Langsung ke konten utama

Kaspus Belanting Klarifikasi Isu Warga Positif Corona


Lombok Timur, SK- Kepala Puskesmas Belanting Mansur, S,Kep. SKM, klarifikasi isu yang beredar di media sosial yang mengatakan, ada satu warga Belanting, Kecamatan Sambelia, positif Covid-19.

Isu yang beredar tersebut dibantah langsung oleh Mansur, dengan mengirim rekaman rilis video klasifikasinya ke tim gugus tugas Covid-19 kecamatan Sambelia, dan juga ke media Speaker Kampung, sekira pukul 18.59 WITA, Jumat, (17/4/2020).

Tujuannya adalah supaya masyarakat tidak termakan isu yang belum jelas sehingga warga yang diduga positif itu tidak dikucilkan oleh masyarakat. Warga yang dianggap positif itu, statusnya Pasien Dalam Pemantauan (PDP) pada sore hari (17/4) dirujuk ke rumah karantina Labuhan Lombok oleh tim medis.

Pasien Dalam Pemantauan (PDP) yang dimaksud adalah inisial R, Laki-laki (18 tahun) asal Desa Belanting, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur. Riwayat bepergian pernah ke Sulawesi, pulang pada 23 Maret 2020.

"Setelah dilakukan pemeriksaan hasilnya masih reaktif karena ada antibodi di dalam tubuh. Ketika ada antibodi di dalam tubuh sudah pasti ada virus tapi belum tentu itu Virus Corona Bisa saja itu virus yang lain," jelas Mansur dalam rilis video yang dikirim ke jurnalis Speaker Kampung.

Untuk memastikan jika pasien terjangkit Covid-19 menurut Mansur, pasien tersebut harus melalui pemeriksaan VCR. Untuk mengantisipasi informasi yang belum jelas, Mansur memohon kepada masyarakat Belanting dan sekitarnya atau pengguna media sosial dimanapun berada supaya bertanya langsung ke Puskesmas atau petugas medis setempat.

Mansur mohon kepada masyarakat supaya tidak cepat menyebarkan isu yang tidak benar agar tidak menimbulkan persepsi negatif. "Silahkan hubungi kami bagaimana sesungguhnya pasien tersebut," pintanya.

Hasil screening TGC Covid-19 wilayah kerja Puskesmas Belanting sampai dengan tanggal 18 April 2020 dikirim oleh Kapus Sambelia menunjukkan, jumlah Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala (PPTG) 129 orang. Dalam Pemantauan 73 orang, selesai pemantauan 56 orang.

Kemudian Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 9 orang, selesai pemantauan 15 orang. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) untuk sementara hanya satu orang, sudah di rujuk ke rusunawa untuk dilakukan pemantauan oleh tim medis dan dikarantina selama 14 hari kedepan. (Ggar)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kacang Komak Sayuran Populer Warga Lombok

Suela. SK _ Kacang komak merupakan jenis sayur popular masyarakat pedesaan. Kacang-kacangan ini dibudidayakan oleh petani pada musim penghujan hingga dapat dipanen sampai dengan musim kemarau tiba.

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur

Berikut nama desa dan dusun dari 15 desa di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. 1). DESA BAGEK PAPAN    KODE POS : 83654 Dusun Tongtong Suit Dusun Bampak Dusun Bagik Papan 2). DESA TANAK GADANG   KODE POS : 83654 Dusun Temanjor Dusun Temanjor Timur Dusun Tegaron 3). DESA APITAIK    KODE POS : 83654 Dusun Bagek Kedok Daya Dusun Bagek Kedok Lauk Dusun Gubuk Montong Dusun Gubuk Pande Dusun Gubuk Lekok Dusun Gubuk Pernek Dusun Dasan Bagek lauk Dusun Dasan Bagek Daya 4). DESA TEKO    KODE POS : 83654 Dusun Teko Daya Dusun Teko Lauk Dusun Pedangeran Dusun Bagek Anjar 5). DESA KERUMUT    KODE POS : 83654 Dusun Benteng Dusun Kerumut Dusun Toron Dusun Dasan Lendang Dusun Gubuk Daya 6). DESA ANGGARAKSA    KODE POS : 83654 Dusun Mudung Barat Dusun Mudung Timur Dusun Aik Dalem Dusun Sangkar Sukun 7). DESA POHGADING    KODE POS : 83654 Dusun Gubuk Daya Dusun Gubuk Timuk Dusun Gubuk Tengak Dusun Gubuk Lauk Dusun Bubur Gadung Dusun Ded

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur

Daftar nama desa dan dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur 1). DESA AIKMEL    KODE POS : 83653 Dusun Cepak Daya Dusun Batu Belek Dusun Kampung Remaja Dusun Kampung Karya Dasan Beruk Dusun Kampung Karya Barat Cepak Lauk 2). DESA AIKMEL BARAT    KODE POS : 83653 Dusun Banjarsari Dusun Pungkang Daya Dusun Pungkang Lauk Dusun Pungkang Daya Baru Dusun Banjarsari Lauk 3). DESA AIKMEL TIMUR    KODE POS : 83653 Dasan Bagek Timur Dasan Bagek Barat Dusun Cepak Timur 4). DESA AIKMEL UTARA    KODE POS : 83653 Dasan Lian Lauk Dasan Lian Daya Dusun Aik Asak Dusun Karang Petak Dasan Lian Daya Barat 5). DESA AIK PERAPA    KODE POS : 83653 Dusun Aik Perapa Dusun Sempur Daya Dusun Sempur Lauk Dusun Otak Ree 6). DESA TOYA    KODE POS : 83653 Dusun Toya Lauk Dusun Toya Daya Dusun Peneda Dusun Aik Lomak Dusun Daarul Ikhsan Dusun Al-Muttaqin Dusun Pertemuan Dusun Montor Lekong Dusun Kekuang 7). DESA KEMBANG KERANG    KODE POS : 83653