Langsung ke konten utama

Pembuatan Masker Melalui Skema Padat Karya Tunai

Sambelia. SK_Bencana non alam yaitu merebaknya suatu virus yang telah cukup mengganggu kehidupan sosial ekonomi masyarakat yang tidak terkecuali juga berimbas pada masyarakat pedesaaan. Bencana non alam tersebut bernama Covid 19 yang singkatan dari Corona Virus Disaese 2019. Merupakan suatu virus yang dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya, kareana langsung menyerang system pernapasan manusia. Kasus Covid 19 pertama ditemukan di Kota Wuhan, China pada tahun 2019, dan menyebar ke seluruh negara tidak terkecuali Indonesia. Saat ini wilayah pedesaan juga tidak luput menjadi sasaran amukan Covid-19.

Sejak diberlakukannya bencana nasional per tanggal 13 April 2020 dan diikuti oleh Surat Edaran Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi  nomor 8 tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai. Dalam Surat edaran tersebut menegaskan bahwa Pemerintah Desa harus menganggarkan dana desa untuk pencegahan Covid-19  selain itu juga program Padat Karya Tunai Desa harus tetap berjalan karena akan membantu mendongkrak daya beli masyarakat miskin ditengah pandemic Covid-19.

Melihat kondisi tersebut Pemerintah Desa Sugian bersama dengan pendamping desa berembug untuk dapat mengakomodir 2 (dua) hal tersebut, maka salah satu kegiatan yang dapat menyentuh kedua hal sesuai dengan Surat Edaran Menteri Desa adalah dengan memproduksi masker handmade  yang diproduksi oleh ibu-ibu penjahit yang ada di Desa Sugian. Menurut Ketua PKK Desa Sugian Rosmawati,S.Pd “Selain untuk mencegah masuknya Virus Corona, dapat menambah penghasilan ibu-ibu”, Rata-rat produksi ibu-ibu sampai 50 masker perhari, pungkasnya. Senada yang disampaikan oleh Ibu Ketua PKK Desa Sugian, salah seorang penjahit Maisum (26 th) menyampaikan “sangat bersyukur kami dilibatkan dalam pembuatan masker ini, karena selain membantu desa mencegah corona tapi bisa dapat penghasilan tambahan dari desa”. 

Untuk diketahui penjahit yang terlibat dalam pembuatan masker sebanyak 10 (sepuluh) penjahit yang tersebar di berbagai dusun yang ada di Desa Sugian. Kepala Desa Sugian Lalu Mustiadi (48) menyambut baik kegiatan ini dan berharap semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat baik pola Padat Karya Tunai Desa maupun dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di Desa Sugian Khususnya dan Kecamatan Sambelia umumnya.

Padat Karya Tunai Desa (PKTD) merupakan salah satu program unggulan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Program ini menjadi solusi instan bagi desa yang memiliki RTM (Rumah Tangga Miskin) yang relative banyak, yang dimana PKTD harus mengacu pada ketentuan HOK (Hari Orang Kerja) mninimal 30% dari total RAB, dan yang menarik adalah tenaga-tenaga yang mengisi pekerjaan haruslah berasal dari masyarakat miskin yang bertempat tinggal di desa tersebut. 

Sehingga secara cepat dapat mendongkrak daya beli masyarakat, apalagi disaat pandemic Covid-19 tengah mewabah maka tidak hanya social yang terganggu namun juga mempengaruhi kesetabilan ekonomi masyarakat. Jadi, sangat tepat jika Program Padat Karya Tunai Desa ini dijalankan sesuai ketentuan yang berlaku.

Padak guar,  24 April 2020.
Oleh : I Gusti N. Aryawan A / Pendamping Desa Kec. Sambelia



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kacang Komak Sayuran Populer Warga Lombok

Suela. SK _ Kacang komak merupakan jenis sayur popular masyarakat pedesaan. Kacang-kacangan ini dibudidayakan oleh petani pada musim penghujan hingga dapat dipanen sampai dengan musim kemarau tiba.

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur

Berikut nama desa dan dusun dari 15 desa di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. 1). DESA BAGEK PAPAN    KODE POS : 83654 Dusun Tongtong Suit Dusun Bampak Dusun Bagik Papan 2). DESA TANAK GADANG   KODE POS : 83654 Dusun Temanjor Dusun Temanjor Timur Dusun Tegaron 3). DESA APITAIK    KODE POS : 83654 Dusun Bagek Kedok Daya Dusun Bagek Kedok Lauk Dusun Gubuk Montong Dusun Gubuk Pande Dusun Gubuk Lekok Dusun Gubuk Pernek Dusun Dasan Bagek lauk Dusun Dasan Bagek Daya 4). DESA TEKO    KODE POS : 83654 Dusun Teko Daya Dusun Teko Lauk Dusun Pedangeran Dusun Bagek Anjar 5). DESA KERUMUT    KODE POS : 83654 Dusun Benteng Dusun Kerumut Dusun Toron Dusun Dasan Lendang Dusun Gubuk Daya 6). DESA ANGGARAKSA    KODE POS : 83654 Dusun Mudung Barat Dusun Mudung Timur Dusun Aik Dalem Dusun Sangkar Sukun 7). DESA POHGADING    KODE POS : 83654 Dusun Gubuk Daya Dusun Gubuk Timuk Dusun Gubuk Tengak Dusun Gubuk Lauk Dusun Bubur Gadung Dusun Ded

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur

Daftar nama desa dan dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur 1). DESA AIKMEL    KODE POS : 83653 Dusun Cepak Daya Dusun Batu Belek Dusun Kampung Remaja Dusun Kampung Karya Dasan Beruk Dusun Kampung Karya Barat Cepak Lauk 2). DESA AIKMEL BARAT    KODE POS : 83653 Dusun Banjarsari Dusun Pungkang Daya Dusun Pungkang Lauk Dusun Pungkang Daya Baru Dusun Banjarsari Lauk 3). DESA AIKMEL TIMUR    KODE POS : 83653 Dasan Bagek Timur Dasan Bagek Barat Dusun Cepak Timur 4). DESA AIKMEL UTARA    KODE POS : 83653 Dasan Lian Lauk Dasan Lian Daya Dusun Aik Asak Dusun Karang Petak Dasan Lian Daya Barat 5). DESA AIK PERAPA    KODE POS : 83653 Dusun Aik Perapa Dusun Sempur Daya Dusun Sempur Lauk Dusun Otak Ree 6). DESA TOYA    KODE POS : 83653 Dusun Toya Lauk Dusun Toya Daya Dusun Peneda Dusun Aik Lomak Dusun Daarul Ikhsan Dusun Al-Muttaqin Dusun Pertemuan Dusun Montor Lekong Dusun Kekuang 7). DESA KEMBANG KERANG    KODE POS : 83653