Tak Anggap Remeh, Desa Anjani Lakukan Ini Demi Lindungi Warga



 Isu international tentang Pandemi Covid-19 tidak bisa di anggap  remeh, penyebaran yang cepat juga memicu kepanikan bagi warga masyarakat yang ada di setiap tempat, sehingga pemutusan rantai penyebaran  harus menjadi prioritas kerja semua stake holder baik di tingkat pusat maupun tingkat desa.

Dari kasus ini, disetiap daerah yang ada di indoesia sudah mengeluarkan himbuauan untuk menutup tempat tempat umum atau keramaian, yang nantinya akan  memicu penyebaran.

Bahkan dalam hal ini,  desa sudah di himbau untuk membuat Satgas Pencegahan Covid-19 untuk megantisipasi  meluasnya  korban , berangkat dari itu, setiap desa dan kelurahan yang ada di indonesia khsususnya di Lombok Timur sudah mulai melakukan gerakan.

Tidak terkecuali di Desa Anjani  Kecamatan Surlaga  yang terdiri dari 11.416 jiwa dengan 3.544 kk  juga telah membentuk satgas siaga covid-19 yang langsung dikomandoi oleh kepala desa  anjan H. M. Zulkarnain yang  turun kesetiap pelosok pemukiman warga untuk melakukan penyemprotan dan memberikan edukasi terhadap masyarakat tentang bagaiamana pencegahan pandemi ini.

Tentu gerakan yang dilakukan oleh pemerintah desa tidak bisa dilakukan  sendiri mengingat desa anjani terdiri dari delapan kekadusan yang luas wilayahnya 423,150 ha/m², sehingga pemerintah desa  mengupayakan gerakan sterilisasi dusun dari covid-19 dilakukan secara partisipatif dengan melibatkan  Kepala Dusun, Karang Taruna, BPD, LKMD, LSD  dan semua Pengurus Organisasi tingkat RT maupun tingkat dusun yang ada di Desa Anjani.

Aksi sterilisasi yang dimulai dari tanggal 26 Maret 2020 yang di awali dengan penyemprotan disinfektan di tempat tempat  umum seperti Kantor Desa, Musalla, Pasar,  Masjid dan  dilanjutkan dengan penyemprotan kesetiap rumah warga.  Tentunya aksi ini  mendapat apresiasi dari masyarakat atas kesigapan  pemerintah desa dalam menyikapi permasalahan ini.

Kepala Desa Anjani H.M Zulkarnain mengungkapkan “ aksi pencegahan  melalui penyemprotan disinfektan dan sosialisasi tentang pencegahan akan rutin dilaksanakan. bukan hanya itu,  kedepan  pemerintah desa akan membuat tempat cuci tangan  pada tempat tempat strategis di setiap pelosok Desa Anjani dalam upaya menjaga kebersihan untuk meminimalisir peenyebaran Covid-19 atau yang biasa disebut virus corona.

Dari itu, lanjutnya “ kami sangat mengharapkan bantuan dari semua masyarakat yang ada di desa anjani untuk kita sama sama menjaga diri dan lingkungan dengan belajar pola hidupbersih dan  sehat yang  setidaknya bisa menjadi cara untuk melindungi diri dan keluarga dari keganasan virus ini. 

Related Posts:

0 Response to "Tak Anggap Remeh, Desa Anjani Lakukan Ini Demi Lindungi Warga"

Posting Komentar

Featured Post

11 Orang Keluarga Bayi Positif Covid-19 Aikmel Dinyatakan Non Reaktif

Aikmel.SK _Kabar gembira, 11 Orang  termasuk kedua orang tua dan keluarga bayi postif Covid-19 Desa Aikmel Timur Kecamatan Aikmel Kabupate...