Langsung ke konten utama

Lomba Desa 2020, Desa Bagik Manis Berinovasi

Lombok Timur, SK - Acara Lomba desa tingkat Kabupaten Lombok Timur yang digelar di aula kantor Desa Bagik Manis, Kecamatan Sambelia, memaparkan beberapa indikator penilaian oleh ketua tim juri Baiq Miftahul Wasli sekaligus Kadis Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lombok Timur, Selasa (10/3/2020).

Menurutnya, ada tiga komponen penilaian yang akan dilakukan pada lomba desa kali ini, antaranya adalah bagaimana upaya pemdes menjalankan roda pemerintahannya. Berkontribusi memajukan desa dengan memanfaatkan teknologi informasi, serta upaya mempertahankan budaya lokal.

Kemudian upaya lain yang penting pemdes  lakukan adalah mengembangkan inovasi yang ada di desa untuk kepentingan masyarakat desa itu sendiri. Selanjutnya, dalam hal pemberdayaan masyarakat. Sejauh mana pemdes memanfaatkan seluruh potensi serta  lembaga desa yang berada dibawah naungan pemdes.

"Merubah status desa menjadi desa maju adalah sebuah nilai plus. Sejauh mana pemdes melaksanakan tiga indikator tersebut," jelas Wasli di depan peserta.

Desa Bagik Manis dengan luas wilayah 14,45 M2 ini memiliki beragam produk unggulan. Produk unggulan itu seperti usaha kreatif ibu-ibu PKK membuat jajanan dari daun bayam diolah menjadi keripik. Usaha lainnya adalah membuat rengginang dari ketan.

Selain itu, usaha lain yang mereka tonjolkan dalam lomba desa ini adalah teknis pengolahan sampah menjadi pupuk organik. Ada juga produk unggulan pemudanya yang sudah ekspor keluar negeri seperti Eropa adalah batok kelapa yang dibuat dari bahan baku tempurung kelapa dan juga anyaman sendok dan garpu dari kayu lokal pilihan.

"Sudah lama usaha batok kelapa dan garpu ini kami geluti sekitar satu tahun. Hasil kerajinan kami ini sudah dikirim ke Eropa," kata Sopian Akbar, perintis usaha batok kelapa asal Dasan Bagik Dalam, Desa Bagik Manis, Sambelia.

Usaha mikro yang dilakukan oleh kelompok pemuda Desa Bagik Manis ini mendapat dukungan dari pemerintah desa. Hal ini dibuktikan dengan dijadikan ketiga usaha tersebut sebagai produk unggulan desa dan dipamerkan pada acara lomba desa kali ini.

Lebih jauh, Kades Bagik Manis, Abdurrahman dalam persentasenya di depan tim juri memaparkan banyak hal yang sudah dilaksanakan selama kepemimpinannya. Seperti budaya gotong royong bersama perangkat dan pemuda desanya pada setiap hari Jum'at. Membersihkan lingkungan, penanaman pohon di pinggir jalan. Abdurrahman mengedukasi warganya agar senantiasa menanamkan budaya hidup bersih dan sehat dengan cara tidak membuang kotoran atau sampah sembarangan.

"Saya memiliki komitmen yang cukup besar dalam pelestarian lingkungan, melibatkan pemuda sebagai ujung tombak pembangunan desa berkelanjutan," terangnya.

Hal lain yang mungkin bisa menjadi daya tarik tim juri dalam acara lomba desa ini kata Abdurrahman adalah, keterbukaan dalam penggunaan Dana Desa (DD).

 "Tidak ada yang kami tutupi dalam hal penggunaan DD serta hal-hal lainnya yang menyangkut anggaran," jelas Abdurrahman. (Ggar)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kacang Komak Sayuran Populer Warga Lombok

Suela. SK _ Kacang komak merupakan jenis sayur popular masyarakat pedesaan. Kacang-kacangan ini dibudidayakan oleh petani pada musim penghujan hingga dapat dipanen sampai dengan musim kemarau tiba.

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur

Berikut nama desa dan dusun dari 15 desa di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. 1). DESA BAGEK PAPAN    KODE POS : 83654 Dusun Tongtong Suit Dusun Bampak Dusun Bagik Papan 2). DESA TANAK GADANG   KODE POS : 83654 Dusun Temanjor Dusun Temanjor Timur Dusun Tegaron 3). DESA APITAIK    KODE POS : 83654 Dusun Bagek Kedok Daya Dusun Bagek Kedok Lauk Dusun Gubuk Montong Dusun Gubuk Pande Dusun Gubuk Lekok Dusun Gubuk Pernek Dusun Dasan Bagek lauk Dusun Dasan Bagek Daya 4). DESA TEKO    KODE POS : 83654 Dusun Teko Daya Dusun Teko Lauk Dusun Pedangeran Dusun Bagek Anjar 5). DESA KERUMUT    KODE POS : 83654 Dusun Benteng Dusun Kerumut Dusun Toron Dusun Dasan Lendang Dusun Gubuk Daya 6). DESA ANGGARAKSA    KODE POS : 83654 Dusun Mudung Barat Dusun Mudung Timur Dusun Aik Dalem Dusun Sangkar Sukun 7). DESA POHGADING    KODE POS : 83654 Dusun Gubuk Daya Dusun Gubuk Timuk Dusun Gubuk Tengak Dusun Gubuk Lauk Dusun Bubur Gadung Dusun Ded

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur

Daftar nama desa dan dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur 1). DESA AIKMEL    KODE POS : 83653 Dusun Cepak Daya Dusun Batu Belek Dusun Kampung Remaja Dusun Kampung Karya Dasan Beruk Dusun Kampung Karya Barat Cepak Lauk 2). DESA AIKMEL BARAT    KODE POS : 83653 Dusun Banjarsari Dusun Pungkang Daya Dusun Pungkang Lauk Dusun Pungkang Daya Baru Dusun Banjarsari Lauk 3). DESA AIKMEL TIMUR    KODE POS : 83653 Dasan Bagek Timur Dasan Bagek Barat Dusun Cepak Timur 4). DESA AIKMEL UTARA    KODE POS : 83653 Dasan Lian Lauk Dasan Lian Daya Dusun Aik Asak Dusun Karang Petak Dasan Lian Daya Barat 5). DESA AIK PERAPA    KODE POS : 83653 Dusun Aik Perapa Dusun Sempur Daya Dusun Sempur Lauk Dusun Otak Ree 6). DESA TOYA    KODE POS : 83653 Dusun Toya Lauk Dusun Toya Daya Dusun Peneda Dusun Aik Lomak Dusun Daarul Ikhsan Dusun Al-Muttaqin Dusun Pertemuan Dusun Montor Lekong Dusun Kekuang 7). DESA KEMBANG KERANG    KODE POS : 83653