Langsung ke konten utama

Masyarakat Lingkar Tambang Pohgading, Izinkan Tambang Besi PT.AMG Beroprasi Bersyarat

Pringgabaya SK- polemik penolakan tambang pasir besi yang dilakukan oleh Masyarakat Lingkar Tambang akhirnya menuai titik temu, pasalnya dalam audiensi yang berlangsung bersama Pemerintah Desa, Masyarakat Lingkar Tambang dengan PT. AMG, diizinkan dengan Bersyarat. Selasa 28/04/2020.

Audiensi yang dilakukan oleh Masyarakat Lingkar Tambang desa Pohgading dan PT AMG di kantor desa itu, dihadiri oleh perwakilan masyarakat, Pemerintah Desa, Manager PT. AMG beserta Kepolisian Sektor Pringgabaya sebagai lembaga pihak ketiga yang memediasi.

Hal ini dibenarkan oleh PLT Kepala Desa Muhasan. "Memang benar hari ini ada Audiensi antara Masyarakat Lingkar Tambang, Pemerintah Desa Dan  PT. AMG" ungkapnya, saat di konfirmasi Via Whatapp.

Pada kesempatan itu masyarakat lingkar tambang telah memberikan izin kepada PT. AMG untuk melakukan  pengangkutan pasir, akan tetapi PT AMG harus memenuhi syarat-syarat yang sudah diajukan oleh pihak masyarakat, dan akan dibuatkan akta notaris sebagai bentuk kesepakatan atau hitam di atas putih agar tidak terjadi masalah dikemudian hari.

" Masyarakat memberikan izin pengangkutan pasir, tetapi harus memenuhi syarat yang harus di setujui, dan di tuangkan dalam akta notaris"  kata Muhasan.

Dikesempatan yang sama, perwakilan masyarakat lingkar tambang, khususnya desa Dedalpak Menyampaikan hasil kesepakatan musyawarah masyarakat Dedalpak.

Hasil kesepakatan musyawarah tersebut mengenai kesejahteraan masyarakat, juga soal kemanan dan peluang kerja warga Dedalpak

"PT. AMG harus menjelaskan batas penambangan, sistem reklamasi, memprioritaskan masyarakat untuk bekerja, membuat posko keamanan, jaminan kesehatan, kontribusi untuk Dedalpak per KK, santunan untuk lembaga Dedalpak, penanggulangan anak yatim dan jompo.  Kesepakatan masyarakat harus di tanda tangani di Notaris". Ujar Usen perwakilan masyarakat Dedalpak.

Di kesempatan itu PT. AMG juga merespon baik apa yang diajukan oleh masyarakat lingkar tambang.

Dalam kesempatan diskusi pihak PT AMG menjelaskan secara rinci apa saja yang sudah di siapkan oleh PT AMG kepada Masyarakat Lingkar Tambang tersebut.

Manager PT. AMG Adam Rinus mengatakan pihaknya akan  memprioritaskan masyarakat lingkar tambang untuk bekerja di perusahaan tambang besi tersebut dan merespon apa yang diajukan.

"Kita akan prioritas warga lingkar tambang, ayo yang punya mobil angkutan ikut bekerja mengangkut material", katanya

Pihak nya juga akan memberikan kontribusi kepada warga lingkar tambang, retribusi ke Desa, fasilitas-fasilitas umum serta merekrut pekerja dari masyarakat lingkar tambang.

Kita akan memberikan dana kepada Pemerintah desa Senilai 30 juta rupiah, untuk masjid, 10 juta, kemudian untuk setiap dusun 10juta, setiap musholla yang ada di tiap dusun 2 juta. Serta merekrut pegawai dari setiap dusun masing-masing dua orang, tutupnya. (Rian)

Komentar

Unknown mengatakan…
Barisan yg rapi mnjadi krumunan,,,
Anonim mengatakan…
Aduh...

Postingan populer dari blog ini

Kacang Komak Sayuran Populer Warga Lombok

Suela. SK _ Kacang komak merupakan jenis sayur popular masyarakat pedesaan. Kacang-kacangan ini dibudidayakan oleh petani pada musim penghujan hingga dapat dipanen sampai dengan musim kemarau tiba.

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur

Berikut nama desa dan dusun dari 15 desa di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. 1). DESA BAGEK PAPAN    KODE POS : 83654 Dusun Tongtong Suit Dusun Bampak Dusun Bagik Papan 2). DESA TANAK GADANG   KODE POS : 83654 Dusun Temanjor Dusun Temanjor Timur Dusun Tegaron 3). DESA APITAIK    KODE POS : 83654 Dusun Bagek Kedok Daya Dusun Bagek Kedok Lauk Dusun Gubuk Montong Dusun Gubuk Pande Dusun Gubuk Lekok Dusun Gubuk Pernek Dusun Dasan Bagek lauk Dusun Dasan Bagek Daya 4). DESA TEKO    KODE POS : 83654 Dusun Teko Daya Dusun Teko Lauk Dusun Pedangeran Dusun Bagek Anjar 5). DESA KERUMUT    KODE POS : 83654 Dusun Benteng Dusun Kerumut Dusun Toron Dusun Dasan Lendang Dusun Gubuk Daya 6). DESA ANGGARAKSA    KODE POS : 83654 Dusun Mudung Barat Dusun Mudung Timur Dusun Aik Dalem Dusun Sangkar Sukun 7). DESA POHGADING    KODE POS : 83654 Dusun Gubuk Daya Dusun Gubuk Timuk Dusun Gubuk Tengak Dusun Gubuk Lauk Dusun Bubur Gadung Dusun Ded

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur

Daftar nama desa dan dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur 1). DESA AIKMEL    KODE POS : 83653 Dusun Cepak Daya Dusun Batu Belek Dusun Kampung Remaja Dusun Kampung Karya Dasan Beruk Dusun Kampung Karya Barat Cepak Lauk 2). DESA AIKMEL BARAT    KODE POS : 83653 Dusun Banjarsari Dusun Pungkang Daya Dusun Pungkang Lauk Dusun Pungkang Daya Baru Dusun Banjarsari Lauk 3). DESA AIKMEL TIMUR    KODE POS : 83653 Dasan Bagek Timur Dasan Bagek Barat Dusun Cepak Timur 4). DESA AIKMEL UTARA    KODE POS : 83653 Dasan Lian Lauk Dasan Lian Daya Dusun Aik Asak Dusun Karang Petak Dasan Lian Daya Barat 5). DESA AIK PERAPA    KODE POS : 83653 Dusun Aik Perapa Dusun Sempur Daya Dusun Sempur Lauk Dusun Otak Ree 6). DESA TOYA    KODE POS : 83653 Dusun Toya Lauk Dusun Toya Daya Dusun Peneda Dusun Aik Lomak Dusun Daarul Ikhsan Dusun Al-Muttaqin Dusun Pertemuan Dusun Montor Lekong Dusun Kekuang 7). DESA KEMBANG KERANG    KODE POS : 83653