Langsung ke konten utama

Hari Santri 2023, TGH. Marwan Hakim Ceritakan Peran Ulama Dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia



Lombok Timur-SK, Setelah Hari Santri di putuskan diperingati setiap tanggal 22 Oktober yang diputuskan melalui keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri pada 15 Oktober 2015 lalu.

PC NU Lombok Timur menggelar peringatan hari santri setiap tahun yang di hadiri oleh puluhan santri dan pondok pesantren se Lombok Timur dan melibatkan semu Banom.

Kegiatan ini di selanggarakan di lapangan umum Desa aikmel, kecamatan Aikmel, kabupaten Lombok Timur. 

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua PC NU Lombok Timur  Tgh Marwan Hakim, jajaran pemerintah kecamatan Aikmel beserta pimpinan pondok pesantren se Lombok timur.

Dalam amanatnya, Marwan menyampaikan bahwa kemerdekaan Republik Indonesia karena peran para ulama sangat aktif dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, dan juga peran santri terbukti turut memegang peran penting untuk berjuang mempertahankan kemerdekaan agar sekutu tidak lagi menjajah di Bumi Pertiwi ini.

"Di Hari ini kita melaksanakan Hari Santri dengan niat memberikan penghargaan kepada para syuhada, para kiai para ulama yang  sudah melakukan perjuangan untuk kemerdekaan bagi bangsa dan negara dengan gerakan jihad. Bagi para santri, NKRI itu harga mati," papar Marwan dengan tegas.

Ia juga menceritakan kepada santri-santri yang ikut dalam acara apel tersebut bahwa pendiri Nahdlatul Ulama (NU) dan para ulama lainya telah mengeluarkan fatwa tepat di tanggal 22 Oktober tersebut.

"Ingat lah fatwa yang di katakan oleh pendiri NU yaitu kiai Hasyim Asy'ari beserta para ulama lanya, beliau mengatakan berjuang untuk membela tanah air hukumnya jihad Pi Sabilillah dan mencintai tanah air sebagian dari iman"imbuhnya.

Ada beberapa pelajaran dari fatwa itu kita bisa simpulkan bahwa pemerintah dan para ulama harus bersinergi dalam kemajuan negara Indonesia tegasnya.

Di tempat yang sama, setelah acara berlangsung ketua panitia beberkan beberapa persiapan dan lomba-lomba pasca hari santri yang di laksanakan Ahad 22 Oktober 2023 ini.

"Memang sangat berbeda dengan tahun lalu, hanya menggelar apel bersama saja, namun tahun ini kami memperbanyak acara-acara lomba sebelum acara, yakni lomba mewarnai, futsal, paduan suara dan karaoke islami" tutur Zamzami Azwar ketua panitia.

Dan semua lomba tersebut tidak di laksanakan di satu titik saja namun di laksanakan di beberapa kecamatan, acaranya sekitar 3 Minggu di selanggarakan.

"Zamzami menjelaskan bahwa lomba-lomba tersebut di selanggarakan di kecamatan masbagek, aikmel  dan wanasaba, terakhir kita di lapangan umum Desa aikmel dengan di rangkekan kemah santri serta istighosah, zikir bersama dilanjutkan orasi kebangsaan oleh PJ Bupati Lombok Timur dan terakhir upacara hari santri tahun 2023 ini"jelasnya.(*)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kacang Komak Sayuran Populer Warga Lombok

Suela. SK _ Kacang komak merupakan jenis sayur popular masyarakat pedesaan. Kacang-kacangan ini dibudidayakan oleh petani pada musim penghujan hingga dapat dipanen sampai dengan musim kemarau tiba.

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur

Berikut nama desa dan dusun dari 15 desa di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. 1). DESA BAGEK PAPAN    KODE POS : 83654 Dusun Tongtong Suit Dusun Bampak Dusun Bagik Papan 2). DESA TANAK GADANG   KODE POS : 83654 Dusun Temanjor Dusun Temanjor Timur Dusun Tegaron 3). DESA APITAIK    KODE POS : 83654 Dusun Bagek Kedok Daya Dusun Bagek Kedok Lauk Dusun Gubuk Montong Dusun Gubuk Pande Dusun Gubuk Lekok Dusun Gubuk Pernek Dusun Dasan Bagek lauk Dusun Dasan Bagek Daya 4). DESA TEKO    KODE POS : 83654 Dusun Teko Daya Dusun Teko Lauk Dusun Pedangeran Dusun Bagek Anjar 5). DESA KERUMUT    KODE POS : 83654 Dusun Benteng Dusun Kerumut Dusun Toron Dusun Dasan Lendang Dusun Gubuk Daya 6). DESA ANGGARAKSA    KODE POS : 83654 Dusun Mudung Barat Dusun Mudung Timur Dusun Aik Dalem Dusun Sangkar Sukun 7). DESA POHGADING    KODE POS : 83654 Dusun Gubuk Daya Dusun Gubuk Timuk Dusun Gubuk Tengak Dusun Gubuk Lauk Dusun Bubur Gadung Dusun Ded

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur

Daftar nama desa dan dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur 1). DESA AIKMEL    KODE POS : 83653 Dusun Cepak Daya Dusun Batu Belek Dusun Kampung Remaja Dusun Kampung Karya Dasan Beruk Dusun Kampung Karya Barat Cepak Lauk 2). DESA AIKMEL BARAT    KODE POS : 83653 Dusun Banjarsari Dusun Pungkang Daya Dusun Pungkang Lauk Dusun Pungkang Daya Baru Dusun Banjarsari Lauk 3). DESA AIKMEL TIMUR    KODE POS : 83653 Dasan Bagek Timur Dasan Bagek Barat Dusun Cepak Timur 4). DESA AIKMEL UTARA    KODE POS : 83653 Dasan Lian Lauk Dasan Lian Daya Dusun Aik Asak Dusun Karang Petak Dasan Lian Daya Barat 5). DESA AIK PERAPA    KODE POS : 83653 Dusun Aik Perapa Dusun Sempur Daya Dusun Sempur Lauk Dusun Otak Ree 6). DESA TOYA    KODE POS : 83653 Dusun Toya Lauk Dusun Toya Daya Dusun Peneda Dusun Aik Lomak Dusun Daarul Ikhsan Dusun Al-Muttaqin Dusun Pertemuan Dusun Montor Lekong Dusun Kekuang 7). DESA KEMBANG KERANG    KODE POS : 83653