Gegap Gempita Menyambut Panen Tembakau Rajang

Lombok Timur. SK_Seakan tak terpengaruh oleh hiruk pikuk para elite yang muncul di media televise dengan kasus korup, suap dan tingkah aneh para artis yang selalu bikin sensasi. Masyarakat Desa Ketangga, Kecamatan Suela, Kabupaten Lombok Timur NTB, khususnya masyarakat petani tembakau Rajang. Para petani tembakau kali ini menyambut musim panen  dengan gegap gempita layaknya tahun-tahun yang lalu.


Suasana pedesaan itu kini sudah terlihat semarak dengan geliat petani yang tiap hari mengurusi tanaman tembakau dan juga para buruh-buruh mengayunkan langkah setelah turun sholat subuh menuju lahan perkebunan tembakau.

Sementara para buruh tukang Rajang tembakau riuh gempita pada malam harinya memuntal lembaran daun tembakau untuk dirajang. Para tetanggapun ikut serta menyaksikan kegiatan rajangan, sesekali membantu merapihkan uaratan tembakau pada wadah yang disebut kelabang.
 
Musim tembakau selalu saja punya arti lebih bagi para penduduk sekitar tembakau. Bukan hanya petani dan para buruh-buruh yang memang terlibat langsung dengan komoditas ini, namun para pedagang di pasar pun selalu mengharapkan kesuksesan dari musim panen ini karena akan berdampak baik buat dagangannya.

Dan musim tembakau 2015 kali ini banyak petani mengharapkan hasil seperti tahun yang lalu dimana petani itu sendiri berkuasa pada setiap harga yang mereka tentukan untuk hasil panennya. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, mereka harus pasrah pada harga yang ditentukan oleh para tauke/juragan pemilik gudang penampungan, karena hasil panennya yang tidak bagus. (Eos)



Related Posts:

0 Response to "Gegap Gempita Menyambut Panen Tembakau Rajang"

Posting Komentar

Featured Post

Sepuluh Calon Kawil Desa Sugian Ikuti Tes

Lombok Timur, SK - Sebanyak Sepuluh orang calon kepala wilayah (Kadus) ikuti tes akademik dan kompetensi bidang, penjaringan dan penyaring...