Desa Bebidas Tingkatkan Pendapatan Asli Desa - Speaker Kampung

Breaking News

Home Top Ad

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Minggu, 21 Juni 2020

Desa Bebidas Tingkatkan Pendapatan Asli Desa

Pemerintah Desa Bebidas Mengadakan Acara Launching Dan Penandatanganan Kerjasama Penanaman Alpukat Dengan Masyarakat Desa Bebidas Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur, pada Minggu (21/6/20). Penandatangan kerjasama ini disaksikan Oleh Wakil Bupati Lombok Timur H. Rumaksi, Kelompok Peduli Lingkungan, Kepala Desa Bebidas, Camat Wanasaba, Ketua BPD dan Kepala Balai TTNGR. Acara ini di lanjutkan dengan penanaman alpukat secara simbolis oleh Wakil Bupati Lombok Timur H.Rumaksi.

Acara ini merupakan program yang telah lama dicanangkan  oleh Pemerintah Desa Bebidas namun terhalang oleh kondisi Covid 19. Tantangan desa dalam menghadapi segala bentuk permasalahan tentu perlu mengambil langkah yang tepat untuk  menyelesaikan segala persoalan, Dengan dana desa yang kecil dibandingkan dengan luas wilayah dan jumlah penduduk desa bebidas perlu adanya inovasi didalam meningkatkan pendapatan asli desa tentu dengan melihat potensi-potensi desa. Untuk itu program penanaman alpukat Ini dirasa dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan  meninkatkan pendapatan asli desa, dimana sebanyak 20.000 bibit pohon alpukat ini akan ditanam di tanah warga dan sepanjang jalan Desa Bebidas.
Kepala Desa Bebidas Harmaen menerangkan “ dalam program penanaman alpukat ini yang lebih penting adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan pendapatan asli desa, penanaman alpukan akan dilakukan ditanah-tanah warga  yang tidak termanfaatkan kemudian di sepanjang jalan Desa Bebidas dan akan menjadi aset besar desa selama 4 sampai 5 tahun kedepan”, selain itu pemerintah desa akan memberikan warga bibit dengan mengambil 12% dari keuntungan hasil panen alpukat“, Harmaen juga menambahkan  program ini sangatlah sederhana, alpukat didesa Bebidas tidak perlu dirawat  hanya tingal menanam saja  sebab tanah kita di Desa Bebidas sangatlah subur. penanaman alpukat ini sebagai peningkatan pendapatan masyarakat dan pendapatan asli desa  untuk menuju desa yang mandiri. sebesar 30 persen luas wilayah kecamatan wanasaba berada di desa bebidas termasuk jumlah penduduk sehingga dana desa tak cukup namun berkat sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah desa masyarakat tidak menuntut.



Sementara itu Wakil Bupati Kabupaten Lombok Timur H. Rumaksi Mengatakan “Penanaman alpukat disepanjang  jalan desa ini sangatlah luar biasa dan memanfaatkan tanah pekarangan dengan sebaik-baiknya ini akan sangat luar biasa. apabila ini menjadi projek di seluruh Kabupaten Lombok timur  dan dapat dikembangkan oleh desa-desa se Kabupaten Lombok  Timur  dapat membantu pelstarian linkungan dan dan udara benar-benar bersih dengan adanya pohon yang dilestarikan selain meningkatkan pendapatan asli desa”.(Wa)




1 komentar:

Post Bottom Ad