Tercepat! Delapan Desa di Lombok Timur Terima DD 40%

Buku rekening Desa Aikmel Barat Kecamatan Aikmel  yang sudah dicairkan
Lombok timur.SK_ Anggaran Dana Desa (DD) yang ditransfer Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) sering menumpuk atau mengendap di Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) kabupaten.

Untuk itu kebijakan pemerintah pusat berhajat memangkas birokrasi dan mencegah terjadinya penumpukan anggaran DD di kabupaten, mulai 2020 Kemenkeu langsung mentransfer DD ke Rekening Desa.

Dari proses yang telah berlangsung. Pihak desa telah melaksanakan persyaratan sesuai kebutuhan pencairan dana desa 40%.

Dari 239 desa yang ada di Kabupaten Lombok Timur, ada delapan desa yang telah menerima DD tahap pertama 40%. Desa tersebut diantaranya Desa Aikmel, Aikmel Barat, Aikmel Timur, Keroya, Kalijaga Tengah, Bagik Nyaka Santri, Toya, dan Lenek Daya.

Menurut keterangan Pendamping Desa Kecamatan Aikmel Hasan SH menjelaskan bahwa DD tahap pertama cair dari tujuh desa berada di Kecamatan Aikmel, satu desa di Kecamatan Lenek.

"sesuai dengan hasil pendampingan kita di lapangan, pihak desa terus kita kawal untuk menyelesaikan persyaratan mendapatkan DD 40%, dan desa lain sedang kita kawal untuk menyelesaikan kekuarangan APBDES 2020" jelas Hasan saat dikonfirmasi Selasa 25/2/2020.


Sementara bagi desa yang lain sedang mengurus persyaratan untuk mendapatkan DD 40%. Untuk mempercepat anggaran itu, Hasan menyarankan pihak desa untuk selesaikan APBDES dan mengirim file PDF ke pihak Dinas PMD Kabupaten, selanjutnya pihak DPMD mengirimkan ke Pusat.

Related Posts:

1 Response to "Tercepat! Delapan Desa di Lombok Timur Terima DD 40%"

Featured Post

Pasar Pringgabaya Jadi Pasar Percontohan di Lotim

Lombok Timur SK. 4/7/2020 Pemerintah Lombok Timur memprogramkan pasar percontohan dalam upaya menyongsong Era Covid-19 Kenormalan Baru (ba...