Langsung ke konten utama

Dikbud NTB Apresiasi Sabtu Budaya SMAN 1 Sambelia



Lombok Timur, SK - Program gelar Sabtu Budaya adalah salah satu program Dikbud Provinsi NTB untuk mencari talenta dari sekolah. Selama ini siswa-siswi yang memiliki bakat seni sangat banyak tapi selalu terpendam sebab mereka jarang diberikan ruang untuk mengekpresikan diri. Demikian dikatakan Kepala Cabang Dikbud (KCD) Lombok Timur, DR. H. Mashun, M.Pd., M.AP, pada Media ini, Jum'at, (10/12) usai mengikuti gelar Sabtu Budaya di SMAN 1 Sambelia. 


Dikatakannya, khusus di Sambelia, ia melihat berbagai macam dinamika seni dan budaya ada di sini, termasuk seni tari. Seni tari yang diperagakan siswi SMAN 1 Sambelia yang baru di tonton katanya masuk unsur budaya tradisional Bali. Tarian itu kata Mashun, sangat indah dan menarik perhatian sehingga tidak heran apabila, ia menjuluki Sambelia adalah  Indonesia Mini.


"Saya tadi melihat ada masuk tarian Bali. Jadi tidak hanya budaya lokal saja yang ditampilkan tetapi budaya luar juga bisa dikolaborasikan dalam tarian itu," cetusnya.


Untuk menggerakkan program Sabtu budaya di setiap sekolah, KCD Lotim akan terus melakukan pendampingan, pembinaan agar program pemerintah daerah ini bisa berjalan di setiap sekolah khususnya SMA/SMK sederajat. 


Ia berharap program Sabtu budaya bukan hanya sekedar seremonial belaka, tapi ini adalah kegiatan yang bersifat kontinyu dan terus menerus digalakkan untuk membangun talenta yang dimiliki anak didik.



Di tempat terpisah, Kepala Sekolah SMAN 1 Sambelia, Nardi, S.Pd. pada awak media mengatakan, program Sabtu budaya ini katanya sudah dilaksanakan sejak semester pertama. Dan program ini lanjutnya, pertama kali dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi NTB, belum ada di Provinsi-Provinsi lain di Indonesia.


Dengan terangkatnya program Sabtu budaya di NTB maka Provinsi lain di Indonesia bisa mencontohnya. Dan Budaya-budaya lokal manapun itu akan terangkat dengan diadakannya program Sabtu budaya di sekolah.


"Dengan terangkatnya program Sabtu budaya di setiap sekolah menengah di NTB maka Provinsi lain akan mencontohnya, itulah nilai positifnya," kata Nardi penuh semangat. 


Selain tujuan diatas, Sabtu budaya ini juga bertujuan untuk memberi ruang kepada anak didik untuk mengekspresikan diri setelah seminggu penuh, belajar di ruang kelas. Olahraga tradisional juga katanya bisa terangkat lewat program ini.


Salain seni tari, seni teater atau seni drama menggunakan bahasa Inggris juga ditampilkan di sekolah. Masing-masing cabang seni sudah ada yang melatih selain kreativitas siswa itu sendiri.


"Anak-anak saya berikan jadwal setiap sore untuk berlatih kemudian pada setiap hari Sabtu pada dua jam mata pelajaran mereka kreasikan karyanya," jelas Nardi.



Yang lebih menariknya tambah Nardi, siswa/siswi setiap pagi sebelum masuk kelas, diajarin makan saprah atau makan ramai-ramai beralaskan daun pisang di depan kelas. Tujuannya adalah untuk mengeratkan tali persaudaraan antara siswa.


"Sebelum masuk belajar, mereka makan saprah di depan kelasnya masing-masing. Sedikit sama sedikit untuk menumbuhkan tali persaudaraan antar siswa. Jika itu kita anggap bagus maka, kami akan ekspose di Dikbud kemudian apabila ada event kita diberikan jadwal untuk tampil," demikian dijelaskan Nardi.


Pada ajang Sabtu budaya itu, pihak sekolah memanfaatkan momen tersebut menyerahkan sertifikat kepada empat pelajar berprestasi yang telah berhasil mengikuti olimpiade pendidikan tingkat Provinsi dan Nasional sebulan yang lalu. Sertifikat untuk siswa berprestasi itu, diserahkan oleh KCD Lotim, H. Mashun.


