Ticker

6/recent/ticker-posts

Ad Code

Responsive Advertisement

Dampak Perubahan Iklim, Petani di Lombok Timur Merugi


Lombok Timur, SK- Sejumlah petani di Lombok Timur mengalami kerugian imbas dari musim kemarau berkepanjangan dan musim hujan yang tak kunjung datang.

Suriadi (37 Tahun) salah seorang petani di Kecamatan Wanasaba, Lombok Timur menyampaikan kepada kami, sulitnya memprediksi cuaca akhir-akhir ini membuat dirinya belum berani bercocok tanam disawah miliknya, sehingga sampai saat ini sawahnya dibiarkan kosong begitu saja.

Biasanya diawal tahun  itu seharusnya sudah hujan tapi kami menunggu sampai saat ini hujan tak kunjung turun”. Jelasnya.

Meskipun saluran irigasi bisa mengairi sawah miliknya, namun debitnya kurang dari hulu di mata air sehingga tidak cukup, belum lagi harus dibagi dengan petani lain”, Tambah Suriadi.

 Saya tidak berani mengambil resiko, lebih baik menunda sampai musim hujan benar-benar tiba, ketimbang saya mengalami kerugian yang lebih besar,” Terangnya.

Cerita yang sama disampaikan oleh Kardiman, ia memilih menanami sawahnya dengan tanaman jagung, dengan alasan tanaman jagung lebih tahan dengan musim kemarau, namun ia tetap merugi karena hasil panenya tahun ini turun drastis, jika pada tahun-tahun sebelumnya sawahnya yang hanya setengah hektar itu mampu menghasilkan 1 ton jagung, namun ditahun ini ia hanya mendapatkan setengahnya atau berkisar 5 quintal.

Ia hanya berharap musim hujan segera tiba, dan adanya solusi dari Pemerintah Daerah Lombok Timur kepada para petani saat ini yang rata-rata mengalami kerugian”, Harap Kardiman.(*ci)


Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement