Langsung ke konten utama

Puskesmas Kotor.!! Ulah Oknum Pengunjung Tak Sadar Kebersihan

Suela.SK_ Puskesmas Suela salah satu tempat atau pusat pelayanan keshatan yang ada di Kecamatan Suela Kabupaten Lombok Timur.

Dimana pusat pelayanan ini sudah seharusnya peran petugas mengutamakan kebersihan area yang ada di puskesmas.

Pantauan jurnalis warga, Sabtu 22/6/2019 bahwa fasilitas pelayanan publik, seperti toilet dan tempat sampah sangatlah minim dan kurang bersih.

Hal ini disebabkan karena kurangnya petugas kebersihan yang ada di puskesmas dan tingkat kesadaran pengunjung yang tidak menyadari arti sebuah kebersihan.

Belum lagi adanya dampak negatif jika kita tidak menjaga kebersihan, tentu akan berdampak pada lingkungan sekitar pasien.

Sampah yang pernah ditemui penulis antaralain, sampah bungkus makanan dari pengungjung, dan botol minuman para pengunjung.

Alangkah lebih baiknya jika petugas yang ada di puskesmas memberikan edukasi atau memberikan sangsi kepada  para pengunjung yang membuang sampah sembarangan. 

Selain itu pungsi dan tugas para petugas kebersihan yang ada harus ditambah,  supaya bisa mengontrol area-area yang ada.

Sementara untuk toilet di puskesmas suela sangatlah kotor dan alat-alat yang ada seperti tandas, shower, dan ember disana kebanyakan sudah rusak dan perlu di perbaiaki oleh pengelola puskesmas.

‌Sejatinya pengelolaan pelyanan publik seperti toilet dan tempat sampah yang memadai akan menciptakan keindahan, kenyamanan dan tentunya kita terhindar dari penyakit.

 Jika hal ini bisa direalisasikan maka masyarakat akan menilai pelayanan yang ada di puskesmas memberikan citra yang baik di masyarakat dan tentunya untuk meningkatkan nilai bagi puskesmas itu sendiri di dunia kesehatan.

Penulis : Hamzanyiur

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kacang Komak Sayuran Populer Warga Lombok

Suela. SK _ Kacang komak merupakan jenis sayur popular masyarakat pedesaan. Kacang-kacangan ini dibudidayakan oleh petani pada musim penghujan hingga dapat dipanen sampai dengan musim kemarau tiba.

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur

Berikut nama desa dan dusun dari 15 desa di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. 1). DESA BAGEK PAPAN    KODE POS : 83654 Dusun Tongtong Suit Dusun Bampak Dusun Bagik Papan 2). DESA TANAK GADANG   KODE POS : 83654 Dusun Temanjor Dusun Temanjor Timur Dusun Tegaron 3). DESA APITAIK    KODE POS : 83654 Dusun Bagek Kedok Daya Dusun Bagek Kedok Lauk Dusun Gubuk Montong Dusun Gubuk Pande Dusun Gubuk Lekok Dusun Gubuk Pernek Dusun Dasan Bagek lauk Dusun Dasan Bagek Daya 4). DESA TEKO    KODE POS : 83654 Dusun Teko Daya Dusun Teko Lauk Dusun Pedangeran Dusun Bagek Anjar 5). DESA KERUMUT    KODE POS : 83654 Dusun Benteng Dusun Kerumut Dusun Toron Dusun Dasan Lendang Dusun Gubuk Daya 6). DESA ANGGARAKSA    KODE POS : 83654 Dusun Mudung Barat Dusun Mudung Timur Dusun Aik Dalem Dusun Sangkar Sukun 7). DESA POHGADING    KODE POS : 83654 Dusun Gubuk Daya Dusun Gubuk Timuk Dusun Gubuk Tengak Dusun Gubuk Lauk Dusun Bubur Gadung Dusun Ded

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur

Daftar nama desa dan dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur 1). DESA AIKMEL    KODE POS : 83653 Dusun Cepak Daya Dusun Batu Belek Dusun Kampung Remaja Dusun Kampung Karya Dasan Beruk Dusun Kampung Karya Barat Cepak Lauk 2). DESA AIKMEL BARAT    KODE POS : 83653 Dusun Banjarsari Dusun Pungkang Daya Dusun Pungkang Lauk Dusun Pungkang Daya Baru Dusun Banjarsari Lauk 3). DESA AIKMEL TIMUR    KODE POS : 83653 Dasan Bagek Timur Dasan Bagek Barat Dusun Cepak Timur 4). DESA AIKMEL UTARA    KODE POS : 83653 Dasan Lian Lauk Dasan Lian Daya Dusun Aik Asak Dusun Karang Petak Dasan Lian Daya Barat 5). DESA AIK PERAPA    KODE POS : 83653 Dusun Aik Perapa Dusun Sempur Daya Dusun Sempur Lauk Dusun Otak Ree 6). DESA TOYA    KODE POS : 83653 Dusun Toya Lauk Dusun Toya Daya Dusun Peneda Dusun Aik Lomak Dusun Daarul Ikhsan Dusun Al-Muttaqin Dusun Pertemuan Dusun Montor Lekong Dusun Kekuang 7). DESA KEMBANG KERANG    KODE POS : 83653