Keempat siswi berprestasi tersebut adalah Depy dan Della Hazma Aulia Permata, peraih medali Emas ilmu Biologi, tingkat Nasional. Junia Jami Rahmawati, peraih medali Perunggu ilmu Ekonomi tingkat Nasional sekaligus juara satu tingkat Provinsi ilmu Kimia. 


Juara satu ilmu Bumi tingkat Provinsi diraih oleh, Gian Suhaliana dan teman-temanya. Terkahir juara tiga ilmu Bahasa Inggris tingkat Provinsi diraih oleh Yatmi Hijayanti.


Dengan adanya peraih medali ini, bisa dijadikan motivasi bagi anak didik lainnya. Kepala Sekolah berjanji akan selalu mensuport dan setiap sertifikat yang diterima oleh siswa berprestasi itu katanya akan dipajang nanti pada setiap event yang digelar oleh Dikbud. (Ggar) 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kacang Komak Sayuran Populer Warga Lombok

Suela. SK _ Kacang komak merupakan jenis sayur popular masyarakat pedesaan. Kacang-kacangan ini dibudidayakan oleh petani pada musim penghujan hingga dapat dipanen sampai dengan musim kemarau tiba.

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur

Berikut nama desa dan dusun dari 15 desa di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. 1). DESA BAGEK PAPAN    KODE POS : 83654 Dusun Tongtong Suit Dusun Bampak Dusun Bagik Papan 2). DESA TANAK GADANG   KODE POS : 83654 Dusun Temanjor Dusun Temanjor Timur Dusun Tegaron 3). DESA APITAIK    KODE POS : 83654 Dusun Bagek Kedok Daya Dusun Bagek Kedok Lauk Dusun Gubuk Montong Dusun Gubuk Pande Dusun Gubuk Lekok Dusun Gubuk Pernek Dusun Dasan Bagek lauk Dusun Dasan Bagek Daya 4). DESA TEKO    KODE POS : 83654 Dusun Teko Daya Dusun Teko Lauk Dusun Pedangeran Dusun Bagek Anjar 5). DESA KERUMUT    KODE POS : 83654 Dusun Benteng Dusun Kerumut Dusun Toron Dusun Dasan Lendang Dusun Gubuk Daya 6). DESA ANGGARAKSA    KODE POS : 83654 Dusun Mudung Barat Dusun Mudung Timur Dusun Aik Dalem Dusun Sangkar Sukun 7). DESA POHGADING    KODE POS : 83654 Dusun Gubuk Daya Dusun Gubuk Timuk Dusun Gubuk Tengak Dusun Gubuk Lauk Dusun Bubur Gadung Dusun Ded

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur

Daftar nama desa dan dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur 1). DESA AIKMEL    KODE POS : 83653 Dusun Cepak Daya Dusun Batu Belek Dusun Kampung Remaja Dusun Kampung Karya Dasan Beruk Dusun Kampung Karya Barat Cepak Lauk 2). DESA AIKMEL BARAT    KODE POS : 83653 Dusun Banjarsari Dusun Pungkang Daya Dusun Pungkang Lauk Dusun Pungkang Daya Baru Dusun Banjarsari Lauk 3). DESA AIKMEL TIMUR    KODE POS : 83653 Dasan Bagek Timur Dasan Bagek Barat Dusun Cepak Timur 4). DESA AIKMEL UTARA    KODE POS : 83653 Dasan Lian Lauk Dasan Lian Daya Dusun Aik Asak Dusun Karang Petak Dasan Lian Daya Barat 5). DESA AIK PERAPA    KODE POS : 83653 Dusun Aik Perapa Dusun Sempur Daya Dusun Sempur Lauk Dusun Otak Ree 6). DESA TOYA    KODE POS : 83653 Dusun Toya Lauk Dusun Toya Daya Dusun Peneda Dusun Aik Lomak Dusun Daarul Ikhsan Dusun Al-Muttaqin Dusun Pertemuan Dusun Montor Lekong Dusun Kekuang 7). DESA KEMBANG KERANG    KODE POS : 83653