Desa Aikmel Timur Tetapkan Anggaran Perubahan Untuk Penanganan Covid-19

Aikmel. SK_Pemerintah Desa Aikmel timur menggelar Musrembangdes  RKPDes dan APBDes Prubahan yang, bertempat di kantor desa Aikmel timur.Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur pada Jum'at Malam,08/05/2020.

Sesuai Himbauan dari Kementrian Desa dan  Pembangunan Daerah Tertinggal  dan Transimigrasi bahwasanya  seluruh desa di indonesia untuk melakukan Prubahan RKPDes dan APBDes Yang di Pokuskan penanganan Terjadinya musibah Non alam ini yaitu Virus Corona ( COVID -19) dan di Kecamatan Aikmel sedang Menggelar Musrembangdes di masing-masing desa Mulai tanggal 4 mei-9 Mei 2020 yang di jadwalkan Secara Serentak.

Kepada desa Aikmel timur Rasidi mengatakan "Anggaran yang telah kita habiskan sampai Bulan April ini untuk penanganan Covid -19 ini kurang lebih Rp.53.000.000.00 Desa Aikmel timur untuk anggaran Penangan Covid-19 dan ini kemungkinan akan bertambah jika wabah virus Corona ini masih ada"jelasnya

Adapun Pos Penggunaan Anggaran tersebut di pruntukan pengadaan Sarana dan Prasarana, Pembelian Obat  Penyemprotan Disinfektan,Pengadaan APD untuk masyarakat Berupa Masker,Pembuatan Tempat Cuci tangan Yang di taruh di masing-masing Gank dll.

Susuai  Peraturan Menteri Desa PPDT No. 6 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Desa, PPDT No. 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020.Dimana anggaran salah satunya digunakan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi warga terdampak Covid-19.

Peraturannya desa yang memiliki DD kurang dari 800juta alokasi BLT-DD sebesar 25% ,desa yang DD nya antara 800juta-1,2 Milyar sebesar 30% ,serta desa dengan DD lebih dari 1,2 M sebesar 35%.

Peraturan ini yang menjadi dasar hukum  Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD di lakukan, dimana di desa Aikmel timur akan menyalurkan BLT
DD kurang lebih Rp.448.200.000 untuk 249 Penerima Manfaat.

Azwar sebagai Fasilitator di kec.Aikme "Ada beberapa desa yang mampu menyalurkan BLT.DD yang menggunakan Dana Desa Tahap 1 untuk kecamatan.Aikmel di antaranya DesaToya, Desa Kembang Kerang, Desa Kembang Kerang Daya, Desa Kalijaga, Desa Kalijaga Timur dan Satu di Kec.Lenek yaitu Lenek Lauk"Katanya.

dengan adanya Peraturan tersebut terkait dengan pengguaan dana desa Maka pemerintah desa mau tidak mau harus pelakukan prubahan-prubaham terkait dengan program-program RKPDes dan APBDes tahun anggaran 2020 yang di tetapkan pada akhir Tahun 2019 lalu.

Ada 23 item  kegiatan-kegiatan dan program akan mengalami penundaan dan penghapusan di dalam RKPDes dan APBDes serta ada juga kegiatan dan program yang di tambah dan di kurangi porsi anggrannya di antaranya di bidang Pembanguan Desa, bidang Pemberdayaan kemasyaraktan dan Bidang Pemberdayaan.


Zukkifli.S.Sos Sekdes Desa Aikmel timur"Penundaan beberapa item kegiatan yang sudah terencana pada APBDes awal dan anggarannya dialokasikan kepada penanganan kegiatan pencegahan covid-19 serta penyediaan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi masyarakat terdampak covid-19"ujarnnyaa

Adapaun yang hadir dalam kegitan musrembangdes kali ini di antaranya adalah Kepada Desa Aikmel timur beserta Perangkat dan lembaga yang ada di desa sperti Ketua BPD beserta angggota,Ketua LPM,Ketua Karang Taruna,Toga,Toma dan perwakilan dari prempuan serta di hadiri dari Kasi DPMD kecamatan Aikmel dan Pendamping Desa.

Acara musrembangdes mulia pda pukul 21.00 Wita selesai pada pukul.23.00 Wita setelah di  adanya kesepakatan adanya prubahan dan penetapan RKPDes dan APBDes yang langsung di tetapkan dan di tandatangani oleh kepada desa aikmel timur.(Adhi)

Related Posts:

0 Response to "Desa Aikmel Timur Tetapkan Anggaran Perubahan Untuk Penanganan Covid-19"

Posting Komentar

Featured Post

Desa Selaparang dan Mekar Sari Dapat Bantuan Air Bersih

  Lotim. SK_Setelah sebelumnya Gema Selaparang melakukan aksi sosial di Desa Perigi, kini giliran Desa Mekar Sari dan Desa Selaparang Kecama...