Kades Sugian Klarifikasi Pustu Sarang Hantu


Lombok Timur, SK - Kepala Desa Sugian, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, Lalu Mustiadi klarifikasi pemberitaan media Komunitas Speaker Kampung yang dirilis pada, 29 Maret 2020, tentang Pustu Sugian Sarang Hantu.

Berita itu dibagikan ke WAG Kecamatan Sambelia, kemudian Kades Sugian (Lalu Mustiadi-red) langsung memberikan klarifikasi kenapa Pustu yang berada di desanya tidak difungsikan sebagaimana layaknya Pustu lain.

"Saudaraku teman-teman Speaker Kampung, saya mau klarifikasi kalau Pustu itu dibangun kurang lebih Enam tahun Silam," katanya.

Lalu Mustiadi kembali menjelaskan, pemerintah daerah pada saat itu katanya sebelum mulai pembangunan tidak mempertimbangkan sarana air bersih. Aliran tenaga listrik yang akan dijadikan lampu penerang di tempat itu juga menjadi pertimbangan pemdes sehingga pustu tersebut hingga kini tidak difungsikan.

Kemudian lanjut Mustiadi, petugas kesehatan yang akan ditempatkan di pustu itu dikhawatirkan tidak akan berani karena lokasinya sepi dan cukup jauh dari pemukiman warga. Di belakang dan samping kiri-kanan terdapat ladang jagung. Memang Pustu itu tepat di pinggir  jalan raya namun, di sebelah utaranya jalan raya itu adalah HKM tempat warga menanam jagung musiman.

Setelah Pustu itu lama tidak difungsikan, jarak beberapa tahun kemudian, ada warga yang mulai bangun rumah namun masih jauh dari tempat itu. Tapi, pemerintah sudah membangun Pustu pengganti yang dekat dari pemukiman warga sehingga mudah terjangkau.

Yang membangun Pustu itu tambah Mustiadi, dari dinas kesehatan Kabupaten Lombok Timur, sedangkan pemerintah desa kala itu hanya menyiapkan lahan saja.

Tokoh masyarakat desa setempat, Suhirman, S.sos lewat WAG kecamatan menjelaskankan, gedung Pustu itu dibangun dua belas tahun lalu tepatnya tahun 2008.

"Tapi dari awal bangun (Pustu) ini sudah salah karena tidak ada sosialisasi sebelumnya," terang Suhirman.

Sebelum mulai membangun pustu ini tambah nya lagi, sosialisasi dengan melibatkan tokoh dan unsur masyarakat tidak pernah dilakukan sehingga kesannya asal bisa dibangun. (Ggar)

Related Posts:

0 Response to "Kades Sugian Klarifikasi Pustu Sarang Hantu"

Posting Komentar

Featured Post

Desa Selaparang dan Mekar Sari Dapat Bantuan Air Bersih

  Lotim. SK_Setelah sebelumnya Gema Selaparang melakukan aksi sosial di Desa Perigi, kini giliran Desa Mekar Sari dan Desa Selaparang Kecama...