Demi Penuhi Target, Program ADBMI & Friends Rekrut CO

SELONG. SK- Sabtu 13/8/2016, Suksesnya sebuah program sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah perekrutan CO (Community Organiser) yang tepat.




CO adalah kader di wilayah program yang diharapkan bisa menjadi percontohan atau champion bagi warga di wilayah program. Begitu juga dengan program "kemakmuran hijau" kerjasama antara konsorsium ADBMI & Friends (ADBMI, KSU BUMI RAYA dan SPEAKER KAMPUNG) dengan dukungan MCA-I.


Untuk mengawali tahap perekrutan, para Pendamping Lapangan telah melakukan diskusi formal/non formal, korek informasi dari warga sekitar, rekomendasi dari pemuka desa (pemerintah desa) dan banyak teknik lainnya. Salah satu tahap yang dianggap bisa menjadi "seleksi alam" bagi para calon CO adalah kegiatan pendataan.


Pendataan ini melibatkan setidaknya 81 orang dari total 81 dusun di 12 desa program (satu orang mewakili satu dusun). dari 81 orang, 40 - 50 % nya adalah perempuan. Tidak harus menjadi seseorang yang terkenal ataupun kembang desa, perempuan-perempuan tersebut haruslah memenuhi beberapa kriteria standar untuk menjadii seorang kader.


Kriterianya antara lain aktif dalam berbagai kegiatan desa, waktu luang yang cukup, mahir dalam berkomunikasi dengan berbagai pihak, memiliki potensi untuk "didengarkan" orang lain, dan siap untuk membangun komitmen sebagai kader ramah lingkungan yang adil gender. (WiD)

Related Posts:

0 Response to "Demi Penuhi Target, Program ADBMI & Friends Rekrut CO"

Posting Komentar

Featured Post

Rumah Labuan Pandan Terbakar, Dua Unit Motor dan Barang Berharga Tak Terselamatkan

Lombok Timur, SK - Kebakaran yang terjadi di Dusun Labuhan Pandan Tengak, Desa Labuhan Pandan, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, sekira pu...