Praktik Baik, Musrenbang Aikmel Identifikasi Kebutuhan Kelompok Rentan - Speaker Kampung

Breaking News

Home Top Ad

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Thursday, 25 February 2021

Praktik Baik, Musrenbang Aikmel Identifikasi Kebutuhan Kelompok Rentan

 

Aikmel.SK_Camat Aikmel beserta jajarannya kembali menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan pada Rabu-Kamis, 24-25/2021, bertempat di Aula Kantor Camat Aikmel. 

Perhelatan selama dua hari berturut-turut ini diselenggarakan untuk mengidentifikasi, menghimpun dan menyepakati kegiatan yang akan diusulkan kepada pemerintah Kab. Lombok Timur untuk didanai melalui APBD 2022.

Penyelenggaraan Musrenbang Kecamatan kali ini berbeda dari biasanya dimana sekitar 25 orang dari unsur perempuan, warga lanjut usia (lansia), anak dan penyandang disabilitas mengambil bagian dalam proses musrenbang kecamatan. 

Camat Aikmel Lalu Suhaemi mengatakan bahwa perwakilan kelompok rentan tersebut sengaja dihadirkan agar kita bisa menyerap secara langsung aspirasi dan kebutuhan mereka. 

"kita hadirkan perwakilan masing-masing kelompok untuk mengusulkan kebutuhan mereka" jelas Suhaemi pada awak media Kamis 25/2/2021.

Selanjutnya aspirasi dan kebutuhan mereka tersebut dupayakan untuk bisa diakomodir dalam Daftar Usulan Kecamatan yang nanti akan disampaikan kepada Bappeda dan SKPD terkait. 

Nanik Munthohiyah District Coordinator KOMPAK Kab. Lombok Timur menyampaikan bahwa, wajah baru pelaksanaan musrenbang kecamatan ini adalah perwujudan dari prakarsa Bappeda Kabupaten Lombok Timur yang didukung oleh KOMPAK. 

"Misi yang diusung adalah mendorong terwujudnya proses musrenbang kecamatan yang lebih prosedural, partisipatif dan inklusif dengan melibatkan kelompok-kelompok yang selama ini kurang mendapat ruang dalam proses perencanaan pembangunan daera" katanya.

Pembenahan musrenbang kecamatan tidak hanya tercermin pada prosesnya yang semakin partisipatif dan terbuka, namun juga pada ragam usulan yang dihasilkan. 

Masih kata Nanik, bila pada musrenbang terdahulu usulan kegiatan lebih banyak didominasi oleh kegiatan fisik prasarana, maka pada musrenbang tahun 2021 ini juga banyak mengakomodir usulan-usulan untuk peningkatan usaha kelompok perempuan dan peningkatan kesehatan ibu/anak. 

Di samping itu juga muncul berbagai usulan spesifik terkait kebutuhan warga lansia, anak dan penyandang disabilitas.

Sementara menurut Kepala Bidang Program Litbang- Bappeda Kabupaten Lombok Timur Drs Edy Ilham, M.H, memberikan apresiasi yang tinggi kepada Camat, PTPD, Pendamping Desa dan seluruh pihak yang telah berperan dalam mewujudkan proses Musrenbang Kecamatan yang lebih berkualitas. 

"kami akan mendorong agar praktek baik penyelenggaraan musrenbang di Kecamatan Aikmel ini dapat  dipraktekkan juga  oleh kecamatan lain di seluruh kabupaten Lombok Timur" tutup Edy Ilham.


No comments:

Post Bottom Ad