Tradisi Begerok Masih Dapat Ditemukan

Lotim. SK_ Tradisi begorok atau meminta hujan pada masyarakat Desa Ketangga hampir tak ditemukan lagi. Tradisi ini sejak lama ditinggalkan akibat arus perkembangan zaman. Namun tradisi ritual ini dapat ditemukan pada komunitas sanggar Olor Chetok Desa Ketangga Kecamatan  Suela Kabupaten Lombok Timur NTB.


Komunitas Sanggar ini mengangkat kembali tradisi-trdisi nenek moyangnya melalui pagelaran pentas teater dan kegiatan lainya. Seperti yang dilakukanya pada kegiatan latihan rutuin setiap hari minggu. Kegiatan Sanggar Olor Chetok pada latihan teaterikal mengangkat tema ritual meminta hujan atau tradisi begerok.

Tradisi begerok tersebut salah satu  tradisi ritual meminta hujan oleh masyarakat Desa Ketangga yang diperankan oleh kelompok laki-laki dan kelompok perempuan. Tardisi ini sejenis tarian sembari berbalas pantun. Tradisi ini diyakini masayarakat setempat sebagian berkah akan turun hujan.

Sanggar olor chetok juga akan terus mengangkat tradisi turun temurun pada masyarakat setempat sehingga nantinya segala bentuk kebiasaan masyarakat terus diingat. Dan terpenting apa yang dilakukan oleh komunitas ini menjadi media pembelajaran bagi masyarakat dan generasi masa depan mengenai sejarah dan kebudayaan yang ada.


Related Posts:

0 Response to "Tradisi Begerok Masih Dapat Ditemukan"

Posting Komentar

Featured Post

Kekeringan Melanda, Gema Selaparang Salurkan Air Bersih

Lotim. SK_ Kekeringan yang melanda Masyarakat Kabupaten Lombok Timur Lembaga Swadaya Masyarakat, Gerakan Masyarakat Selaparang (GEMA SELAPAR...