTARA    KODE POS : 83653 Dasan Lian Lauk Dasan Lian Daya Dusun Aik Asak Dusun Karang Petak Dasan Lian Daya Barat 5). DESA AIK PERAPA    KODE POS : 83653 Dusun Aik Perapa Dusun Sempur Daya Dusun Sempur Lauk Dusun Otak Ree 6). DESA TOYA    KODE POS : 83653 Dusun Toya Lauk Dusun Toya Daya Dusun Peneda Dusun Aik Lomak Dusun Daarul Ikhsan Dusun Al-Muttaqin Dusun Pertemuan Dusun Montor Lekong Dusun Kekuang 7). DESA KEMBANG KERANG    KODE POS : 83653