Langsung ke konten utama

Antara Ritel Modern dan UMKM


Lombok Timur, SK - Usaha Mikro Kecil Menengah disingkat UMKM adalah sebuah usaha atau bisnis yang dijalankan oleh Individu, rumah tangga atau badan usaha berukuran kecil. Pemerintah sendiri telah menetapkan kriteria UMKM itu dan tertuang dalam UU Nomor 20 Tahun 2008 tentang UMKM.


Di Indonesia sendiri boleh dikatakan, sektor UMKM penyumbang PDB terbesar dan paling banyak menyerap tenaga kerja, relatif tahan terhadap krisis keuangan serta memiliki peranan sangat penting dalam perekonomian negara. 


Ketika krisis ekonomi yang terjadi pada tahun 1998 membuat perusahaan besar tumbang ketika itu karena tidak tahan menghadapi krisis. Kehadiran UMKM pada saat itu justru menjadi juru penyelamat negara dalam menghadapi situasi terburuk.


Di Lombok Timur misalnya, keberadaan UMKM sebenarnya mampu menyerap tenaga kerja. Usaha produktif warga yang dijalankan cukup membantu bangkitkan ekonomi rumah tangga. Apalagi bahan baku yang mereka gunakan membuat jajanan atau usaha kreatif warga bersumber dari bahan baku lokal.


Tapi sayangnya, setelah usaha kreatif warga ini sudah mulai bangkit, masuk di pasar tradisional, toko grosiran, kios, warung kopi, termasuk juga orderan dari pedagang kecil yang menjalankan bisnisnya di area wisata pelan-pelan terpukul mundur. 


Keberadaan ritel modern atas restu pemerintah tentu membuat individu, rumah tangga yang menjalankan usahanya mulai merasa terpukul. Sebab bersaing dengan pengusaha ritel modern seperti Alfamart dan Indomaret yang bermodal besar bagi mereka dirasa tidaklah mungkin. Ibarat kata pepatah "Jauh Panggang dari Api".


Sedangkan mereka yang bergerak dalam UMKM ini hanya bermodalkan pinjaman uang dari tetangga. Tidak sedikit juga dari mereka pinjam uang untuk menambah modal usaha dari koperasi dengan sistem setoran harian/mingguan dengan bunga tentu cukup marjinal. 


Bagi mereka yang sangat membutuhkan modal usaha, terpaksa keputusan itu mereka ambil karena persyaratan administrasinya tidak ribet dan tanpa menunggu waktu lama mereka sudah bisa  lakukan transaksi pencairan. 


Memang benar ada dana KUR dari BRI diberikan kepada UMKM dengan bunga yang bisa terjangkau. Tapi lagi-lagi persyaratan untuk mendapatkan dana KUR tersebut cukup ribet membebani warga. Belum lagi proses pencairan harus menunggu informasi dari pihak debitur (BANK) berminggu-minggu hingga berbulan-bulan bahkan ada yang disuruh hanya menunggu, menunggu sesuatu yang belum pasti.


Sedih memang, tapi mau tidak mau, suka tidak suka, senang tidak senang kita sebagai rakyat terpaksa harus mengikuti arus pemerintah meskipun dalam hati kita meronta. Rakyat taunya apa sih, hehee.


Penulis: Fikri MS


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kacang Komak Sayuran Populer Warga Lombok

Suela. SK _ Kacang komak merupakan jenis sayur popular masyarakat pedesaan. Kacang-kacangan ini dibudidayakan oleh petani pada musim penghujan hingga dapat dipanen sampai dengan musim kemarau tiba.

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur

Berikut nama desa dan dusun dari 15 desa di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. 1). DESA BAGEK PAPAN    KODE POS : 83654 Dusun Tongtong Suit Dusun Bampak Dusun Bagik Papan 2). DESA TANAK GADANG   KODE POS : 83654 Dusun Temanjor Dusun Temanjor Timur Dusun Tegaron 3). DESA APITAIK    KODE POS : 83654 Dusun Bagek Kedok Daya Dusun Bagek Kedok Lauk Dusun Gubuk Montong Dusun Gubuk Pande Dusun Gubuk Lekok Dusun Gubuk Pernek Dusun Dasan Bagek lauk Dusun Dasan Bagek Daya 4). DESA TEKO    KODE POS : 83654 Dusun Teko Daya Dusun Teko Lauk Dusun Pedangeran Dusun Bagek Anjar 5). DESA KERUMUT    KODE POS : 83654 Dusun Benteng Dusun Kerumut Dusun Toron Dusun Dasan Lendang Dusun Gubuk Daya 6). DESA ANGGARAKSA    KODE POS : 83654 Dusun Mudung Barat Dusun Mudung Timur Dusun Aik Dalem Dusun Sangkar Sukun 7). DESA POHGADING    KODE POS : 83654 Dusun Gubuk Daya Dusun Gubuk Timuk Dusun Gubuk Tengak Dusun Gubuk Lauk Dusun Bubur Gadung Dusun Ded

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur

Daftar nama desa dan dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur 1). DESA AIKMEL    KODE POS : 83653 Dusun Cepak Daya Dusun Batu Belek Dusun Kampung Remaja Dusun Kampung Karya Dasan Beruk Dusun Kampung Karya Barat Cepak Lauk 2). DESA AIKMEL BARAT    KODE POS : 83653 Dusun Banjarsari Dusun Pungkang Daya Dusun Pungkang Lauk Dusun Pungkang Daya Baru Dusun Banjarsari Lauk 3). DESA AIKMEL TIMUR    KODE POS : 83653 Dasan Bagek Timur Dasan Bagek Barat Dusun Cepak Timur 4). DESA AIKMEL UTARA    KODE POS : 83653 Dasan Lian Lauk Dasan Lian Daya Dusun Aik Asak Dusun Karang Petak Dasan Lian Daya Barat 5). DESA AIK PERAPA    KODE POS : 83653 Dusun Aik Perapa Dusun Sempur Daya Dusun Sempur Lauk Dusun Otak Ree 6). DESA TOYA    KODE POS : 83653 Dusun Toya Lauk Dusun Toya Daya Dusun Peneda Dusun Aik Lomak Dusun Daarul Ikhsan Dusun Al-Muttaqin Dusun Pertemuan Dusun Montor Lekong Dusun Kekuang 7). DESA KEMBANG KERANG    KODE POS : 83653