Langsung ke konten utama

Sekilas Sejarah Keberadaan Desa Ketangga

Ketangga. SK_ Beberapa abad yang lampau pada waktu belum adanya pemukiman penduduk datanglah seorang bernama ALAM DANA yang berasal dari BAGDAD. Beliaulah beserta murid –muridnya membuat dan memberi nama Ketangga, sekitar tahun 1004 H bertepatan dengan 1484 M (selanjutnya sekarang menjadi Desa Ketangga).

Nama Ketangga berasal dari beberapa istilah dan nama benda yang memiliki keterikatan.
Beberapa alasan yang dapat dibuktikan dengan
keadaan pemukiman penduduk desa yang bertangga-tangga yang dapat dibuktikan sampai sekarang terutama di Dusun Otak Desa, dari satu rumah ke rumah yang lain bertangga-tangga.

Dahulu desa Ketangga merupakan hutan yang sangat subur dan banyak di tumbuhi oleh pohon Ketangga, sampai saat ini pohon ketangga masih ada yang tumbuh sekalipun sudah agak jarang.
Adanya pohon kayu KETANGAN ( kayu tersebut dari semenjak di tanam sampai sekarang besarnya sama ) dapat dibuktikan dan dilihat di Gedeng desa sampai saat ini.


Adanya SABUK PUSAKA ( Ikat Pinggang ) yang masih sampai sekarang merupakan satu pembuktian yang panjang sama dengan panjangnya “ MASJID PUSAKA “ yang ada di Desa Ketangga dan sabuk tersebut bertuliskan huruf Arab dan Jawa Kuno, di ujung sabuk tertulis KAMIS,14 MUHARAM TAHUN Ba ( Tulisan Jawa Kuno )

Sejarah Desa Ketangga juga tidak terlepas dari sejarah kerajaan Selaparang ini dibuktikan banyaknya situs sejarah kerajaan Selaparang yang tidak mungkin di temukan di desa lain.
Rumah Pusaka (Gedeng), rumah tersebut terbakar pada tahun 1969, sebelum terbakar kita dapat buktikan bahwa pada pintu diukir dengan gambar Burung Garuda seperti lambang Negara Republik Indonesia dan di sebelah diukir dengan gambar Wong Menak yang ada di pewayangan.

Desa Ketangga sudah banyak mengalami perubahan/pergantian Pemerintahan masing-masing sebgai berikut :
 1. Sebelum Pemerintahan Belanda
Sebagai Wali Desa/Pemerintah Desa ini bernama
a. Raden Pelompong
b. Jaya Perana dan
c. Tuan Lebe

2. Masa Kerajaan Bali
a. Raden Ciah sebagai Kepala Desa
b. Jero Daliah sebagai Keliang
c. Raden Mangku sebagai pemelihara Gedeng (rumah Kuno)
d. Raden Dangga sebagai sesepuh masyarakat

3. Masa Penjajahan Belanda
a. Raden Ratmawa Kepala Desa
b. Mamiq Seleh Kepala Desa
c. Lalu Muhur Kepala Desa dari
d. Mamiq Sahrum Keliang Otak Desa
e. Pe Seriayub Keliang Dasan Lekong
f. Mamiq Wira Kasma Keliang Batubasong
g. Amaq Aliyah Keliang Suntalangu

4. Masa Penjajahan Jepang
Raden Wira Gede sebagai Kepala Desa

5. Masa Kemerdekaan
a. Bapak Kerta Wisah sebagai Kepala Desa dari tahun 1952 s/d 1958
b. Haji Najamudin sebagai Kepala Desa dari tahun 1958 s/d 1966
Pada tahun 1961 – 1963 Desa Selaparang, Lekong Pulut wialayah Desa Pringgabaya digabung menjadi wilayah Desa Ketangga kemudian pada tahun 1963 desa-desa dikembalikan seperti semula, yang menjadi Kepala Desa Haji Najamudin pada tahun 1967 Desa Ketangga dimekarkan menjadi 2 (dua) yaitu Desa Suntalangu.

