Langsung ke konten utama

Tak Anggap Remeh, Desa Anjani Lakukan Ini Demi Lindungi Warga



 Isu international tentang Pandemi Covid-19 tidak bisa di anggap  remeh, penyebaran yang cepat juga memicu kepanikan bagi warga masyarakat yang ada di setiap tempat, sehingga pemutusan rantai penyebaran  harus menjadi prioritas kerja semua stake holder baik di tingkat pusat maupun tingkat desa.

Dari kasus ini, disetiap daerah yang ada di indoesia sudah mengeluarkan himbuauan untuk menutup tempat tempat umum atau keramaian, yang nantinya akan  memicu penyebaran.

Bahkan dalam hal ini,  desa sudah di himbau untuk membuat Satgas Pencegahan Covid-19 untuk megantisipasi  meluasnya  korban , berangkat dari itu, setiap desa dan kelurahan yang ada di indonesia khsususnya di Lombok Timur sudah mulai melakukan gerakan.

Tidak terkecuali di Desa Anjani  Kecamatan Surlaga  yang terdiri dari 11.416 jiwa dengan 3.544 kk  juga telah membentuk satgas siaga covid-19 yang langsung dikomandoi oleh kepala desa  anjan H. M. Zulkarnain yang  turun kesetiap pelosok pemukiman warga untuk melakukan penyemprotan dan memberikan edukasi terhadap masyarakat tentang bagaiamana pencegahan pandemi ini.

Tentu gerakan yang dilakukan oleh pemerintah desa tidak bisa dilakukan  sendiri mengingat desa anjani terdiri dari delapan kekadusan yang luas wilayahnya 423,150 ha/m², sehingga pemerintah desa  mengupayakan gerakan sterilisasi dusun dari covid-19 dilakukan secara partisipatif dengan melibatkan  Kepala Dusun, Karang Taruna, BPD, LKMD, LSD  dan semua Pengurus Organisasi tingkat RT maupun tingkat dusun yang ada di Desa Anjani.

Aksi sterilisasi yang dimulai dari tanggal 26 Maret 2020 yang di awali dengan penyemprotan disinfektan di tempat tempat  umum seperti Kantor Desa, Musalla, Pasar,  Masjid dan  dilanjutkan dengan penyemprotan kesetiap rumah warga.  Tentunya aksi ini  mendapat apresiasi dari masyarakat atas kesigapan  pemerintah desa dalam menyikapi permasalahan ini.

Kepala Desa Anjani H.M Zulkarnain mengungkapkan “ aksi pencegahan  melalui penyemprotan disinfektan dan sosialisasi tentang pencegahan akan rutin dilaksanakan. bukan hanya itu,  kedepan  pemerintah desa akan membuat tempat cuci tangan  pada tempat tempat strategis di setiap pelosok Desa Anjani dalam upaya menjaga kebersihan untuk meminimalisir peenyebaran Covid-19 atau yang biasa disebut virus corona.

Dari itu, lanjutnya “ kami sangat mengharapkan bantuan dari semua masyarakat yang ada di desa anjani untuk kita sama sama menjaga diri dan lingkungan dengan belajar pola hidupbersih dan  sehat yang  setidaknya bisa menjadi cara untuk melindungi diri dan keluarga dari keganasan virus ini. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kacang Komak Sayuran Populer Warga Lombok

Suela. SK _ Kacang komak merupakan jenis sayur popular masyarakat pedesaan. Kacang-kacangan ini dibudidayakan oleh petani pada musim penghujan hingga dapat dipanen sampai dengan musim kemarau tiba.

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur

Berikut nama desa dan dusun dari 15 desa di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. 1). DESA BAGEK PAPAN    KODE POS : 83654 Dusun Tongtong Suit Dusun Bampak Dusun Bagik Papan 2). DESA TANAK GADANG   KODE POS : 83654 Dusun Temanjor Dusun Temanjor Timur Dusun Tegaron 3). DESA APITAIK    KODE POS : 83654 Dusun Bagek Kedok Daya Dusun Bagek Kedok Lauk Dusun Gubuk Montong Dusun Gubuk Pande Dusun Gubuk Lekok Dusun Gubuk Pernek Dusun Dasan Bagek lauk Dusun Dasan Bagek Daya 4). DESA TEKO    KODE POS : 83654 Dusun Teko Daya Dusun Teko Lauk Dusun Pedangeran Dusun Bagek Anjar 5). DESA KERUMUT    KODE POS : 83654 Dusun Benteng Dusun Kerumut Dusun Toron Dusun Dasan Lendang Dusun Gubuk Daya 6). DESA ANGGARAKSA    KODE POS : 83654 Dusun Mudung Barat Dusun Mudung Timur Dusun Aik Dalem Dusun Sangkar Sukun 7). DESA POHGADING    KODE POS : 83654 Dusun Gubuk Daya Dusun Gubuk Timuk Dusun Gubuk Tengak Dusun Gubuk Lauk Dusun Bubur Gadung Dusun Ded

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur

Daftar nama desa dan dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur 1). DESA AIKMEL    KODE POS : 83653 Dusun Cepak Daya Dusun Batu Belek Dusun Kampung Remaja Dusun Kampung Karya Dasan Beruk Dusun Kampung Karya Barat Cepak Lauk 2). DESA AIKMEL BARAT    KODE POS : 83653 Dusun Banjarsari Dusun Pungkang Daya Dusun Pungkang Lauk Dusun Pungkang Daya Baru Dusun Banjarsari Lauk 3). DESA AIKMEL TIMUR    KODE POS : 83653 Dasan Bagek Timur Dasan Bagek Barat Dusun Cepak Timur 4). DESA AIKMEL UTARA    KODE POS : 83653 Dasan Lian Lauk Dasan Lian Daya Dusun Aik Asak Dusun Karang Petak Dasan Lian Daya Barat 5). DESA AIK PERAPA    KODE POS : 83653 Dusun Aik Perapa Dusun Sempur Daya Dusun Sempur Lauk Dusun Otak Ree 6). DESA TOYA    KODE POS : 83653 Dusun Toya Lauk Dusun Toya Daya Dusun Peneda Dusun Aik Lomak Dusun Daarul Ikhsan Dusun Al-Muttaqin Dusun Pertemuan Dusun Montor Lekong Dusun Kekuang 7). DESA KEMBANG KERANG    KODE POS : 83653