Kacang Komak Sayuran Populer Warga Lombok

Suela. SK_ Kacang komak merupakan jenis sayur popular masyarakat pedesaan. Kacang-kacangan ini dibudidayakan oleh petani pada musim penghujan hingga dapat dipanen sampai dengan musim kemarau tiba.

Kacang-kacangan ini berasal dari Afrika dan Madagaskar, India, atau Asia Tenggara, yang sejak dulu sudah dibudidayakan secara turun temurun oleh masyarakat khusunya di kawasan Lombok Timur bagian utara.
Nama ilmiah kacang komak adalah lablab purpureus sedangkan mama umumnya adalah komak (Indonesia), hyacinth bean, lablab (Inggris). Bahkan sebagian masyarakat biasanya ditanam pada pekarangan rumah.

Tanaman jalar tersebut dibudidayakan sebagai tanaman tahunan, bercabang banyak dan melilit, tinggi sampai 6 m, dengan akar tunjang dan akar lateral yang berkembang dengan baik. Daun berselang-seling, stipula menyerupai lanset, daun beranak daun tiga, helai anak daun membulat telur melebar, 5-15 cm x 4-15 cm, helai anak daun samping melebar ke samping, tepi rata, bentuk dasar mendekati mendatar, bentuk ujung menajam sampai meruncing pendek, permukaan agak berambut pendek.

Perbungaan malai pada ketiak daun, tegak, panjang tangkai 4-23 cm, sering kali tertekan, tidak berambut, panjang aksis 2-24 cm, berisi bunga mengelompok 2-5 pada tiap buku; tangkai bunga pendek, bersegi, berambut pendek jarang. Kelopak kira-kira 6 mm; mahkota putih atau jingga, terdiri atas standar membulat berukuran kira-kira 12 mm, sayap berukuran kira-kira 10 mm, luas menyempit ke arah pangkal. Benang sari diadelfous (9+1), bakal buah tidak bertangkai, panjang 10 mm, berambut pendek halus, tangkai putik membelok tajam ke atas panjang 8 mm dengan kepala putik membulat.

Polong bervariasi dalam bentuk dan warnapipih atau menggelembung, 5-20 cm x 1-5 cm, lurus atau melengkung, berisi 3-6 biji. Biji bervariasi dalam bentuk dan warna, bulat pipih memanjang, dengan hilum tebal memanjang.


Kacang komak dimanfaatkan terutama biji keringnya untuk konsumsi setelah direbus bersama dengan bahan makanan lain. Selain itu, polong mudanya merupakan bahan sayur. Kacang komak dapat ditanam sebagai penutup tanah, sebagai pupuk hijau, sebagai penutup pagar, dan bahkan sebagai tanaman hias. (eos)

Related Posts:

0 Response to "Kacang Komak Sayuran Populer Warga Lombok"

Posting Komentar

Featured Post

Kekeringan Melanda, Gema Selaparang Salurkan Air Bersih

Lotim. SK_ Kekeringan yang melanda Masyarakat Kabupaten Lombok Timur Lembaga Swadaya Masyarakat, Gerakan Masyarakat Selaparang (GEMA SELAPAR...