Sementara pada tahun 1967 Desa Ketangga dipimpin oleh:
a. Abdul Salam Kepala Desa dari tahun 1967 – 1979
b. Kamaludin, BA Kepala Desa dari tahun 1980 – 1982
c. Daeng Ali dari tahun 1982
d. Lalu Sabarudin Kepala Desa dari tahun 1982 – 1992
e. Jamiludin Kepala Desa dari tahun 1993 – 2006
f. Mujtahidin, S.Sos Kepala Desa dari tahun 2006 – 2009
g. Mislahuddin Kepala Desa dari tahun 2009 sampai sekarang

Jika ingin menegetahui lebih jelas  keberadaan sejarah Desa Ketangga. Anda bisa saja berkunjung ke Desa Ketangga. Dan semoga ini bermanfaat untuk kita semua.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kacang Komak Sayuran Populer Warga Lombok

Suela. SK _ Kacang komak merupakan jenis sayur popular masyarakat pedesaan. Kacang-kacangan ini dibudidayakan oleh petani pada musim penghujan hingga dapat dipanen sampai dengan musim kemarau tiba.

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur

Berikut nama desa dan dusun dari 15 desa di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. 1). DESA BAGEK PAPAN    KODE POS : 83654 Dusun Tongtong Suit Dusun Bampak Dusun Bagik Papan 2). DESA TANAK GADANG   KODE POS : 83654 Dusun Temanjor Dusun Temanjor Timur Dusun Tegaron 3). DESA APITAIK    KODE POS : 83654 Dusun Bagek Kedok Daya Dusun Bagek Kedok Lauk Dusun Gubuk Montong Dusun Gubuk Pande Dusun Gubuk Lekok Dusun Gubuk Pernek Dusun Dasan Bagek lauk Dusun Dasan Bagek Daya 4). DESA TEKO    KODE POS : 83654 Dusun Teko Daya Dusun Teko Lauk Dusun Pedangeran Dusun Bagek Anjar 5). DESA KERUMUT    KODE POS : 83654 Dusun Benteng Dusun Kerumut Dusun Toron Dusun Dasan Lendang Dusun Gubuk Daya 6). DESA ANGGARAKSA    KODE POS : 83654 Dusun Mudung Barat Dusun Mudung Timur Dusun Aik Dalem Dusun Sangkar Sukun 7). DESA POHGADING    KODE POS : 83654 Dusun Gubuk Daya Dusun Gubuk Timuk Dusun Gubuk Tengak Dusun Gubuk Lauk Dusun Bubur Gadung Dusun Ded

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur

Daftar nama desa dan dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur 1). DESA AIKMEL    KODE POS : 83653 Dusun Cepak Daya Dusun Batu Belek Dusun Kampung Remaja Dusun Kampung Karya Dasan Beruk Dusun Kampung Karya Barat Cepak Lauk 2). DESA AIKMEL BARAT    KODE POS : 83653 Dusun Banjarsari Dusun Pungkang Daya Dusun Pungkang Lauk Dusun Pungkang Daya Baru Dusun Banjarsari Lauk 3). DESA AIKMEL TIMUR    KODE POS : 83653 Dasan Bagek Timur Dasan Bagek Barat Dusun Cepak Timur 4). DESA AIKMEL UTARA    KODE POS : 83653 Dasan Lian Lauk Dasan Lian Daya Dusun Aik Asak Dusun Karang Petak Dasan Lian Daya Barat 5). DESA AIK PERAPA    KODE POS : 83653 Dusun Aik Perapa Dusun Sempur Daya Dusun Sempur Lauk Dusun Otak Ree 6). DESA TOYA    KODE POS : 83653 Dusun Toya Lauk Dusun Toya Daya Dusun Peneda Dusun Aik Lomak Dusun Daarul Ikhsan Dusun Al-Muttaqin Dusun Pertemuan Dusun Montor Lekong Dusun Kekuang 7). DESA KEMBANG KERANG    KODE POS : 83653