Lomba Kampung Sehat, Bagik Manis Terus Berbenah

Lombok Timur, SK - Lomba Kampung Sehat Nurut Tatanan Baru yang digagas oleh Kapolda NTB, Irjen.

POL. M. Iqbal, SIK, MH, terus bergulir. Terbukti di setiap desa dan kelurahan mulai berbenah untuk menyambut lomba kampung sehat.


Kapolres Lombok Timur, AKBP. Tunggul Sinatrio, SIK, MH, melalui Kapolsek Sambelia, IPTU. Ahmad Yani, konsisten mendukung program pemerintah tersebut. Terbukti, Pada (26/6) lalu, Kapolsek meninjau kesiapan pemdes Bagik Manis dan warganya dalam menyambut New Normal.


Tujuan kunjungan Kapolsek Sambelia bersama anggotanya tiada lain untuk melihat sejauh mana kesiapan desa mengikuti lomba. Kemudian produk unggulan lokal apa saja yang mereka bisa munculkan untuk menjaga katahanan pangan.


Ketua Lomba kampung sehat Hibnu Haldun Waluyo, yang juga sekdes Bagik Manis, menunjukkan beberapa jenis inovasi warganya yang bisa dijual untuk meningkatkan ekonomi produktif keluarga di tengah pandemi.


Usaha Rengginang berbahan baku lokal (ketan) yang diusahakan oleh Inaq Hariadi (50) ternyata dapat meningkatkan perekonomian keluarga. Renggiang ini katanya setiap hari dicari oleh warga yang akan melaksanakan acara selamatan.


"Jika ada yang pesta (begawe) renggiang ini tetap di pesan oleh orang, ada juga yang mesan dari luar desa," kata Haldun panggilan sekdes.


Selain itu, usaha ternak Ayam petelur yang diusahakan selama ini oleh Juliati, memanfaatkan pekarangan rumah juga bisa menambah pendapatan keluarga.


Pembeli atau pelanggan kata Julati berasal dari desa setempat selain pesanan dari desa lain. Setiap hari Juliati bisa mengumpulkan telur di sekitar lima pohon tergantung jumlah ayam yang dipelihara.


"Pembelinya dari kokok Rajak, Tekalok dan masyarakat sekitar sini dan Alhamdulillah bisa membantu meringankan beban hidup keluarga saya," kata Juliati.


Untuk meningkatkan produktivitas ayam petelurnya, Juliati meminta bantuan bantuan tambahan dari pemerintah desa agar dia bisa menambah area kandangnya dibangun pada lahan yang masih kosong. Dan, Sekdes Bagik Manis, akan membantu dana lewat Bumdes.


Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, pemdes Bagik Manis sudah menyiapkan tandon berisi air sabun pencuci tangan. Tandon (ember) tersebut, terkenal di beberapa titik kampung. 


Hal ini bertujuan untuk mempermudah warganya mencuci tangan agar terhindar dari serangan virus corona yang mematikan.


Di kantor desanya, mereka juga menyiapkan ruang isolasi. Jadi, apabila ada warganya disinyalir terkena Virus Corona, maka satgas Covid-19 tingkat desa yang sudah terbentuk akan membawanya ke ruang isolasi untuk di karantina.


Hal ini dimaksudkan agar penyebaran Covid-19 tidak lagi menghantui masyarakatnya lebih-lebih dalam kondisi ekonomi masyarakat terpuruk akibat pandemi. (Ggar)

Related Posts:

0 Response to "Lomba Kampung Sehat, Bagik Manis Terus Berbenah"

Posting Komentar

Featured Post

Kekeringan Melanda, Gema Selaparang Salurkan Air Bersih

Lotim. SK_ Kekeringan yang melanda Masyarakat Kabupaten Lombok Timur Lembaga Swadaya Masyarakat, Gerakan Masyarakat Selaparang (GEMA SELAPAR...