Langsung ke konten utama

Pemerintah Diminta Serius Tangani Sampah

Sembalun. SK_Problem sampah tidak ada habis-habisnya karena memang tidak pernah serius di urusi. Setelah ada himbauan disalah satu Desa untuk tidak membuang sampah di parit tengah kampung ternyata sungai tepatnya di dekat jembatan jalur panorama walk bagi para wisatawan menjadi TPA baru. tidak hanya mengganggu pandangan mata, tetapi secara kesehatan dan kelestarian lingkungan jelas ini merupakan masalah.

saya pribadi sangat mgngaprisiasi gerakan karang taruna Desa Timba Gading yang setiap hari jum'at melakukan aksi bersih-beesih dan mengankut samapah kluar dari desa timba gading. namun saya sendiri tidak tau sampah itu dibawa kemana dan di apakan. tetapi paling tidak mereka sudah melakukan langkah yang tepat dengan mengeluarkan sampah yang ada di lingkungan mereka sehingga terlihat bersih. tinggal saat ini menunggu komitment para pemangku kebijakan mulai dari Camat dan para kepala Desa untuk lebih serius memikirkan sampah ini mau di bawa kemana dan diapakan selanjutnya.

jika dibiarkan terus dan tidak ada pembicaraan lanjutan terkait pennganan sampah maka kuatir masyarakat akan terus membuang sampahnya di sungai tersebut karena menganggap itulah solusi terbaik. apakah mereka salah ? ya mereka salah karena membuang sampah bukan pada tempatnya. tetapi saya tidak mau menyalahkan mereka sebelam ada aturan yang mengikat dan solusi dari para pemangku kebijakan. saya lebih baik mengarahkan kesalahan itu kepada mereka yang menganggap permasalahan sampah adalah permasalahan yang tidak serius.

kita membutuhkan komitmen para pemimpin yang ada untuk menuntaskan permasalahan ini. bukanya tidak pernah mencoba dan berusaha untuk menuntaskan permasalahan sampah di kecamatan Sembalun. pada tahun 2016 fasilitas 3R yang konon nilainya 500juta di bngun di Sembalun Bumbung. bukan sampah yang tuntas, eh malah kendaraan pengangkut sampahnya dijadikan kendaran mengankut pupuk kesawah. di samping itu, barang yang mahal itu hnya di jadikan bangunan mati alias hanya mengejar keuntungan dari pembangunan proyek saja. miris jika sudah begini mental para pemimpin kita hanya sebatas pelaksana proyek.

kemudian muncul rencana baru untuk TPA, setau saya rencana ini sudah lama banget. kalau tidak salah tahun 2013 sudah di hembuskan. namun kembali ini hanya sebatas rencana yang tidak pernah serius ditindak lanjuti oleh pihak kecamatan dan para kepala Desa yang ada di kecamatan sembalun. harapan kita semoga ahir tahun ini semuanya rampung agar kedepan tidak ada lagi permasalahan terkait sampah. sementara itu, kawan-kawan penggiat lingkungan terus berkerja dengan mengampanyekan mengurangi penggunaan plastik dan menerapkan sistem ecobreeks serta menjadikan  sampah organik sebagai pupuk kompos.

pada tahun 2020 salah satu program prioritas pemerintah NTB adalah zeroo waste. ini tentunya sebuah kabar baik bagi para pencinta alam, penggiat lingkungan dan bagi kita masyarakat NTB tentunya.  Desa dan Kabupaten kota juga kita harapkan harus menyelaraskan rencana programnya dengan pemerintah provinsi NTB agar permasalahan sampah tuntas dalam waktu singkat. tetapi satu hal yang tidak kalah penting pemerintah harus melakukan pendampingan program ketika menggelontorkan anggaran untuk program sampah. jangan sampai hanya bagi-bagi duit ke Desa yang ujung-ujungnya sama nasipnya dengan program 3R.

#alamhijau
#lingkunganbersih

Penulis : Royal Sembahulun

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kacang Komak Sayuran Populer Warga Lombok

Suela. SK _ Kacang komak merupakan jenis sayur popular masyarakat pedesaan. Kacang-kacangan ini dibudidayakan oleh petani pada musim penghujan hingga dapat dipanen sampai dengan musim kemarau tiba.

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur

Berikut nama desa dan dusun dari 15 desa di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. 1). DESA BAGEK PAPAN    KODE POS : 83654 Dusun Tongtong Suit Dusun Bampak Dusun Bagik Papan 2). DESA TANAK GADANG   KODE POS : 83654 Dusun Temanjor Dusun Temanjor Timur Dusun Tegaron 3). DESA APITAIK    KODE POS : 83654 Dusun Bagek Kedok Daya Dusun Bagek Kedok Lauk Dusun Gubuk Montong Dusun Gubuk Pande Dusun Gubuk Lekok Dusun Gubuk Pernek Dusun Dasan Bagek lauk Dusun Dasan Bagek Daya 4). DESA TEKO    KODE POS : 83654 Dusun Teko Daya Dusun Teko Lauk Dusun Pedangeran Dusun Bagek Anjar 5). DESA KERUMUT    KODE POS : 83654 Dusun Benteng Dusun Kerumut Dusun Toron Dusun Dasan Lendang Dusun Gubuk Daya 6). DESA ANGGARAKSA    KODE POS : 83654 Dusun Mudung Barat Dusun Mudung Timur Dusun Aik Dalem Dusun Sangkar Sukun 7). DESA POHGADING    KODE POS : 83654 Dusun Gubuk Daya Dusun Gubuk Timuk Dusun Gubuk Tengak Dusun Gubuk Lauk Dusun Bubur Gadung Dusun Ded

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur

Daftar nama desa dan dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur 1). DESA AIKMEL    KODE POS : 83653 Dusun Cepak Daya Dusun Batu Belek Dusun Kampung Remaja Dusun Kampung Karya Dasan Beruk Dusun Kampung Karya Barat Cepak Lauk 2). DESA AIKMEL BARAT    KODE POS : 83653 Dusun Banjarsari Dusun Pungkang Daya Dusun Pungkang Lauk Dusun Pungkang Daya Baru Dusun Banjarsari Lauk 3). DESA AIKMEL TIMUR    KODE POS : 83653 Dasan Bagek Timur Dasan Bagek Barat Dusun Cepak Timur 4). DESA AIKMEL UTARA    KODE POS : 83653 Dasan Lian Lauk Dasan Lian Daya Dusun Aik Asak Dusun Karang Petak Dasan Lian Daya Barat 5). DESA AIK PERAPA    KODE POS : 83653 Dusun Aik Perapa Dusun Sempur Daya Dusun Sempur Lauk Dusun Otak Ree 6). DESA TOYA    KODE POS : 83653 Dusun Toya Lauk Dusun Toya Daya Dusun Peneda Dusun Aik Lomak Dusun Daarul Ikhsan Dusun Al-Muttaqin Dusun Pertemuan Dusun Montor Lekong Dusun Kekuang 7). DESA KEMBANG KERANG    KODE POS : 83653