Langsung ke konten utama

Tim Resnarkoba Polda NTB Gerbek Rumah Pabrik Sabu Lombok Timur

 



Lotim.SK_Perkembangan jaringan penjahat narkoba di NTB kian memperihatinkan. Pasalnya, Sabtu, (21/11) sekitar pukul 15.30 Wita, Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda NTB menggerbek sebuah rumah di Kecamatan Pringgasela Kabupaten Lombok Timur.

 

Rumah itu digerbek lantaran digunakan sebagai pabrik pembuatan narkotika jenis sabu.

 

Direktur Resnarkoba Polda NTB Kombes Pol Helmi Kwarta Kusuma PR saat konferensi pers, Ahad siang (22/11) mengungkapkan, kasus itu berhasil diungkap berkat kerjasama Ditresnarkoba dengan pihak Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Mataram.

 

“Ditnarkoba telah membangun komitmen atau kesepahaman dengan Kalapas, untuk bersama-sama menjaga wilayah NTB ini dari peredaran narkoba,” katanya.

 

Sesuai laporan Ketua Tim Opsnal Ditresnarkoba Polda NTB, AKP I Made Yogi Purusa Utama, pihaknya berhasil mengamankan 10 Orang tersangka termasuk pemilik pabrik narkotika.

 

“Sepuluh pelaku ini merupakan satu kelompok jaringan yang dalam mendapatkan sabu. Mereka disuplai atau dapatkan dari orang yang mereka panggil dengan sebutan Ustadz. Si-Ustadz inilah yang rumahnya dijadikan pabrik sabu rumahan, yang peralatannya difasilitasi oleh yang disebut "Jenderal Yusuf" yang ada di dalam Lapas,” jelasnya.

 

Penggebekkan tersebut berawal dari informasi yang dihimpun Tim Opsnal Ditresnarkoba Polda NTB, kemudian Tim berkoordinasi dengan Lapas Kelas II A Mataram. Tujuannya guna mempertajam informasi yang didapat sebelumnya dan diyakini bahwa di wilayah Lombok timur tepatnya di Kecamatan Selong dan Peringgesele Lombok Timur ada pabrik narkotika dan tempat transaksi narkoba.

 

Berbekal informasi tersebut kemudian sekitar pukul 12.00 Wita Ketua Tim AKP Made Yogi mengumpulkan anggota di Pos Polisi Cakranegara. Tim kemudian langsung bergerak menuju TKP pertama di Lombok Timur yakni di kos-kosan yang berada di lingkungan Muhajirin, Desa Pancor, Kecamatan Selong Lombok Timur.

 

Di sini petugas langsung melakukan penggerbekkan pada empat kamar kos. Ada 8 orang tersangka yang diamankan. Mereka adalah SRA, RS, HA, RP, dan HD. Keenam orang ini beralamat di Pancor, Kecamatan Selong Lombok Timur.

 

Pelaku lain yang diamankan yakni RAK dan SH. Masing-masing berasal dari Selong dan Batu Beleq.

 

Selanjutnya, dengan disaksikan Ketua RT dan pemilik kos kemudian tim menggeledah ditemukan barang bukti di masing-masing kamar kos. Beberapa barang bukti yang diamankan yakni,  sabu 1 klip isi 5 poket, sabu 1 poket berada di belakang salon, sabu di dalam tempat Mentos 3 klip sedang.

 

Selain itu, diamankan pula, sabu 1 poket yang berada di lantai kamar. Total berat keseluruhan barang haram yang ditemukan itu mencapai 15.28 gram.

 

Diamankan pula  1 unit timbangan digital, 1 kotak hitam sedang berisikan klip sedang dan kecil. Ada juga 1 buah alat hisap, 1 unit HP Realmi biru, 1 unit HP iPhone putih, 1 unit HP Oppo android dan 2 unit HP Samsung lipat.

 

Tak cukup dengan temuan itu, tim kemudian bergerak menuju kamar 3. Di sini di temukan 1 klip kecil BB sabu yang disimpan di dalam kamar mandi dengan berat bruto 0,44 gram.

 

Ada juga 1 unit timbangan digital, 1 unit HP kecil dan hitam 2 buah bong serta 1 buah dompet Ccoklat. Berikutnya, ada uang Rp 2.450.000 dan 1 dompet coklat kecil.

 

Belum selesai, tim lalu bergerak menuju kamar 4. Di sini ditemukan 1 klip kecil BB sabu yang dibuang di tong sampah dengan berat bruto 0,40 gram. Ada juga 1 unit HP android warna putih, uang Rp 6.107.000 dan 1 Unit HP warna hitam.

