Banyak Hal Dilakukan Dalam Pelestarian Lingkungan

Suela SK_Salah satu upaya pelestarian lingkungan dan perbaikan alam tentu banyak hal harus dilakukan baik penjagaan, revitalisasi, reboisasi dengan pemanfaatan lahan kososng.
Hal tersebut terus didorong salah seorang pegiat sosial, sebut saja Rasyid ridho yang juga guru SMP Islam Bila kembar Desa suela. Rasyid secara terus menerus mengkampanyekan arti pentingnya menjaga alam ini.

Hal tersebut teraktualisasikan oleh siswa SMP Islam NW Bilakembar beserta masyarakat Bilakembar Desa Suela, Kecamatan Suela
, Kabupaten Lombok Timur pada kegiatan penanaman pohon pada lahan kering dan lahan kosong.
Dikatakan Rasyid Ridho yang juga aktif di organisasi ANDUALA yang bergerak pada soal lingkungan dan budya. Lingkungan hidup atau hutan saat ini sudah mulai gundul dan itu dikarenakan banyaknya pohon yang tertebang dan kurangnya kesadaran untuk menjaga dan melestarikan hutan.

"Dari persoaalan ini, jelas menjadi tugas kita semua baik masyarakat dan pemerintah untuk memberikan kesadaran kepada kita sendiri untuk bagaimana memanfaatkan dan melestarikan hutan dengan sebaik-baiknya, karena untuk mendapatkan uang itu tidak mesti dengan menebang pohon akan tetapi ada selain itu yang disebut dengan penanaman hasil hutan bukan kayu (HHBK) berupa ada buah mangga, duren, alpukat dan lain sebagainya.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Ridho. “salah satu upaya yang kami lakukan sebagai masyarakat Bilakembar Desa Suela adalah melakukan penghijauan atau penanaman pohon di lahan yang kering atau kesong dengan mengajak seluruh masyarakat Bilakembar Desa Suela denga cara bergotong royong menanam pohon, karena mengingat begitu pentingnya hutan sebagai sumber penghidupan" Ujar Rasyid saat di konfirm 4/3/2015.

Lingkungan hidup merupakan bagian yang mutlak dari kehidupan manusia. Dengan kata lain, lingkungan hidup tidak terlepas dari kehidupan manusia. Manusia mencari makan dan minum serta memenuhi kebutuhan lainnya dan ketersediaan atau sumber-sumber yang diberikan oleh lingkungan hidup dan kekayaan alam sebagai sumber pertama dan terpenting bagi pemenuhan berbagai kebutuhannya. Manusia makan dan tumbuh-tumbuhan yang menghasilkan biji-bijian atau huah-buahan seperti beras, jagung, tomat. Manusia makan daging hewan, yang juga merupakan bagian dan lingkungan

Related Posts:

0 Response to "Banyak Hal Dilakukan Dalam Pelestarian Lingkungan"

Posting Komentar

Featured Post

DPC SPMI Lotim Minta Nama BIL Diganti?

Lombok Timur, SK - Dewan Pimpinan Cabang, Serikat Pekerja Migrant Indonesia (DPC-SPMI) Kabupaten Lombok Timur, Abdurrahman, meminta kepada...