Kue Celilong Kreasi Kuliner Lombok

Ketangga. SK_ Celilong merupakan kue khas lombok dari berbagai jenis kue lainnya yang dibuat dari ubi jalar dan hampir tak dapat ditemukan lagi pada masyarakat.

Celilong sendiri dibuat dengan cara memarut ubi, kemudian menambahkan sedikit garam dan gula secukupnya. Setelah itu parutan ubi dikemas dengan daun pisang berbentuk potongan pipa tabung lingkaran. Selanjutnya celilong dalam kemasan yang cukup banyak dimasukkan dalam kuali dan dimasak baik langsung ataupun cara dikukus.


Jajanan khas celilong sendiri memiliki banyak versi, ada juga masyarakat yang menggantikan ubi jalar dengan ubi kayu dengan nama yang berbeda, sebut saja kue naga dan bila diisi dengan parutan labu namanya sumping.

Celilong dapat dijumpai dibeberapa desa di Kabupaten Lombok Timur bagian utara, terkait dengan namanya bisa saja sesuai dengan nama lokal dimasing-masing desa setempat.
Ada juga masyarakat mengkombinasikan bahan celilong, dengan ditaruhkan parutan kelapa ditambah gula merah.

Setelah celilong mateng dari hasil pemansan pada kuali, akan dapat diangkat kemudian dihidangkan langsung. Jajanan khas sasak ini sudah jarang ditemui, hanya saja kue celilong didapatkan dengan pemesanan. Untuk pemesanan sendiri anda bisa hubungi kami di Desa Ketangga, Kecamatan Suela, Lombok timur NTB. (eos)

Related Posts:

1 Response to "Kue Celilong Kreasi Kuliner Lombok"

  1. Terimakasih Artikel Kue Celilong Kreasi Kuliner Lombok nya bagus dan membantu sekali, semoga sukses selalu yaa .. Aamiin
    Salam Resep Kue Kering Lebaran

    BalasHapus

Featured Post

Sepuluh Calon Kawil Desa Sugian Ikuti Tes

Lombok Timur, SK - Sebanyak Sepuluh orang calon kepala wilayah (Kadus) ikuti tes akademik dan kompetensi bidang, penjaringan dan penyaring...