 

Setelah berhasil mengamankan tersangka berikut barang bukti narkoba di tempat ini, Tim kemudian langsung bergerak menuju TKP berikutnya, yakni di Kecamatan Pringgasela Lombok Timur. 

 

Sekitar pukul 15.30 Wita Tim tiba di TKP di sebuah rumah yang diduga digunakan sebagai pabrik pembuatan narkotika. Di sini Tim langsung melakukan penggerebekan dan berhasil mengamankan 2 Orang tersangka yang ada di dalam rumah.

 

Keduanya yakni, SS dan RW. Masing-masing merupakan warga Pringgasela dan Masbagik. SS belakangan diketahui merupakan pemilik pembuat pabrik. Sementara RW merupakan anak buahnya.

 

Selanjutnya dengan disaksikan oleh kepala dusun setempat, Tim melakukan penggeledahan di dalam rumah tersangka. Saat penggeledahan ditemukan sebuah ruangan menyerupai pabrik pembuatan bahan baku narkotika beserta peralatannya.

 

Untuk proses hukum lebih lanjut, 10 orang tersangka berikut barang buktinya. Mereka diamankan ke Kantor Ditresnarkoba Polda NTB dan tersangka dijerat dengan sejumlah pasal dalam UU RI No 35 TAHUN 2009 Tentang Narkotika.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kacang Komak Sayuran Populer Warga Lombok

Suela. SK _ Kacang komak merupakan jenis sayur popular masyarakat pedesaan. Kacang-kacangan ini dibudidayakan oleh petani pada musim penghujan hingga dapat dipanen sampai dengan musim kemarau tiba.

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur

Berikut nama desa dan dusun dari 15 desa di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. 1). DESA BAGEK PAPAN    KODE POS : 83654 Dusun Tongtong Suit Dusun Bampak Dusun Bagik Papan 2). DESA TANAK GADANG   KODE POS : 83654 Dusun Temanjor Dusun Temanjor Timur Dusun Tegaron 3). DESA APITAIK    KODE POS : 83654 Dusun Bagek Kedok Daya Dusun Bagek Kedok Lauk Dusun Gubuk Montong Dusun Gubuk Pande Dusun Gubuk Lekok Dusun Gubuk Pernek Dusun Dasan Bagek lauk Dusun Dasan Bagek Daya 4). DESA TEKO    KODE POS : 83654 Dusun Teko Daya Dusun Teko Lauk Dusun Pedangeran Dusun Bagek Anjar 5). DESA KERUMUT    KODE POS : 83654 Dusun Benteng Dusun Kerumut Dusun Toron Dusun Dasan Lendang Dusun Gubuk Daya 6). DESA ANGGARAKSA    KODE POS : 83654 Dusun Mudung Barat Dusun Mudung Timur Dusun Aik Dalem Dusun Sangkar Sukun 7). DESA POHGADING    KODE POS : 83654 Dusun Gubuk Daya Dusun Gubuk Timuk Dusun Gubuk Tengak Dusun Gubuk Lauk Dusun Bubur Gadung Dusun Ded

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur

Daftar nama desa dan dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur 1). DESA AIKMEL    KODE POS : 83653 Dusun Cepak Daya Dusun Batu Belek Dusun Kampung Remaja Dusun Kampung Karya Dasan Beruk Dusun Kampung Karya Barat Cepak Lauk 2). DESA AIKMEL BARAT    KODE POS : 83653 Dusun Banjarsari Dusun Pungkang Daya Dusun Pungkang Lauk Dusun Pungkang Daya Baru Dusun Banjarsari Lauk 3). DESA AIKMEL TIMUR    KODE POS : 83653 Dasan Bagek Timur Dasan Bagek Barat Dusun Cepak Timur 4). DESA AIKMEL UTARA    KODE POS : 83653 Dasan Lian Lauk Dasan Lian Daya Dusun Aik Asak Dusun Karang Petak Dasan Lian Daya Barat 5). DESA AIK PERAPA    KODE POS : 83653 Dusun Aik Perapa Dusun Sempur Daya Dusun Sempur Lauk Dusun Otak Ree 6). DESA TOYA    KODE POS : 83653 Dusun Toya Lauk Dusun Toya Daya Dusun Peneda Dusun Aik Lomak Dusun Daarul Ikhsan Dusun Al-Muttaqin Dusun Pertemuan Dusun Montor Lekong Dusun Kekuang 7). DESA KEMBANG KERANG    KODE POS : 83653