Langsung ke konten utama

Sekilas Tentang Tuselak


Lotim.SK_Pada masyarakat suku Sasak Lombok marak penggunaan ilmu hitam yang kerap digunakan untuk pesugihan,untuk mendapatkan harta warisan, uang ataupun kekuasaan. Selain itu ilmu hitam juga sebagai alat pembelaan diri ketika sedang berperang.


Menurut keterangan Dahrum warga Desa Ketangga Kecamatan Suela-Lotim menyebutkan bahwa ilmu hitam ataupun ilmu supranatural lainya seperti Pelet, soke, ilmu kebal hingga tuselak berkembang pada masa kecilnya.


"Jenis soke, begik, senggeger dan ilmu kebal dan ilmu berupa puji pujian sudah lama ada" jelas Dahrum Senin 19/9/2021.


Terkait dengan Tuselak, Dahrum memaparkan bahwa awal dan kronologi adanya Tuselak dari seseorang yang mencari ilmu senggeger. 


"Bermula dari salahnya seseorang dukun atau guru yang memberikan ilmu senggeger dan kemudian ia diberikan ilmu lain" jelasnya.


Secara tidak langsung, seseorang yang menerima ilmu dari dukun yang dipercaya berubah jadi Tuselak.


Dalam praktiknya, mereka yang menggunakan ilmu hitam tersebut melakukan perjanjian dengan bangsa jin. Namun konsekwensinya, ia akan menjadi mahkluk jadi-jadian atau siluman. Mahkluk itulah yang masyarakat Lombok kenal dengan sebutan Tuselak.


Tuselak, adalah sebutan setan dalam bahasa sasak. Selak sebenarnya merupakan sebuah kesalahan dalam niat. Orang Lombok pada jaman dahulu masih akrab dengan dunia perdukunan. Dunia perdukunan tersebut diniatkan untuk kaya atau melancarkan bisnis, semacam pesugihan jika ditafsirkan dalam pemahaman di tanah jawa. Mereka diberikan syarat oleh sang dukun untuk dipenuhi. Syaratnya adalah mandi kembang pada pelataran dengan menggunakan kuali, sesudah itu ia akan menjadi selak.



Ilmu selak ini hakikatnya sangat bertentangan dengan ajaran Islam yang ada di Lombok. Oleh sebab itu, penggunanya bersifat buruk, seperti meneror, dan menakut-nakuti orang lain. Selak berubah wujud ketika marah ataupun ketika malam hari. Ia makan hewan-hewan kecil dan minum kotoran di malam hari.


Bahkan, ada juga selak yang menghisap darah orang mati lewat kukunya. Setidaknya hal ini masih ditemui berpuluh tahun silam, ketika listrik belum masuk ke dalam pulau yang dikenal dengan sebutan Pulau Seribu Masjid ini.


Selak ternyata juga bisa diturunkan untuk keturunan selanjutnya. Semacam kutukan bangsa jin atas perjanjian yang telah dilakukan pengguna ilmu hitam karena telah mendapatkan apa yang ia inginkan.


Selak tidak terlihat ketika di siang hari karena rupanya benar-benar menyerupai manusia biasa. Bahkan Selak yang beragama Islam mengikuti solat di Masjid.


Namun saat malam atau ketika sedang marah, Selak akan berubah menjadi sosok yang sangat menyeramkan, seperti sosok yang terbang atau sosok yang benar-benar sangat menakutkan.


Ilmu Selak tidak akan lekang oleh zaman karena ilmu ini menurun dari pengamalnya. Kita sebagai mahkluk yang mempunyai akal pantasnya mendapatkan sesuatu atas usaha sendiri, jangan sampai penggunaan ilmu hitam untuk kesenangan sementara mengakibatkan keturunan kita menderita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kacang Komak Sayuran Populer Warga Lombok

Suela. SK _ Kacang komak merupakan jenis sayur popular masyarakat pedesaan. Kacang-kacangan ini dibudidayakan oleh petani pada musim penghujan hingga dapat dipanen sampai dengan musim kemarau tiba.

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur

Berikut nama desa dan dusun dari 15 desa di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. 1). DESA BAGEK PAPAN    KODE POS : 83654 Dusun Tongtong Suit Dusun Bampak Dusun Bagik Papan 2). DESA TANAK GADANG   KODE POS : 83654 Dusun Temanjor Dusun Temanjor Timur Dusun Tegaron 3). DESA APITAIK    KODE POS : 83654 Dusun Bagek Kedok Daya Dusun Bagek Kedok Lauk Dusun Gubuk Montong Dusun Gubuk Pande Dusun Gubuk Lekok Dusun Gubuk Pernek Dusun Dasan Bagek lauk Dusun Dasan Bagek Daya 4). DESA TEKO    KODE POS : 83654 Dusun Teko Daya Dusun Teko Lauk Dusun Pedangeran Dusun Bagek Anjar 5). DESA KERUMUT    KODE POS : 83654 Dusun Benteng Dusun Kerumut Dusun Toron Dusun Dasan Lendang Dusun Gubuk Daya 6). DESA ANGGARAKSA    KODE POS : 83654 Dusun Mudung Barat Dusun Mudung Timur Dusun Aik Dalem Dusun Sangkar Sukun 7). DESA POHGADING    KODE POS : 83654 Dusun Gubuk Daya Dusun Gubuk Timuk Dusun Gubuk Tengak Dusun Gubuk Lauk Dusun Bubur Gadung Dusun Ded

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur

Daftar nama desa dan dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur 1). DESA AIKMEL    KODE POS : 83653 Dusun Cepak Daya Dusun Batu Belek Dusun Kampung Remaja Dusun Kampung Karya Dasan Beruk Dusun Kampung Karya Barat Cepak Lauk 2). DESA AIKMEL BARAT    KODE POS : 83653 Dusun Banjarsari Dusun Pungkang Daya Dusun Pungkang Lauk Dusun Pungkang Daya Baru Dusun Banjarsari Lauk 3). DESA AIKMEL TIMUR    KODE POS : 83653 Dasan Bagek Timur Dasan Bagek Barat Dusun Cepak Timur 4). DESA AIKMEL UTARA    KODE POS : 83653 Dasan Lian Lauk Dasan Lian Daya Dusun Aik Asak Dusun Karang Petak Dasan Lian Daya Barat 5). DESA AIK PERAPA    KODE POS : 83653 Dusun Aik Perapa Dusun Sempur Daya Dusun Sempur Lauk Dusun Otak Ree 6). DESA TOYA    KODE POS : 83653 Dusun Toya Lauk Dusun Toya Daya Dusun Peneda Dusun Aik Lomak Dusun Daarul Ikhsan Dusun Al-Muttaqin Dusun Pertemuan Dusun Montor Lekong Dusun Kekuang 7). DESA KEMBANG KERANG    KODE POS : 83653