Langsung ke konten utama

Anget - Anget Tain Manuk Dengan Shalat Tarawih

Lombok Timur. SK_ Kawan- kawan masih ingat dengan pribahasa orang tua dulu “Anget – anget tain manuk”. Sebenarnya saya merasa gagap dengan ini bahsa…! Dan ini tidak perlu terdengar lagi. Tapi kalu ini bias dirubah, rubahnya dengan anget- anget apa ya..?  Upss, ini PR bersama ya.!? He hee.

Kembali pada pembahasan awal, Anget- anget tain manuk sering di sebut dengan hangat- hangat tahi ayam.  Jika kita mengacu pada kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) peribahasa hangat – hangat tahi ayam artinya adalah  kemauan yang tidak tetap atau tidak kuat.


Mungkin di benak Anda tidak banyak makna yang bisa diambil dari kata “hangat-hangat tahi ayam”. Tapi ini pribahsa bukan tanpa filosofi. Nah coba  kita analisa tahi ayam itu seperti apa.? Kawan- kawan pasti pernah lihat tahi ayam yang baru keluar dari tempatnya?  Ya, hangat bukan? Banyak unsure gas keluar dan baunya masih sangat menyengat, tetapi coba Anda tunggu satu hari kemudian pasti sudah mengeras dan baunya sudah tidak begitu menyengat lagi karena uap tahi tersebut telah hilang.
 Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa seseorang yang  melakukan sesuatu dengan sungguh-sungguh hanya pada permulaan, lama kelamaan, ditinggalkan apabila sudah mulai bosan.

Nah dari penjelasan ini kemudian dapat dikorelasikan dengan aktivitas ibadah di bulan ramadhan utamanya pada shalat tarawih. Dan kita bisa buktikan, hampir di semua daerah dimana masjid yang biasanya sepi aktivitas di hari-hari biasa, menjadi sangat ramai di minggu pertama bulan Ramadhan. Namun sangat disayangkan juga, aktivitas membludak ini, lambat laun semakin berkurang.


Fakta unik juga terjadi di beberapa tempat peribadatan, baik masjid, musolla dan lainya. Pada saat hari pertama tarawih barisan sap berjejer membeludak. Namun pada hari- hari berikitnya berkurang, dan sangat disayangkan pada saat  tanggal genting antara hari ke 25 s/d 30 hari hanya tersisa wangsit dan imam. (Eos)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kacang Komak Sayuran Populer Warga Lombok

Suela. SK _ Kacang komak merupakan jenis sayur popular masyarakat pedesaan. Kacang-kacangan ini dibudidayakan oleh petani pada musim penghujan hingga dapat dipanen sampai dengan musim kemarau tiba.

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur

Berikut nama desa dan dusun dari 15 desa di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. 1). DESA BAGEK PAPAN    KODE POS : 83654 Dusun Tongtong Suit Dusun Bampak Dusun Bagik Papan 2). DESA TANAK GADANG   KODE POS : 83654 Dusun Temanjor Dusun Temanjor Timur Dusun Tegaron 3). DESA APITAIK    KODE POS : 83654 Dusun Bagek Kedok Daya Dusun Bagek Kedok Lauk Dusun Gubuk Montong Dusun Gubuk Pande Dusun Gubuk Lekok Dusun Gubuk Pernek Dusun Dasan Bagek lauk Dusun Dasan Bagek Daya 4). DESA TEKO    KODE POS : 83654 Dusun Teko Daya Dusun Teko Lauk Dusun Pedangeran Dusun Bagek Anjar 5). DESA KERUMUT    KODE POS : 83654 Dusun Benteng Dusun Kerumut Dusun Toron Dusun Dasan Lendang Dusun Gubuk Daya 6). DESA ANGGARAKSA    KODE POS : 83654 Dusun Mudung Barat Dusun Mudung Timur Dusun Aik Dalem Dusun Sangkar Sukun 7). DESA POHGADING    KODE POS : 83654 Dusun Gubuk Daya Dusun Gubuk Timuk Dusun Gubuk Tengak Dusun Gubuk Lauk Dusun Bubur Gadung Dusun Ded

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur

Daftar nama desa dan dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur 1). DESA AIKMEL    KODE POS : 83653 Dusun Cepak Daya Dusun Batu Belek Dusun Kampung Remaja Dusun Kampung Karya Dasan Beruk Dusun Kampung Karya Barat Cepak Lauk 2). DESA AIKMEL BARAT    KODE POS : 83653 Dusun Banjarsari Dusun Pungkang Daya Dusun Pungkang Lauk Dusun Pungkang Daya Baru Dusun Banjarsari Lauk 3). DESA AIKMEL TIMUR    KODE POS : 83653 Dasan Bagek Timur Dasan Bagek Barat Dusun Cepak Timur 4). DESA AIKMEL UTARA    KODE POS : 83653 Dasan Lian Lauk Dasan Lian Daya Dusun Aik Asak Dusun Karang Petak Dasan Lian Daya Barat 5). DESA AIK PERAPA    KODE POS : 83653 Dusun Aik Perapa Dusun Sempur Daya Dusun Sempur Lauk Dusun Otak Ree 6). DESA TOYA    KODE POS : 83653 Dusun Toya Lauk Dusun Toya Daya Dusun Peneda Dusun Aik Lomak Dusun Daarul Ikhsan Dusun Al-Muttaqin Dusun Pertemuan Dusun Montor Lekong Dusun Kekuang 7). DESA KEMBANG KERANG    KODE POS : 83653