Pengurus LPTQ Kecamatan Sambelia, Susun Agenda Seleksi Calon Peserta MTQ - Speaker Kampung

Breaking News

Home Top Ad

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Thursday, 8 July 2021

Pengurus LPTQ Kecamatan Sambelia, Susun Agenda Seleksi Calon Peserta MTQ

Lombok Timur, SK - Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) merupakan lembaga yang berperan melakukan pelatihan dan pembinaan kepada masyarakat (khususnya umat Islam) dalam Tilawah Al Qur'an. 


LPTQ sebagai nakhoda pengembangan Al Qur'an harus memiliki komitmen dalam mendidik generasi penerus sehingga tercapai tujuan membumikan Al Qur'an di Lombok Timur. Pengurus LPTQ juga diharap bisa menjalin kerjasama dengan semua stakeholder baik lembaga pemerintah, keagamaan maupun pemuda yang ada di wilayahnya.


Niat luhur Bupati Lombok Timur yang ingin membumikan Al Qur'an di Bumi Patuh Karya, patut diacungkan jempol. Semua pengurus LPTQ yang sudah dibentuk baik di tingkat Kabupaten/kota hingga tingkat kecamatan diharap bisa bekerja kolaboratif.


Untuk merealisasikan impian itu, pengurus LPTQ tingkat Kecamatan Sambelia yang diketuai oleh Sekcam Sambelia, Abdul Rakhman, SE sudah mulai menyusun beberapa agenda seleksi bersama pengurus dan anggota lainnya.


Dalam rapat kerja yang berlangsung di kantor camat Sambelia, Rabu (7/7) Abdul Rakhman berharap kepada pemerintah desa serta pembina TPQ di masing-masing wilayah agar bisa bekerja sama dalam melakukan seleksi tingkat desa. 


Salah satu contoh kata Sekcam, Kepala Desa Sugian, Lalu. Mustiadi, sudah mulai memberikan penekanan kepada semua pembina TPQ agar melakukan pelatihan, pembinaan dan seleksi kepada santri/santriwati untuk menyongsong MTQ tingkat Kabupaten nanti. 


"Pemerintah Desa Sugian sudah siap melakukan seleksi peserta tingkat desa. Kadesnya sudah memberikan penekanan kepada semua pembina TPQ. Hal yang sama juga kita harapkan pada kades desa lainnya" kata Sekcam.


Hasil seleksi tingkat desa itu kemudian nanti akan di adu lagi di tingkat kecamatan pada bulan September mendatang dengan peserta dari desa lain. Hasil seleksi tingkat kecamatan tersebut kemudian akan dipertandingkan di tingkat kabupaten pada bulan berikutnya.


Pelindung/penasehat LPTQ tingkat kecamatan sekaligus camat Sambelia, Ishak, SH mengatakan, pelaksanaan seleksi tingkat desa menurutnya adalah langkah yang tepat untuk melihat layak atau tidaknya peserta itu mengikuti lomba. Disinilah peran pengurus LPTQ untuk melakukan pelatihan dan pembinaan. 


"Sebenarnya yang menjadi permasalahannya adalah keistiqomahan kita saja dalam melakukan pelatihan dan pembinaan," kata camat.

Camat juga menekankan kepada ketua LPTQ agar intens melakukan komunikasi dengan semua pemerintah desa agar mereka bergairah untuk mengadakan seleksi Tilawatil Qur'an tingkat desa. "Kalau masalah dana jangan terlalu dipikirkan," katanya lagi.


Kapolsek Sambelia, IPTU. Ahmad Yani, yang juga pelindung/penasehat LPTQ dalam rapat kerja itu menambahkan, sejak tahun 2018 lalu katanya, wacana seperti ini sebenarnya sudah digaungkan. 


Namun, seiring berganti kepemimpinan wacana itu selalu gagal. Dan pada tahun ini Kapolsek berharap agar jangan sampai gagal. 


"Kita berharap siapapun pemimpin (camat) jangan sampai gagal lagi," tutupnya. (Ggar)

No comments:

Post Bottom Ad