Langsung ke konten utama

YAP Bantu Tower Penampungan Air Bersih Untuk Warga Labuhan Pandan

 


Lombok Timur, SK - Yayasan Anak Pantai (YAP) Anak-Anak Lombok Timur Foundation (A2LTF) dan Wilde GANZEN pada tahun 2021 ini menyalurkan bantuan Lima belas (15) tower penampungan air bersih menyasar masyarakat Desa Labuhan Pandan, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, NTB.


Sasaran bantuannya mencakup tujuh kewilayahan se-Desa Labuhan Pandan. Antaranya, Labuhan Pandan Tengak, Labuhan Pandan Induk, Bagik Elok, Veteran, Pulur dan Dusun Tarum. Masing-masing dusun dipasangkan 2 hingga 3 tower beserta mesin pembangkitnya, menyasar ratusan warga rentan yang bermukim di desa tersebut. 


"Ya memang benar, YAP sudah dirikan 15 tower penampungan air bersih di Desa Labuhan Pandan. Airnya di suplai dari sumur milik warga menggunakan mesin pembangkit," terang Munawir Haris, Sabtu, (13/6)


Saat meninjau titik lokasi pemasangan tower bersama Kadus Labuhan Pandan Tengak, Haris menghimbau kepada warga penerima manfaat agar merawat tower yang sudah terpasang tersebut sebaik-baiknya untuk kepentingan bersama. 


Untuk satu tower yang dipasang berkapasitas 1100 liter. YAP berikan secara berkelompok minimal lima Kepala Keluarga (5KK) selebihnya diserahkan kepada ketua kelompok yang mengaturnya.


"Silahkan diatur sendiri jika masih ada warga lain yang membutuhkan air bersih, jangan dilarang karena niat kami memberikan tower ini untuk kepentingan bersama bukan untuk dimiliki secara pribadi," kata Haris di depan warga.


Jikapun misalnya ada indikasi di kemudian hari tower ini diklaim atau dikuasai oleh satu pihak, YAP tidak akan segan menariknya kembali kemudian dipindahkan ke kelompok lain. 


"Tower serta mesin ini tidak boleh dikuasai oleh satu pihak, ini untuk kepentingan bersama. Apabila di kemudian hari kami temukan tower ini dikuasai oleh satu pihak, maka pihak Yayasan tidak akan segan menariknya kemudian kami diberikan pada orang yang lebih membutuhkan," tegasnya.


Bantuan tower penampungan air bersih ini awalnya dihajatkan setelah melihat masih belum meratanya warga Labuhan Pandan mendapatkan pasokan air bersih sehingga pihak yayasan terpanggil untuk membangunkan tower. 


Kebanyakan, air bersih yang dikonsumsi warga Labuhan Pandan untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari bersumber dari galian sumur. Kedalaman sumur di desa tersebut variatif, ada yang lima meter bahkan ada yang lebih dari sepuluh meter baru airnya bisa keluar.


Selain sumur sebagai sumber mata air, sebagian warga juga menggunakan jasa PDAM. Kadang pasokan air dari PDAM itu belum mampu memenuhi kebutuhan warga. Belum lagi bayaran bulanannya cukup mahal bagi warga yang pendapatan ekonominya menengah ke bawah.


Melihat kondisi seperti ini, YAP kemudian mengusulkan pada lembaga pandingnya (A2LTF) Belanda dan Wilde Ganzen, Australia untuk menyalurkan bantuan pengadaan tower air bersih lengkap dengan mesin pembangkitnya.


Dengan terealisasinya bantuan tower ini, tidak sedikit masyarakat khususnya Labuhan Pandan, merasa terbantu sehingga pasokan air untuk memenuhi kebutuhan minum, mandi, mencuci dan lain sebagainya bisa dinikmati warga.


"Alhamdulillah dan terima kasih pada YAP yang sudah memberikan bantuan tower gratis kepada kami. Kami merasa sangat terbantu dan akan kami rawat tower ini dengan baik. Terimakasih sekali lagi," kata Tahwa, warga Dusun Tarum dan Endang Dusun Pulur mewakili warga lainnya.


Melihat animo masyarakat yang ingin memiliki tower penampungan air bersih cukup banyak sehingga, pada tahap berikutnya, YAP berencana akan menyalurkan bantuan itu lagi.


"Insya Allah pada tahap kedua nanti kita bisa bantu masyarakat yang belum. Doakan saja semoga bisa terealisasi," kata Abdullah panggilan Wak Acok. (Ggar)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kacang Komak Sayuran Populer Warga Lombok

Suela. SK _ Kacang komak merupakan jenis sayur popular masyarakat pedesaan. Kacang-kacangan ini dibudidayakan oleh petani pada musim penghujan hingga dapat dipanen sampai dengan musim kemarau tiba.

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur

Berikut nama desa dan dusun dari 15 desa di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. 1). DESA BAGEK PAPAN    KODE POS : 83654 Dusun Tongtong Suit Dusun Bampak Dusun Bagik Papan 2). DESA TANAK GADANG   KODE POS : 83654 Dusun Temanjor Dusun Temanjor Timur Dusun Tegaron 3). DESA APITAIK    KODE POS : 83654 Dusun Bagek Kedok Daya Dusun Bagek Kedok Lauk Dusun Gubuk Montong Dusun Gubuk Pande Dusun Gubuk Lekok Dusun Gubuk Pernek Dusun Dasan Bagek lauk Dusun Dasan Bagek Daya 4). DESA TEKO    KODE POS : 83654 Dusun Teko Daya Dusun Teko Lauk Dusun Pedangeran Dusun Bagek Anjar 5). DESA KERUMUT    KODE POS : 83654 Dusun Benteng Dusun Kerumut Dusun Toron Dusun Dasan Lendang Dusun Gubuk Daya 6). DESA ANGGARAKSA    KODE POS : 83654 Dusun Mudung Barat Dusun Mudung Timur Dusun Aik Dalem Dusun Sangkar Sukun 7). DESA POHGADING    KODE POS : 83654 Dusun Gubuk Daya Dusun Gubuk Timuk Dusun Gubuk Tengak Dusun Gubuk Lauk Dusun Bubur Gadung Dusun Ded

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur

Daftar nama desa dan dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur 1). DESA AIKMEL    KODE POS : 83653 Dusun Cepak Daya Dusun Batu Belek Dusun Kampung Remaja Dusun Kampung Karya Dasan Beruk Dusun Kampung Karya Barat Cepak Lauk 2). DESA AIKMEL BARAT    KODE POS : 83653 Dusun Banjarsari Dusun Pungkang Daya Dusun Pungkang Lauk Dusun Pungkang Daya Baru Dusun Banjarsari Lauk 3). DESA AIKMEL TIMUR    KODE POS : 83653 Dasan Bagek Timur Dasan Bagek Barat Dusun Cepak Timur 4). DESA AIKMEL UTARA    KODE POS : 83653 Dasan Lian Lauk Dasan Lian Daya Dusun Aik Asak Dusun Karang Petak Dasan Lian Daya Barat 5). DESA AIK PERAPA    KODE POS : 83653 Dusun Aik Perapa Dusun Sempur Daya Dusun Sempur Lauk Dusun Otak Ree 6). DESA TOYA    KODE POS : 83653 Dusun Toya Lauk Dusun Toya Daya Dusun Peneda Dusun Aik Lomak Dusun Daarul Ikhsan Dusun Al-Muttaqin Dusun Pertemuan Dusun Montor Lekong Dusun Kekuang 7). DESA KEMBANG KERANG    KODE POS : 83653